UNIT
1
HAKIKAT
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
Sub Unit1
Hakikat
Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR)
Pembelajaran
Kelas Rangkap 1 - 9
Latihan
Untuk
memantapkan pemahaman Anda tentang materi sub unit 1, silakan
kerjakan latihan
berikut.
1. Diskusikan
dengan teman-teman, bagaimana pendapat Anda tentang perangkapan kelas, dan
mengapa hal itu bisa terjadi?
2.
Apakah perangkapan kelas juga merupakan
salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan di daerah? Berilah alasan Anda
3. Kemampuan
khusus apa apakah yang Anda perlukan, agar PKR dapat dilaksanakan dengan baik?
Berilah penjelasan.
Jawaban
:
1.
PKR adalah suatu bentuk pembelajaran
yang mempersyaratkan seorang guru mengajar dalam satu ruang kelas atau lebih,
dalam waktu yang sama, dan menghadapi dua atau lebih tingkat kelas yang
berbeda. PKR juga mengandung arti bahwa, seorang guru mengajar dalam satu ruang
kelas atau lebih dan menghadapi murid-murid dengan kemampuan belajar yang
berbeda. PKR dapat terjadi karena beberapa alasan. Seperti alasan geografi,
alasan demografi, kekurangan guru, keterbatasan ruang kelas hingga lasan
ketidakhadiran guru. Akan tetapi, alasan yang paling utama mengapa PKR ini
digunakan karena factor efisiensi waktu dan financial. PKR menjafi solusi yang
tepat, menginggat kondisi beberapa Negara seperti Indonesia yang masih memiliki
banyak kekurangan alasan yang telah disebutkan diatas. Factor utamanya adalah
kekurangan modal pendidikan, sehingga memicu alasan – alasan lainnya sehingga
mengharuskan PKR itu dilaksanakan.
2.
Iya. Hal ini disebabkan karena PKR tidak
selamanya dapat sukses, tergantung kondisi siswa tersebut. Di daerah yang
sangat minim sumber ilmu, guru adalah sumber ilmu utama mereka sehingga sangat
susah sekali mengembangkannya. Ditambah pelaksanaan PKR, guru harus menyamakan
metode pembelajaran mereka kepada semua murid yang mereka ajar, akan tetapi
tidak semua dari murid tersebut nyaman dan sesuai dengan metode yang diberikan
oleh guru tersebut. sehingga dalam prosesnya ada murid yang berkembang pesat
karena memang menyukai metode tersebut, dilain pihak ada yang sangat lamban
karena tak menyukai metode tersebut. hal ini dapat dikategorikan sebagai
penyebab rendahnya mutu pendidikan. Sekali lagi hanya pada beberapa daerah yang
memiliki sumber ilmu yng minim, yang hanya berpusat pada sang guru. Pada daerah
lain yang sumber ilmunya telah banyak, seperti kota metropolitan yang anak –
anaknya memiliki keahlian untuk menggunakan gadget seperti computer, atau
smartphone yang memiliki aplikasi internet maka mereka lebih banyak memiliki
sumber ilmu karena mampu mencari apa saja yang mereka ingin tahu melalui
internet tanpa harus bertanya pada guru mereka.
3.
Kemampuan yang paling penting agar PKR
dapat berlangsung dengan baik adalah kemampuan berkomunikasi yang baik dengan
sang murid. Hal ini penting karena lebih dari satu anak yang akan diajar, jadi
perlu interaksi yang lebih luas pada banyak murid. Selain itu, guru harus
memiliki kepekaan pada tingkah laku muridnya, apakah sang murid merasa nyaman
dengan metode yang mereka gunakan. Apabila tidak, ganti dengan yang lain
sehingga tercipta kenyaman antara kedua belah pihak. Kemampuan yang tak kalah
penting yang harus dimiliki adalah kemampuan membuat ide-ide baru sehingga
murid tidak selalu bosan dengan cara mengajar sang guru.
Tes Formatif 1
Pembelajaran
Kelas Rangkap 1 - 11
Untuk menguji
tingkat pemahaman Anda terhadap materi sub unit 1 ini,
kerjakan tes
formatif 1.
Bacalah setiap
pernyataan/pertanyaan dibawah ini
1.
Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) adalah
bentuk pembelajaran yang mempersyaratkan guru dalam waktu yang bersamaan
mengajar di…
A.
dua kelas dalam satu ruang
B.
dua kelas atau lebih dalam satu atau
lebih ruangan
C.
satu kelas dengan kemampuan yang berbeda
dan berada dalam satu ruangan
D.
dua kelas dalam dua ruangan
Jawaban : B
2.
PKR diterapkan karena berbagai alasan,
terutama karena adanya kekurangan…
A.
guru
B.
ruangan
C.
murid
D.
sarana
Jawaban : A
3.
PKR mempunyai manfaat praktis sebagai
berikut, kecuali…
A.
dapat mendidik murid yang mampu mandiri
B.
ekonomis
C.
menghemat waktu dan tenaga
D.
dapat meningkatkan jumlah dan
memeratakan kesempatan belajar
Jawaban : C
4.
Istilah pembelajaran mengandung makna
bahwa belajar terjadi dengan…
A.
bimbingan guru
B.
bimbingan tutor
C.
berbagai cara, dengan atau tanpa guru
D.
berbagai cara yang ditetapkan oleh guru
Jawaban : C
5.
Sebagai salah satu bentuk pembelajaran,
PKR mengikuti prinsip-prinsip pembelajaran secara umum, prinsip-prinsip
tersebut antara lain sebagai berikut kecuali…
A.
guru harus memperhatikan kemampuan murid
yang berbeda-beda
B.
pembelajaran sebaiknya dilakukan dalam
kelompok kecil
C.
guru harus berusaha meningkatkan
keaktifan murid
D.
penguatan dapat meningkatkan motivasi
murid dalam belajar
Jawaban : B
6.
Secara khusus, PKR mempunyai
prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali…
A. kadar
tinggi WKA
B. keserempakan
kegiatan belajar-mengajar
C. kontak
psikologis guru-murid yang berkelanjutan
D. guru
berperan sebagai fasilitator
Jawaban : D
7.
