Cari Data Lengkap

Sabtu, 19 Oktober 2013

Tugas modul IPA


JAWABAN MODUL PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS TINGGI

BAB I
 PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS TINGGI
 Latihan I
1.      Tuliskan dengan kata-kata sendiri misi dari model penelitian, kelompok interaktif, dan ceramah bervariasi (mulai dengan sasarannya)!
2.      Menurut Anda apa perbedaan pokok dari model penelitian dan pemecahan masalah? apa sasaran akhirnya?
3.      Pilih satu model kelompok interaktif, beri komentar mengenai kemungkinan penerapannya di kelas V, (misalnya tutorial sebaya)
4.      Pilih satu model ceramah bervariasi yang menurut anda paling mudah diterapkan di kelas VI (untuk topik Hidup Sehat)!
5.      Tuliskan 5 hal yang menurut Anda sudah dapat dipahami betul!
JAWABAN :
1.      Model penelitian mempunyai sasaran mencari dan menemukan jawaban atas pertanyaan, menguji hipotesa, menemukan sesuatu masalah atau generalisasi atas dasar fenomena yang ada. Misi dari model penelitian adalah untuk menemukan jawaban dari akar masalah dengan mengembangkan kemampuan/ kualitas pribadi seperti rasa ingin tahu (curiousity) berfikir kritis (Menguji kecermatan dan kemurnian data atau informasi), berfikir kreatif (Mencari hal baru atau alternatif yang lain), berfikir komprehensif (melihat suatu persoalan secara utuh dan menyeluruh) dan berfikir hipotesis (Menduga dan memperkirakan sesuatu atas dasar informasinya yang ada dan asumsi/ kepercayaan dasar) .
Model Kelompok Interaktif mempunyai Sasaran antara lain untuk mengembangkan aneka kemampuan seperti keterampilan berkomunikasi, inisiatif dan kreatifitas, serta sinergi atau kerja sama. Misi dari Model Kelompok Interaktif adalah sebagai sarana pembelajaran yang menata kegiatan pembelajaran dalam aneka bentuk interaksi sosial dalam kelompok kecil atau besar dalam komunikasi social.
Model Ceramah Bervariasi mempunyai sasaran untuk menemukan titik temu antara dua pihak dari yang tahu kepada yang tidak tahu, dari yang berilmu kepada yang belum berilmu, sehingga interaksi antara kedua belah pihak dapat berjalan dengan baik. Misi dari Ceramah Bervariasi adalah adalah sebagai sarana dari proses  pembelajaran massal antara dua pihak sehingga dapat terjalin komunikasi yang lebih bervariasi sehingga lebih interaktif.

2.      Model pemecahan masalah memusatkan perhatian pada upaya mencari dan menemukan jawaban atas suatu  pertanyaan atau kasus. Sedangkan model penelitian mempunyai sasaran mencari dan menemukan jawaban atas pertanyaan, menguji hipotesa, menemukan sesuatu masalah atau generalisasi atas dasar fenomena yang ada. Namun secara keseluruhan, sasaran akhir dari keduanya pun sama yakni mencari dan memecahkan masalah ataupun kasus yang di hadapi akan tetapi metode pencarian jawabannya saja yang berbeda.

3.      Salah satu dari Model Kelompok Interaktif adalah Tutorial Sebaya, pertanyaan mengenai apakah metode ini dapat dapat diterapkan pada anak kelas V, jawabannya ’Iya’. Hal ini dikarenakan Tutorial sebaya merupakan satu bentuk bimbingan belajar dimana ada seseorang yang berperan sebagai pembimbing atau tutor dan dalam metode ini yang berperan sebagai tutor adalah orang sebaya dengan yang dibimbing atau kakak kelas mereka. Hal ini dimungkinkan karena usia anak kelas V SD yang lebih menyukai bergaul dengan anak seusia mereka memudahkan proses pembelajaran tersebut, sehingga tidak adanya kecanggungan antara pembimbing ada yang dibimbing. Tutor sebaya atau tutor kakak bertujuan untuk memanfaatkan kelebihan siswa lain untuk membantu teman sekelasnya atau adik kelasnya. Model ini memusatkan perhatian pada pengembangan keterampiolan berkomunikasi sinergi. Sehingga terjalin keakraban antara teman atau dengan kakak kelas mereka.

4.      Untuk Topik Hidup Sehat yang akan diajarkan pada anak kelas VI dengan metode ceramah bervariasi, maka yang paling tepat menggunakan metode Ceramah Audi-Visual. Hal ini dikarenakan metode ini menampilkan media audio-visual seperti radio, kaset audio, kaset video, peta diagram, gambar, model dan transparan. Dalam topik Hidup Sehat, media yang paling cocok yang dipakai adalah kaset video. Dimana sang guru menggunakan media laptop serta proyektor yang menyediakan gambar dan video tentang bagaimana dan seperti apa hidup sehat tersebut, apa manfaat hidup sehat dan apa kekurangan yang didapat apabila tidak hidup sehat. Dengan pengambaran visual yang nyata sehingga lebih mudah bagi anak kelas VI untuk menyerap pesan yang disampaikan.