Kadar tinggi WKA ditentukan oleh
berbagai factor antara lain…
A. banyaknya
waktu menunggu
B. kualitas
dan kuantitas pengalaman belajar
C. jumlah
waktu yang digunakan untuk menyelesaikan tugas rutin
D. kualitas
dan jumlah pesan kurikulum yang disampaikan guru
Jawaban : B
8.
Ibu Santi yang merangkap kelas IV dan
kelas V segera pergi membantu kelompok kelas IV ketika beliau melihat kelompok
ini sedang bertengkar, keadaan ini mencerminkan salah satu prinsip PKR, yaitu…
A.
kontak psikilogis guru murid yang
berkelanjutan
B.
keserempakan kegiatan belajar-mengajar
C.
kebiasaan mandiri
D.
pemanfaatan sumber secara efisien
Jawaban : A
9.
Bapak Marthen yang sedang merangkap
kelas III dan kelas IV meminta beberapa murid kelas IV yang pandai untuk
membantu beberapa temannya menyelesaikan tugas yang diberikan. Tindakan pak Marthen
ini mencerminkan salah satu prinsip PKR, yaitu…
A.
kadar tinggi WKA
B.
kebiasaan mandiri
C.
keserempakan kegiatan belajar-mengajar
D.
pemanfaatan sumber secara efisien
JAwaban : D
10.
Mealui PKR dapat ditanamkan kebiasaan
mandiri pada diri murid karena dalam PKR, murid lebih banyak mendapat
kesempatan untuk…
A.
bertanggung jawab dalam penyelesaian
tugasnya
B.
belajar sesuai dengan keinginannya
C.
membantu guru
D. membantu
teman
Jawaban : A
Sub
Unit 2
Gambaran
PKR yang Ideal dan Praktik yang Terjadi di Lapangan
Latihan
1 - 24
Pembelajaran Kelas Rangkap
Setelah Anda
membaca uraian materi pada sub unit 2, kerjakanlah latihan
berikut ini,
agar pemahaman Anda menjadi lebih baik. Selamat bekerja dengan
teman.
1.
Apakah pembelajaran kelas rangkap
dilaksanakan dalam satu ruang kelas atau lebih? Berilah alasan Anda bila PKR
dapat dilaksanakan dalam satu ruang dan juga berilah alasan bila PKR dapat
dilaksanakan dalam dua atau lebih ruang kelas.
2.
Sebutkan dan jelaskan
kesulitan-kesulitan yang Anda hadapi apabila Anda melaksanakan pembelajaran
kelas rangkap.
3.
Selama Anda mengajar satu atau dua jam
pelajaran pada dua kelas yang berada di dua ruangan, berapa waktu yang terbuang
begitu saja? Dan kapankah Anda paling banyak melakukan pemborosan waktu
tersebut?
4.
Cobalah minta teman Anda mengamati cara
mengajar Anda dengan praktik PKR, kemudian hasilnya diskusikan bersama,
sudahkah Anda melaksanakan PKR dengan benar?
JAWABAN :
1.
Satu ruangan. Alasannya proses belajar
dapat berlangsung serempak, apalagi
murid yang berbeda tingkat kelas ada dalam satu ruang. Gangguan yang muncul
tidak terlalu serius sebab ketika guru menerangkan murid dari kelas lain berada
di sudut ruang yang lain. Tidak ada pemborosan waktu karena guru tidak mondar-mandir
pindah kelas.
2.
Kesulitan-kesulitan yang Anda hadapi
apabila Anda melaksanakan pembelajaran kelas rangkap, yaitu:
1.
Kesulitan pemilihan metode mengajar.
Masalah ini hampir dirasakan oleh semua guru yang mengajar kelas rangkap,
karena jumlah murid yang realitif banyak disertai dengan tingkatan kelas yang
berbeda tentu saja sangat kesulitan untuk mencari metode yang tepat untuk kelas
tersebut.
2.
Kesulitan berkomunikasi. Masalah ini
sulit dipecahkan bila sang guru tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan
banyak siswa. Karena PKR menuntut agar guru mampu berkomunikasi dengan banyak
siswa agar proses belajar-mengajar berjalan dengan baik.
3.
15 – 20 menit. Waktu ini terbuang akibat
mondar-mandir pindah kelas. Dalam dua jam pelajaran minimal guru mondar mandir
sebanyak tiga kali. Mengabsen, menjelaskan materi, memberi tugas, memeriksa
tugas, member pekerjaan rumah, hingga memeriksa keadan murid adalah alasan
mondar – mandir guru pada dua jam pelajaran tersebut.
4.
Tidak ada PKR yang mampu dilakukan
dengan 100% benar, masih banyak kesalahan – kesalahan kecil yang sering
dilakukan kala melakukan praktek PKR. Akan tetapi, yang perlu digarisbawahi
adalah bagaimana membuat PKR yang ideal untuk sang guru dan murid yang
diajarnya. Kemampuan melaksanakan PKR yang kami lakukan mungkin masih jauh dari
kata PKR sempurna, karena sesungguhnya PKR bukan metode pendidikan yang
sempurna. Kami semaksimal mungkin melaksankan PKR yag benar – benar ideal untuk
kami dan untuk murid kami sehingga proses belajar-mengajar dapat berlangsung
sebagaimana mestinya dan dpat bermanfaat untuk kedua belah pihak yang
melaksanakannya.
Tes Formatif 2
Pembelajaran
Kelas Rangkap 1 - 25
Untuk mengukur
tingkat keberhasilan Anda, kerjakanlah tes formatif 2 berikut ini dengan baik.
Bacalah setiap
pernyataan/pertanyaan di bawah ini kemudian berilah tanda silang(X) pada
jawaban yang Anda anggap benar.
1. Seorang
guru mengajar dengan merangkap kelas 3 dan kelas 4. Guru masuk di kelas 3 dan
mulai menjelaskan konsep, sementara kelas 4 menunggu, setelah selesai guru baru
masuk ke kelas 4, sementara kelas 3 menyalin dari papan tulis. Peristiwa itu
tidak sesuai dengan prinsip PKR yang ideal karena ….
A. murid
tidak aktif belajar
B. pelajaran
terjadi secara bergilir
C. guru
banyak mondar-mandir
D. murid
belajar dalam dua ruang kelas
2.
Berkaitan dengan peristiwa pembelajaran
pada no 1, kelas 4 harus menunggu bebrapa saat sehingga……
A.
murid menjadi rebut
B.
kadar WKA rendah
C.
suasana kelas tidak menyenangkan
D.
sumber belajar tidak dimanfaatkan
3. Penerapan
PKR yang ideal akan memungkinkan terciptanya hal-hal berikut, kecuali…..
A.
terjadinya kerjasama antar murid
B.
adanya persaingan yang sehat
C.
murid merasa tertantang untuk belajar
D.
beban guru menjadi ringan
4. Menyuruh
murid menyalin selama 30 menit dari papan tulis dapat mengurangi kadar WKA
karena…..
A.
menyalin tidak ada manfaatnya
B.
murid cepat menjadi bosan
C.
memboroskan waktu dan murid tidak
belajar
D.
menyalin dapat dilakukan di rumah
5.
Guru yang menerapkan PKR yang ideal, di
awal pembelajaran bertanya pada murid tetapi hamper tak ada kaitannya dengan
materi saat itu. Untuk apakah hal itu dilakukan?
A.
mengulur waktu mengajar
B.
Untuk menyiapkan mental anak terhadap
pelajaran hari itu
C.
agar murid terbiasa menjawab pertanyaan
D.
agar murid memahami materi materi yang
telah disampaikan
6.
Sudut sumber belajar yang ditata oleh
guru dapat digunakan untuk…..
A.
hiasan ruang kelas
B.
menerapkan konsep belajar sendiri dan
pemecahan masalah
C.
menyalurkan keinginan guru
D.
khusus praktik IPA
7.
Yang dimaksud guru sebagai perancang
kurikulum adalah….
A. guru
PKR harus memilih butir kurikulum yang perlu penekanan
B. guru
PKR dapat mengusulkan untuk ikut merancang kurikulum
C. guru
sebagai pelaksana kurikulum
D. guru
PKR dapat merancang kurikulum baru
8. Guru sebagai
administrator, artinya…..
A. guru merencanakan
dan mengatur kelas serta jadwal pelajaran agar mencapai hasil yang maksimal.
B.
guru merangkap sebagai tata usaha
C.
administrasi harus dikerjakan oleh guru
D.
administrasi merupakan tugas tambahan guru selain mengajar
9. Dalam PKR guru dapat
memanfaatkan murid sebagai tutor. Hal ini dapat dilakukan sehingga murid yang
padai dapat….
A.
menunjukkan kelebihannya
B.
meringankan beban guru mengajar
C.
membantu murid pada kelas yang lebih rendah atau murid di kelas yang sama
D.
menggantikan peran guru jika guru tidak hadir
10.Guru PKR juga dapat
mendatangkan ‘orang sumber’ untuk melatih murid membuat suatu keterampilan dari
bambu. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa guru…..
A.
mengetahui sumber-sumber yang ada di desa
B.
tidak mampu mengajar keterampilan dari bambu
C.
mempunyai kemampuan terbatas
D. dapat memanfaatkan sumber daya yang ada
di desa
JAWABAN
:
1. B Guru
mula-mula mengajar di kelas 5, lalu pindah ke kelas 4.
2. B Karena
waktu banyak terbuang.
3. D PKR tidak
membuat beban guru menjadi ringan
4. C Yang paling
tepat
5. B Merupakan
pendahuluan
6. B Merupakan
tujuan dari sudut sumber belajar
7. A Merupakan
tugas guru dalam menterjemahkan kurikulum
8. A Tugas
administrator menata/mengatur
9. C Murid
sebagai tutor kakak atau tutor sebaya
10.
D Guru memanfaatkan sumber daya di lingkungannya
UNIT
2
Model
Pengelolaan Dan Pembelajaran Kelas Rangkap
Sub Unit 1
Prinsip dan Model pengelolaan
Pembelajaran Kelas Rangkap
Latihan
HAL 2 - 6
Tiga model dasar dalam pengelolaan
pembelajaran kelas rangkap telah kita
bahas bersama. Masing-masing mepunyai keunggulan
dan kelemahan. Sebagai
latihan cobalah Anda menganalisis
keunggulan dan kelemahan pada setiap model
PKR tersebut.
1. Kelebihan dan kekurangan Kelas
Rangkap Model 221
Kelebihan Kelas Rangkap
MODEL 221 ( PKR INTI )
a. Guru atau tim mengelola para siswa
dari 2 tingkatan kelas yang berbeda, dengan fokus 2 mata pelajaran baik yang
sama atau berbeda dalam 1 ruangan.
b. Model
ini bisa efektif apabila jumlah siswa yang terdiri dari 2 tingkatan kelas
tersebut tidak terlalu banyak (maksimum 25 siswa untuk masing-masing tingkatan
kelas) dengan suatu ruangan yang cukup luas.
c. Dengan pembelajaran terpadu model terjala
atau tema, guru bisa mengembangkan 2 mata pelajaran dengan topik yang sama atau
berkaitan melalui sebuah tema yang menarik
KELEMAHAN KELAS RANGKAP MODEL 221 ( PKR INTI )
a. Jika Siswa dalam 1 kelas jumlahnya lebih
dari 25 siswa maka kelas PKR harus dibagi menjadi 2 kelas.
b. Jika
guru menggunkan model ini,
guru harus menyiapkan dua kelas pembelajaran kelas rangkap model 221, dan
memecah masing-masing dua tingkatan kelas yang akan dicampur menjadi 2 sehingga
ruangan tidak terlalu penuh, dan akan mengakibatkan pembelajaran tidak efektif.
c. karena
ada 2 kelas pembelajaran kelas rangkap model 221 ini, maka guru yang harus
mengelolanyapun harus dua orang guru atau dua tim guru.
2. Kelebihan dan kekurangan Kelas
Rangkap Model 222
KELEBIHAN KELAS RANGKAP
MODEL 222 ( PKR MODIFIKASI )
a.
Pengelolaan model 222 pembelajaran kelas rangkap
dilakukan oleh tim guru sehingga bisa saling membantu.
b. Guru atau dalam tim mengelola para
siswa dari 2 tingkatan kelas yang berbeda, dengan fokus pada 2 mata pelajaran
yang berbeda atau sama pada 2 ruangan kelas yang bersebelahan dan dihubungkan
dengan adanya pintu.
c.