5.      Lima hal yang dipahami betul adalah sebagai berikut:
*      Beberapa model pembelajaran yang secara teoritik dan empirik diterima sebagai sarana pedagogis yang memadai untuk mengembangkan kemapuan berfikir abstrak, inisiatif, sikap, produktif dan kemandirian. Model-model yang dimaksud adalah:
·         Model penelitian (Inquiry)
·         Model Kelompok interaktif
·         Model ceramah bervariasi.
*      Kelompok Model penelitian terbagi dua:
·         Model pemecahan masalah (Problem solving)
·         Model penelitian (Inquiry atau discovery)
*      Model penelitian dapat mengembangkan kemampuan/ kualitas pribadi seperti rasa ingin tahu (curiousity) berfikir kritis (Menguji kecermatan dan kemurnian data atau informasi), berfikir kreatif (Mencari hal baru atau alternatif yang lain), berfikir komprehensif (melihat suatu persoalan secara utuh dan menyeluruh) dan berfikir hipotesis (Menduga dan memperkirakan sesuatu atas dasar informasinya yang ada dan asumsi/ kepercayaan dasar)
*      Model Kelompok Interaktif sebagai berikut:
1). Membaca berpasangan (Paired Reading)
2). Kelompok Pendukung (Support Group)
3). Proyek ( Project Work)
4). Latihan Keterampilan bersama (Team Skill Group)
5). Tugas Rumah Kelompok (Homework Sharing Group)
6). Ungkapan Nilai (value whips)
7). Forum
8). Panel
9). Tutorial
10). Sajian Situasi (Situation Peresentation)
*   Model ceramah bervariasi sebagai berikut:
·         Ceramah tanya-jawab
·         Ceramah audio-visual
·         Ceramah demonstrasi
·         Ceramah mini
·         Ceramah interaktif

Tes (soal-soal)
Pilih salah satu jawaban yang paling tepat
1.      Model penelitian memusatkan perhatian pada pengembangan ....
a.       Perasaan                                        c. Keterampilan
b.      Penalaran                                       d. Kemauan
Jawaban: B. Penalaran
2.      Rasa ingin tahu usiousity merupakan perasaan yang berkenaan dengan ....
a.       Keindahan                                     c. Penataran
b.      Kemasyarakatan                            d. Keagamaan
Jawaban: D. Keagamaan
3.      Berpikir deduktif adalah proses penalaran dari ....
a.       teori ke teori lain                           c. kenyataan ke kenyataan
b.      teori ke kenyataan                         d. kenyataan ke teori
Jawaban: D. Kenyataan ke teori
4.      Dalam penerapan model penelitian, anak diajak untuk ....
a.       hanya berpikir deduktif                c. berpikir deduktif dan induktif
b.      hanya berpiir induktif                   d. berpikir deduktif normatif
Jawaban: B. Berpikir induktif
5.      Salah satu ciri pokok berpikir kritis adalah mengkaji ....
a.       kecermatan dan keaslian data       c. kelengkapan kesimpulan
b.      cara baru yang lebih baik              d. kesesuaian data dan kesimpulan
Jawaban: D. Kesesuaian data dan kesimpulan
6.      Berpikir kreatif pada dasarnya merupakan cara berpikir untuk mencari ....
a.       kekeliruan kesimpulan                   c. pembenaran kesalahan
b.      cara baru yang lebih baik              d. kriteria keberhasilan
Jawaban: B. Cara baru yang lebih baik
7.      Pembelajaran interaktif terutama bertujuan mengembangkan kemampuan di bawah ini, kecuali ....
a.       berkomunikasi                               c. penalaran
b.      berinisiatif                                     d. keterampilan
Jawaban: C. Penalaran
8.      Model proyek memiliki misi utama untuk mengembangkan ....
a.       tanggungjawab                              c. penalaran
b.      kepekaan                                       d. keterampilan
Jawaban: A. Tanggungjawab
9.      Yang dimaksud dengan sinergi adalah semangat bersama untuk tujuan ....
a.       perorangan                                                c. bersama
b.      sementara                                      d. seketika
Jawaban: C. Bersama
10.  Panel dan forum merupakan modul pembelajaran yang menitikberatkan pada keterampilan berkomunikasi dengan proses ....
a.       kerja sama yang erat                      c. emosi yang mendalam
b.      penalaran yang tinggi                    d. berpikir simulative
Jawaban: B. Penalaran yang tinggi

BAB II
PENERAPAN RAGAM METODE MENGAJAR DI KELAS TINGGI
LATIHAN
1.      Tuliskan dengan kata-kata Anda apa yang menjadi intisari proses pembelajaran!
2.      Rumuskan dengan kata-kata anda sendiri apa saja yang dimaksud belajar yang bermakna dan pembelajaran yang efektif!
3.      Tuliskan hal-hal yang perlu Anda hindari agar proses pembelajaran berhasil dengan baik!
4.      Bila Anda diminta resep sebagaimana cara menjadi guru yang efektif, apa yang dapat Anda sampaikan. Tuliskan secara gamblang!