Guru mengelola dua kelas sekaligus dalam waktu yang
bersamaan
KELEMAHAN KELAS RANGKAP MODEL 222 ( PKR MODIFIKASI )
a. Model
222 lebih rumit dibandingkan
dengan model 221, di mana guru harus mengelola dua kelas sekaligus dalam waktu
yang bersamaan.
b. guru
menunjuk para siswa yang lebih tua dan mempunyai kemampuan yang lebih dari
siswa lainnya untuk membantu mengelola pembelajaran.
3. Kelebihan dan kekurangan Kelas
Rangkap Model 333
KELEBIHAN KELAS
RANGKAP MODEL 333 ( PKR MODIFIKASI )
a. Dalam model 333 guru mengelola tiga tingkatan kelas yang berbeda dengan tiga mata
pelajaran yang sama atau berbeda dalam tiga ruangan secara bersamaan.
b. Para siswa
terkondisi untuk belajar secara indenpenden, karena para gurunya mendidik
mereka untuk mengembangkan sikap independen dan efisien dalam belajar.
c. Berkembangnya
perasaan bangga dalam diri para siswa karena mereka merasa lebih puas sekalipun
sedikit mengalami friksi dalam kegiatan belajarnya di bandingkan para siswa
sekelas yang hanya terdiri satu tingkatan.
d. Peserta didik
mengembangkan sikap positif tentang saling membantu sama yang lain.
e. Para siswa yang belajar dalam kelas
rangkap akan lebih berkembang dengan perpaduan antara strategi pembelajaran
kelas rangkap, pembelajaran kooperatif, kelompok yang beragam, tugas-tugas yang
menunjang perkembangan, pendekatan tutor multiusia, waktu yang luwes dan
evaluasi yang positif
KELEMAHAN KELAS
RANGKAP MODEL 333 ( PKR MODIFIKASI )
a. Untuk
mengelola model 333 ini diperlukan tim guru paling tidak terdiri dari 2 orang
guru.
b. Keterbatasan
berbagai sumber belajar untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran terutama yang
berupa buku-buku teks, bahan belajar yang lainnya dan alat bantu mengajar.
c. Bisa saja siswa
yang lebih muda merasa ditakut-takuti, atau dilampaui oleh teman sekelasnya
yang lebih mampu, dan mereka menjadi sangat tergantung pada siswa yang lebih
tua untuk memberikan pertolongan sedangkan untuk para siswa yang lebih tua
mereka merasa tidak tertantang dan menjadi lebih berkuasa yang dibawahnya.
Tes Formatif 1
HAL 2
- 8
Setelah membaca rangkuman, kerjakanlah
Tes Formatif 2, sehingga Anda
dapat mengukur tingkat keberhasilan
Anda.
Berilah tanda silang(X) pada huruf A, B,
C, atau D di depan jawaban yang
menurut pendapat Anda paling benar.
1. Dilihat dari sasaran belajarnya PKR
mempunyai ciri khas yaitu adanya…….
A.
perbedaan isi pembelajaran
B.
variasi tingkat kemampuan
C.
tuntutan pengelompokan yang homogen
D.
sasaran belajar yang berjenjang
2. Dilihat dari kadar isinya inti
persoalan pengelolaan pembelajaran adalah …….
A.
dana yang dikeluarkan
B.
manfaat sumber daya manusia
C.
tujuan secara optimal
D.
rencana pembelajaran
3. Kualitas pembelajaran tergantung dari
hal-hal sebagai berikut, kecuali………..
A.
gaji guru dan kesejahteraan keluarganya
B.
penguasaan bahan pelajaran
C.
kemahiran metodologis pembelajaran
D.
kepedulian terhadap peserta didik
4. Model PKR 221 lebih cocok untuk
pembelajaran mata pelajaran yang
topiknya……
A.
bertentangan
B.berhubungan
C.
berjenjang –naik
D.
berjenjang-meluas
5. Murid harus selalu diupayakan agar
merasa bersama dengan gurunya dalam
belajar, hal ini termasuk prinsip …….
A.
Overlappingness
B.
alertness
C.
withitness
D.
dependence
6. Model PKR 222 dan PKR 333 lebih cocok
dalam pembelajaran mata pelajaran
yang topic-topiknya……..
A.
berjenjang –naik
B.
berjenjang-meluas
C.
berdiri sendiri
D.
berkaitan
7. Dalam mengorganisasikan kegiatan inti
PKR model manapun diperlukan
penerapan prinsip-prinsip berikut,
kecuali………
A.
aneka media dan sumber
B.
aneka kegiatan dan tugas belajar
C.
variasi waktu belajar
D.
diversifikasi, interaksi belajar
8. Dalam pelaksanaan model PKR 222 dan
PKR 333 perpindahan guru dari kelas
satu ke kelas lainnya sebaiknya……
A.
berjarak waktu yang sama
B.
terserah guru saja
C.
tergantung pada kemauan murid
D.
sesuai dengan kebutuhan pembelajaran
9. Proses saling membimbing antar murid
dalam PKR perlu digalakkan untuk…….
A.
menggantikan tugas guru
B.
mengatasi kekurangan sumber
C.
meningkatkan pemahaman
D.
mengurangi kejenuhan
10. Salah satu keunggulan dari model PKR
333 adalah dampak belajar berupa…..
A.
korelasi pemahaman
B.
saling ketergantungan
C.
pengisian waktu senggang
D.
kemandirian belajar
JAWABAN :
1. B Pembelajaran memperhatikan tingkat
kemampuan siswa dan kelas
2. B Pengelolaan memanfaatkan potensi
sumber daya yang tersedia
3. A Gaji dan kesejahteraan keluarga
tidak berhubungan langsung
4. B Topik yang berhubungan cocok untuk
satu ruangan
5. C Berarti suasana murid merasa dekat
dengan gurunya
6. C Cocok untuk pengelolaan dua atau
lebih ruangan
7. C Waktu harus sama agar pengelolaan
lebih baik
8. D Disesuaikan dengan kebutuhan
pembelajaran
9. C Dapat mendorong pemahaman bersama
tentang materi pelajaran
10.D Masing-masing kelas dapat
meningkatkan kemandiriannya
Sub Unit 2
Prinsip Didaktik-Metodik dan Prosedur
Dasar PKR
Tes Formatif 2
HAL 2-25
Untuk mengetahui tingkat penguasaan Anda
pada materi sub unit 2 ini,
kerjakan tes formatif berikut ini.
Berilah tanda silang(X) pada huruf
A,B,C, atau D di depan pilihan jawaban
yang menurut pendapat Anda paling benar.
1. Sisi keilmuan dari mengajar berkenaan
dengan……..
A.
buku-buku yang dimiliki oleh guru
B.
cara membelajarkan murid
C.
suasana kelas yang menarik
D.
teori mengajar yang dipakai
2. Sisi kiat atau seni mengajar antara
lain terwujut dalam penampilan mengajar guru
sebagai hasil proses …..
A.
pengalaman
B.
pengertian
C.
pembiasaan
D.
penghayatan
3. Memberi acuan belajar PKR dapat
diwujutkan dalam bentuk…….
A.
pembagian ruang masing-masing kelas
B.
pengaturan alat dan sumber belajar
C.
pemberian tugas yang berbeda antar kelas
D.
penunjukan tutor sebaya
4. Salah satu keuntungan dari pembukaan
kelas PKR secara bersama untuk beberapa
kelas adalah……
A.
menghemat waktu belajar yang terbuang
B.
meningkatkan keterlibatan murid
C.
menyederhanakan tugas guru
D.
mempersingkat waktu belajar
5. Rasa penasaran murid dapat
dibangkitkan dengan cara……..
A.
mengajukan pertanyaan
B.
menyajikan informasi yang cukup
C.
memberi tugas secara individual
D.
menyajikan situasi penuh tanda Tanya
6. Inti dari proses belajar adalah…….
A.
penyampaian pengetahuan
B.
penerimaan kebudayaan
C.
perubahan perilaku
D.
perwujudan motivasi
7. Supaya pembelajaran lebih manusiawi
maka para siswa perlu……
A.
selalu mendapat bimbingan
B.
sewaktu-waktu diberi pujian
C.
diberi kesempatan bertanya
D.
didorong belajar atas arahan sendiri
8. Pemusatan perhatian murid dapat
dilakukan dengan berbagai cara, antara lain……
A.
guru berbicara dengan keras
B.
mengemukakan masalah
C.
menunjuk murid yang pandai
D.
mengajak bernyanyi
9. Untuk dapat mencapai waktu belajar
efektif guru PKR sebaiknya……
A.
memiliki jam tangan
B.
mengajar lebih lama
C.
terampil mengelola kelas
D.
mengurangi waktu bicara
10. Guru PKR yang baik ditandai oleh……
A.
perhatian terpusat pada murid yang bodoh
B.
perhatian lebih banyak pada materi pelajaran
C.
perhatian yang terbagi pada semua murid
D.
perhatian lebih banyak pada tugas-tugas murid
JAWABAN :
1. D Teori mengajar dasar keilmuan guru
2. A Seni dibangun dari pengalaman guru
mengajar dan membelajarkan
3. C Dapat memicu proses belajar murid
4. A Karena tidak ada kelas yang
menunggu giliran
5. D Dapat mendorong siswa mencari
jawaban
6. C Perubahan perilaku adalah tujuan
belajar
7. D Belajar atas arahan sendiri murid
lebih percaya diri
8. B Perhatian muridterarah pada masalah
yang disajikan
9. B Pengelolaan kelas yang baik dapat
meningkatkan belajar murid
10. D Guru harus memperhatikan apa yang
dilakukan murid
Sub Unit 3
Aneka Model Interaksi Kelas Dalam PKR
Tes Formatif 3
HAL 2-34
Nah, setelah Anda menyelesaikan
pengkajian materi pada sub unit 3 ini,
kerjakan tes formatif 3 berikut ini
untuk mengetahui tingkat keberhasilan Anda.
Berilah tanda silang(X) pada huruf A, B,
C, dan D di depan jawaban yang
menurut pendapat Anda paling benar!
1. Dalam PKR setiap hari seorang guru
menghadapi ……
A.
sekelompok murid dalam satu kelas
B.
beberapa kelas untuk satu mata pelajaran
C.
lebih dari satu kelas dalam satu ruangan
D.
satu kelas untuk beberapa mata pelajaran
2. Dalam melaksanakan PKR seorang guru
……..
A.
tidak perlu menyusun jadwal harian
B.
menggunakan jadwal harian umum
C.
tidak memerlukan jadwal harian
D.
harus menyusun jadwal harian khusus
3. Proses Belajar Arahan Sendiri
cenderung lebih banyak tergantung pada…..
A.
Petunjuk Kepala Sekolah
B.
petunjuk dan control guru
C.
arahan guru dan inisiatif murid
D.
inisiatif murid disertai bimbingan guru
4. Inti dari Proses Belajar Melalui
Kerja Sama adalah……
A.
saling ketergantungan antar murid
B.
kebersamaan dalam belajar
C.
semangat belajar kelompok
D.
penghematan tenaga guru
5. Untuk mendukung pelaksanaan PBAS
diperlukan…..
A.
guru yang serba tahu
B.
aneka ragam sumber belajar
C.
Lingkungan yang mendukung
D.
Waktu belajar yang panjang
6. Titik berat dari model belajar Olah
Pikir Sejoli adalah ……..
A.
interaksi guru murid
B.
dialog kelompok kecil
C.
dialog pasangan murid
D.
interaksi antar kelompok murid
7. Dalam belajar Konsultasi Intra
Kelompok proses belajar berlangsung melalui……
A.
Tanya jawab antar murid
B.
pemanfaatan sumber belajar bersama
C.
pemecahan masalah dalam kelompok
D.
kelompok dinamik dengan menggunakan sumber belajar
8. Murid kelas yang lebih tinggi
membantu murid kelas yang lebih rendah dalam
situasi PKR. Situasi seperti ini dapat
dilakukan dengan menggunakan format
belajar……
A.
ATTa
B.
TTS
C.
DMB
D.
TLK
9. Dalam menggunakan setiap model
belajar dalam PKR, guru harus
memperhatikan….