JAWABAN:
1.      Intisari dari proses pembelajaran adalah terjalinnya kerjasama antara dua belah pihak dari yang diajarkan dan yang memberi pelajaran (pendidik dan yang terdidik) sehingga pesan, isi dan ilmu yang ingin disalurkan dapat bermanfaat untuk keduanya, dalam hal ini harus tersalurkan dengan sebanyak-banyaknya, sebaik-baiknya, dan semanfaat mungkin. Dan paling penting implementasi dari apa yang diperoleh dari proses pembelajaran itu.

2.      Belajar yang bermakna adalah belajar yang bukan saja mementingkan besarnya ilmu yang terserap dalam otak setiap orang yang melakukannya, akan tetapi juga bagaimana dari implementasi ilmu positif yang telah dipelajari. Selain itu belajar bermakna juga bermakna bagaimana pembentukan moral dari seseorang yang mempelajari. Sedangkan pembelajaran yang efektif adalah proses belajar yang dapat dilakukan secara optimal sehingga terjadi mekanisme proses asimilasi, akomodasi, dan ekuilibrasi secara harmonis dan menghasilkan kemantapan skemata dalam pikiran. Selain itu pembelajaran efektif adalah proses pembelajaran yang dilakukan secara maksimum yang mengciptakan rasa nyaman sehingga dalam penyerapan ilmunya pun lebih maksimum.

3.      Hal-hal yang perlu dihindari agar proses pembelajaran berhasil dengan baik :
1.      Tidak terjalinnya komunikasi yang baik antara pengajar dengan orang yang diajar.
2.      Pemilihan Metode pembelajaran yang kurang tepat, membosankan, sehingga mengurangi kualitas pembelajaran.
3.      Suasana yang tercipta dalam proses pembelajaran kurang nyaman sehingga mengganggu proses pembelajaran.

4.      Resep menjadi guru yang efektif adalah :
1.      Memiliki kemampuan menguasai kelas dan memonitor serta berkomunikasi mengenai kemajuan belajar siswa.
2.      memiliki sistem aturan yang memungkinkan siswa dapat memenuhi kebutuhan personal dan prosedural secara bebas
3.      Mampu memilih metode pembelajaran yang baik dan efektif
4.      Memiliki banyak sumber ilmu sehingga bahan ajaran lebih variatif.

Tes Formatif
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat
1.      Proses pembelajaran yang tidak menghasilkan proses belajar yang bermakna dapat disebut pembelajaran yang ....
a.       tidak efisien                                  c. tidak efektif
b.      sia-sia                                            d. salah arah
Jawaban : C. Tidak Efektif
2.      Variasi pengajar merujuk pada ....
a.       aneka model                                  c. aneka media
b.      urutan sajian                                  d. jenis kegiatan
Jawaban :
3.      Kejernihan sajian guru terutama berkenaan dengan ....
a.       keluasan bahan                              c. ke dalam uraian
b.      keterpahaman materi                     d. keterkaitan dengan materi lain
Jawaban :
4.      Sistem aturan guru yang dibuat adalah ....
a.       aturan kerja guru                           c. aturan rutin kelas
b.      daftar kegiatan siswa                    d. prosedur kerja guru
Jawaban
5.      Untuk dapat menguasai kelas pada waktu mengajar sebaiknya ....
a.       tetap duduk di depan                    c. mengatur posisi sesuai situasi
b.      selalu berkeliling                           d. tetap berdiri di tengah
Jawaba :
6.      Bila ada seorang siswa yang menunjukkan perilaku menyimpang guru sebaiknya ....
a.       membiarkan siswa itu
b.      menyuruh siswa itu keluar
c.       menegur siswa secara bijaksana
d.      memanggil siswa setelah selesai pelajaran
Jawaban :
7.      Pemanfaatan pendapat siswa di kelas merupakan suatu pengakuan guru terhadap siswa. Pengakuan ini seyogiyanya ....
a.       tidak perlu sering dilakukan
b.      dilakukan secara tepat
c.       dihindari agar tidak dicemburui
d.      cukup sekali saja untuk setiap orang
Jawaban :
8.      Dalam pembelajaran di kelas tinggi, yang perlu siutamakan adalah keterlibatan siswa secara ....
a.       fisik                                               c. sosial
b.      mental                                           d. incidental
Jawaban :
9.      Proses belajar yang bermakna adalah proses belajar yang ....
a.       sepenuhnya tergantung pada siswa
b.      sebagian tergantung pada guru
c.       sebagian tergantung pada fasilitas
d.      sewaktu-waktu tergantung pada guru
Jawaban :
10.  Penugasan belajar mandiri harus menarik agar siswa ....
a.       terlibat penuh dalam tugas belajar
b.      tidak ribut
c.       tidak banyak bertanya
d.      selalu menyenangi pelajaran
JAwaban :










Tidak ada komentar:

Posting Komentar