A.
jumlah murid dalam kelompok
B.
sarana belajar yang tersedia
C.
kepuasan guru dalam mengajar
D.
dampak belajar yang diharapkan
10. Persamaan model belajar TDR dan
ATTa/ATTu terletak pada…..
A.
jumlah kelompok belajar yang dibentuk
B.
hubungan pemberian tugas dan tukar pikiran
C.
peran guru sebagai pemberi informasi
D.
pengendalian yang ketat oleh guru
JAWABAN :
1. C Inti PKR adalah pengelolaan
beberapa kelas secara bersamaan
2. D Jadwal khusus penting dalam
pelaksanaan PKR
3. C Kombinasi inisiatif murid dan
arahan guru penting dalam PKR
4. B Dalam kelompok murid belajar hal
yang sama
5. B Aneka ragam sumber belajar yang tersedia
akan mendukung PBAS
6. C Meningkatkan komunikasi antar
pribadi
7. D Secara berinteraksi memanfaatkan
sumber belajar yang tersedia
8. D Dalam TLK murid yang lebih tinggi
kelasnya membantu murid yang kelasnya lebih rendah.
9. D Dampak belajar adalah perubahan
perilaku yang diharapkan.
10. B Keduanya memiliki prosedur
penugasan terhadap murid
UNIT 3
PENGELOLAAN KELAS DALAM PKR
Sub Unit 1
Penataan
Ruang Kelas
Latihan
HAL 14-3
Agar
Anda lebih memahami materi sub unit 1 di atas, kerjakanlah soal-soal
berikut
ini sebagai latihan.
1.
Sebutkan hal-hal penting yang perlu
diperhatikan dalam penataan ruang kelas.
2.
Berilah penjelasan mengapa dalam PKR, guru
harus mengatur denah yang sesuai dengan bentuk kegiatan belajar?
3.
Mengapa hasil karya murid perlu dipajang di
ruang kelas? Dan apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam memajang hasil karya
tersebut.
JAWABAN :
1.
Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah
sebagai berikut:
1)
Daerah pajangan
Hasil
karya murid sebaiknya dipajang di tempat yang telah ditentukan guru. Gunakan
ruang kelas yang ada dengan sebaik-baiknya. Guru dapat menempelkan karya murid
pada bahan yang mudah diperoleh dari lingkungan sekitar.
2)
Kemudahan bergerak
Kemudahan
bergerak bagi guru dan murid juga perlu dipikirkan. Guru dan murid dapat
leluasa bergerak dari kelompok yang satu ke kelompok yang lain, dari murid ke
murid, dari dan ke tempat sumber belajar tanpa menimbulkan gangguan yang berarti.
3)
Sinar atau cahaya
Pengaturan
tempat duduk murid harus diperhatiakan, pandangan murid jangan menantang
matahari. Sinar atau cahaya akan lebih baik datang dari samping murid-murid.
Dan jika dikaitkan dengan saat belajar murid, yaitu saat menulis atau membaca
kena bayangan maka sinar darI sebelah kiri sangat baik.
4)
Panas dan ventilasi.
Murid
jangan duduk di tempat yang langsung kena sinar matahari. Ventilasi dalam ruang
kelas cukup baik. Bila ada tempat yang kurang kena panas dan lembab, disudut
misalnya berilah perhatian khusus yaitu dengan menyuruh murid membersihkan atau
jangan menaruh di sudut itu.
5).
Papan tulis
-
penggunaan dua papan tulis dalam PKR akan lebih baik.
-
papan tulis yang bisa dipindah-pindah untuk kerja kelompok akan sangat berguna
-
Papan tulis dipasang pada ketinggian yang dapat dijangkau murid.
-
Jangan letakkan papan tulis yang menutup jendela atau di tempat yang biasanya murid
menjadi silau.
6).
Bangku dan kursi
Jangan
menggunakan bangku dan kursi yang menjadi satu. Hal ini akan menyulitkan dalam
mengatur bangku dan kursi saat kerja kelompok. Ukuran bangku dan kursi juga
harus disesuaikan dengan ukuran besarnya murid.
7).
Meja guru
Meja
guru diletakkan di tempat yang memungkinkan guru dapat memandang seluruh murid
saat guru duduk. Tetapi guru yang efektif pasti tidak akan duduk sepanjang
waktu dikursinya, karena ia harus bergerak untuk membantu kegiatan muridnya.
8).
Sudut aktivitas
Pikirkan
tempat sudut aktivitas, sehingga murid dapat bekerja atau belajar di sudut itu
tanpa mengganggu murid lainnya. Bila perlu buatlah penyekat dari bahan yang
sederhana, misalnya disekat dengan kayu, bambu, daun nipah/sagu.
2.
Dalam PKR guru harus mengatur denah yang
sesuai dengan bentuk kegiatan belajar agar dalam pelaksanaan kegiatannya lebih
mudah. Karena tidak perlu lagi mengubah susunan tempat agar menyesuaikan
kegiatan, akan tetapi denah sebelumnya telah mengikutu kegiatan belajar.
3.
Hal – hal yang perlu dipertimbangkan dalam
memasang pajangan :
1.
Hindarilah memajang karya murid dalam waktu
yang terlalu lama. Lakukan perubahan dan pergantian secara teratur.
2.
Gunakan bahan pajangan dari bahan lokal,
sehingga dapat menghemat biaya.
3.
Pajangan tersebut memberi informasi bagi
orang yang melihatnya.
Tes Formatif 1
HAL 16-3
Berilah
tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang
menurut
pendapat Anda paling tepat.
1.
Dalam pengelolaan kelas aspek yang paling penting adalah……..
A.
Menyiapkan Satua Pelajaran
B.
Pembentukan Dewan Sekolah
C.
Pemilihan Ketua kelas
D.
Menyusun aturan dan penataan ruang kelas
2.
Berikut ini adalah kegiatan guru dalam pengelolaan kelas, kecuali………
A.
Mengunjungi orang tua murid
B.
Menata ruang untuk memajang karya karya murid
C.
Memilih bangku dan kursi yang cocok untuk murid-murid
D.
Memikirkan bagaimana menempatkan meja guru yang cocok
3.
Kegunaan dari sudut IPA yang paling tepat adalah…………..
A.
Untuk melakukan kegiatan belajar IPA dengan alat yang tersedia
B.
Untuk menempatkan koleksi benda yang dikumpulkan dari alam
C.
Untuk tempat membaca bagi murid
D.
Untuk tempat diskusi bagi bagi guru-guru yang akan mengajar IPA
4.
Kelemahan yang palingmenonjol dari pengaturan denah kelas yang tradisional
adalah………..
A.
Meningkatkan jumlah waktu bergilir yang terbuang
B.
Beban guru menjadi bertambah untuk menyiapkan pelajaran
C.
Sulit untuk memberikan umpan balik secara perorangan
D.
Mengurangi minat murid untuk bekerja sama
5.
Dalam memilih Bentuk Kegiatan Belajar (BKB), pertimbangan terpenting
adalah…….
A.
Menyediakan bahan belajar yang cukup untuk setiap murid
B.
Menyediakan waktu yang cukup untuk menyelesaikan pekerjaan
C.
Memilih BKB yang sesuai dengan kemauan guru
D.
Tidak menempatkan BKB individual dan kelompok saling berdekatan
6.
Tujuan yang kurang begitu penting dengan adanya papan pajangan adalah………
A.
Melengkapi alat peraga yang akan dipakai oleh guru
B.
Memupuk kerja sama anak melalui cipta dan karya
C.
Meramaikan suasana dalam kelas
D.
Memamerkan karya murid yang terbaik dalam kelas tersebut
7.
Faktor yang paling penting akan perlunya PKR adalah………
A.
jumlah guru di daerah terpencil
B.
kurangnya alat dan bahan pelajaran
C.
lebih memudahkan persiapan mengajar guru
D.
adanya rentangan yang lebar dalam kemampuan murid
8.
Kegiatan pembelajaran berikut ini yang paling tidak cocok untuk pelajaran
klasikal
adalah…….
A.
Bermain peran
B.
Menyampaikan informasi pada murid
C.
Latihan bola volley
D.
Tutorial berpasangan
9.
Yang perlu diperhatikan guru dalam memilih strategi mengajar sebaiknya…….
A.
Pengajaran kelompok kecil
B.
Pengajaran kelompok kecil dan perorangan
C.
Sesuai dengan kebutuhan
D.
Pengajaran klasikal
10.
Fungsi dari pajangan bagi pembelajaran yang paling kurang cocok adalah …….
A.
Memupuk kerja sama anak melalui hasil karyanya
B.
Memberikan informasi pada murid
C.
Menumbuhkan kebanggaan bagi murid yang karyanya dipajang
D. Untuk menghiasi
ruangan kelas
JAWABAN :
1.
D Aturan harus jelas dan penataan ruang kelas dapat lebih kondusif
2.
A Menyayang orang tua tidak ada kaitannya dengan pengorganisasian kelas
3.
A Yang paling cocok sudut IPA untuk kegiatan belajar IPA
4.
C Karena denah tradisional berderet ke belakang.
5.
D yang paling tepat, karena penting dalam memilih BKB
6.
C Papan pajangan bukan bukan untuk meramaikan kelas
7.
A PKR diperlukan karena kurangnya jumlah guru di sekolah
8.
D Tutorial berpasangan adalah bukan pembelajaran klasikal
9.
C Strategi mengajar yang paling baik yang sesuai dengan kebutuhan.
10. D Yang paling
tepat, karena fungsi pajangan bukan sekedar hiasan ruangan
Sub unit 2
Pengelolaan
Murid
Latihan
HAL 30-3
Baiklah, setelah Anda memahami materi pada sub unit 2
ini, maka kerjakan latihan berikut ini:
Apabila Anda harus mengajar di kelas II dan kelas IV
secara bersamaan, dan masing-masing kelas muridnya berjumlah 4(untuk kelas II)
dan 6(untuk kelas IV). Keadaan seperti itu menguntungkan Anda apabila Anda
mampu memanfaatkan konsep atau teori yang telah diuraikan di muka. Apa yang
harus Anda lakukan agar pelajaran berjalan lancer? Semua murid baik kelas II maupun
kelas IV dapat menyelesaikan tugas? Metode pembelajaran yang bagaimana yang
cocok untuk ini? Jenis tutorial mana yang paling cocok untuk keadaan seperti
itu?
JAWABAN :
Jadwal belajar kelas II dan
IV
Waktu
|
Kelas
|
|
II ( Dua )
|
IV ( Empat )
|
|
07.00 - 07.35
|
Tema Diri Sendiri
|
Bahasa Indonesia
|
07.35 - 08.10
|
Tema Diri Sendiri
|
Bahasa Indonesia
|
08.10 - 08.45
|
Tema Diri Sendiri
|
Bahasa Indonesia
|
08.45 - 09.00
|
istirahat
|
|
09.00 - 09.35
|
Tema Lingkungan
|
IPA
|
09.35 - 10.10
|
Tema Lingkungan
|
IPA
|
10.10 - 10.25
|
istirahat
|
|
10.25 - 11.00
|
PKn
|
|
11.35 - 12.10
|
PKn
|
Jenis tutor yang digunakan
adalah tutor sebaya dan tutor kakak
Proses tutorial yaitu
sebagai berikut :
- Murid kelas II diberi
materi oleh guru, kemudian diberi tugas kelompok.
- Selanjutnya murid kelas
IV diberi materi oleh guru lalu diberi tugas kelompok
- Murid kelas II yang telah
selesai mengerjakan tugas diajak untuk mengajar temannya yang belum selesai,
begitupun dengan murid kelas IV
- Murid kelas IV yang telah
selesai dapat juga diajak untuk membimbing anak kelas II yang kesulitan belajar
Metode yang digunakan
adalah metode kelompok berdasarkan kemampuan yang berbeda.
Sebagai guru saya berperan
sebagai pengajar dan fasilitator dalam kelompok.
Tes Formatif 2
HAL 3-33
Berilah
tanda silang (x) pada huruf A, B, C atau D di depan jawaban yang menurut
pendapat
anda paling tepat!
1.Perangkapan
kelas yang dilakukan dengan cara mengajar “bergilir”
menyebabkan…..
A.
Meningkatkan efisiensi karena dapat mengajar 2 kelas sekaligus
B.
Menurunnya efisiensi dan efektifitas belajar
C.
Meringankan kerja guru
D.
Merepotkan kerja guru
2.
Pemanfaatan tutor murid (tutor kakak dan tutor sebaya) dalam PKR adalah……..
A.
Kurang tepat karena tingkat pengetahuan mereka sama
B.
Bertentangan dengan kodrat karena murid itu harus diajari
C.
Membantu meningkatkan prestasi belajar murid
D.
Untuk menggantikan guru mengajar
3.
Tutor murid dipilih dari murid yang mempunyai ciri berikut……..
A.
Paling besar
B.
Paling tua
C.
Paling pintar
D.
Paling dekat dengan guru
4.
Pemanfaatan tutor di SD memungkinkan berdasarkan berbagai alasan, kecuali….
A.
Secara alami anak-anak memerlukan bantuan
B.
Bahas anak mudah dipahami oleh murid
C.
Memanfaatkan murid yang padai
D.
Meringankan krja guru
5.
Tutor dapat dimanfaatkan pada ………
A.
Saat guru ada kepentingan di luar sekolah
B.
Saat belajar
C.
Pada saat diskusi kelompok saja
D.
Untuk mengawasi ulangan
6.
Selama ini tutor di anggap kurang efektif dengan alasan, kecuali……..
A.
Pelajaran dia sebagai tutor tertanggu
B.
Pelajaran yang diperoleh tutor berbeda dengan yang harus ditutorkan
C.
Sulit melatih tutor
D.
Murid sebaiknya hanya menerima pelajaran
7.
Menurut teori “mastery learning” tentang murid yang dikemukakan Bloom
adalah
A.
Murid terdiri dari murid pintar dan murid bodoh
B.
Murid cepat dan murid lambat
C.
Semua murid sama saja kepandaiannya
D.
Murid perlu diajari terus oleh guru
8.
Belajar mandiri menurut Bruce Miller adalah……
A.
Cara belajar yang sepenuhnya atau sebagian besar dibawah kendali murid
B.
Belajar sendirian
C.
Tidak perlu diajar oleh guru
D.
Cukup diajar oleh tutor saja
9.
Manfaat dari kelompok belajar adalah ……
A.
Forum belajar agar murid dapat saling membantu dalam belajar
B.
Agar murid duduknya diatur secara berkumpul
C.
Agar murid dapat belajar dengan murid lainnya
D.
Agar murid saling mengenal satu sama lain
10.
Jenis kelompok belajar manakah yang sesuai dengan system pendidikan di SD?
A.
Kelompok terdiri dari usia sama
B.
Kelompok terdiri dari kemampuan yang berbeda
C.
Kelompok terdiri dari kemampuan yang sama
D. Tergantung pada kebutuhan belajar.
JAWABAN :
1.
B Perangkapan kelas secara bergilir
menyebabkan pemborosan waktu
2.
C Tutor murid dapat meningkatkan prestasi
belajar tutor maupun yang ditutori.
3.
C Tutor murid harus murid yang pintar
4.
D Pemanfaatan tutor murid bukan untuk
meringankan kerja guru
5.
B Tutor berguna untuk membantu belajar
6.
D Murid bukan hanya obyek, tetapi subyek yang
harus aktif
7.
B Tidak ada murid yang bodoh atau pintar,
tetapi murid yang cepat dan lambat.
8.
A Belajar mandiri terletak pada inisiatif dan
disiplin pada murid
9.
A Kelompok belajar adalah forum untuk saling
membantu
10.
D
Dibentuknya kelompok belajar tergantung pada kebutuhan
Sub Unit 3
Disiplin Kelas
Latihan
HAL 40-3
Kerjakan
latihan berikur ini untuk mengetahui apakah Anda sudah memahami materi
pada
sub unit ini.
Sebelum
waktu pulang murid Anda sudah menyelesaikan tugasnya lebih cepat.
Buatlah
kegiatan dalam bentuk permainan, yang dapat Anda berikan untuk kelas
tersebut.
Coba terapkan pada murid Anda. Bila menemui kesulitan diskusikan
dengan
tutor Anda! Untuk mengerjakan tugas tersebut dengan baik berpedomanlah
pasa
aspek berikut ini:
-
tentukan nama permainan
-
tujuan apa yang akan dicapai
- kegiatan apa yang
dilakukan
JAWABAN :
1. Nama
permainan
: -
catur
- congklak
2.
Tujuan yang akan dicapai
adalah
:
a. murid mempunyai komitmen
untuk didiplin pada aturan yang berlaku seperti dalam permainan yang juga
mempunyai aturan yang harus ditaati
b. murid akan mendapatkan
nilai tambah dalam pengetahuannya tentang permainan yang diberikan
3.
Kegiatan yang dilakukan adalah
:
a. murid dibagi dalam kelompok
b. dalam melakukan permainan,
setiap anggota kelompok dapat ikut bermain secara bergantian pada
permainan yang sama dan waktu yang sama pula.
c. guru memberikan langkah-langkah
dalam permainan tersebut dan aturan yang harus ditaati
Tes Formatif 3
HAL 3-41
Berilah
tanda silang (X) pada huruf A, B, C, dan D di depan jawaban yang
menurut
pendapat Anda paling tepat.
1.
Manfaat dari Aturan Rutin Kelas (ARK) adalah……..
A.
mengisi kegiatan pada waktu luang
B.
menggantikan guru yang tidak hadir
C.
memberi tugas tambahan pada murid
D.
meningkatkan disiplin murid
2.
Berikut ini termasuk kegiatan ARK, kecuali……….
A.
menyiapkan sumber belajar
B.
memberikan tugas untuk setiap kelas PKR
C.
menyiapkan alat pelajaran dan alat peraga
D.
memberikan PR pada murid
3.
Kegiatan Siap (KS) bermanfaat untuk………
A.
mengisi waktu kosong pada saat pembelajaran berlangsung
B.
mengisi kegiatan di rumah
C.
menggantikan guru yang berhalangan hadir
D.
hukuman bagi murid yang tidak membuat PR
4.
Lembar Kerja Murid(LKM) dapat dimasukkan pada berikut ini, kecuali……
A.
Aturan Rutin Kelas
B.
Kegiatan Siap
C.
Lembar penuntun kegiatan
D.
Lembar tes
5.
KS dapat diberikan pada pembelajaran berikut ini, kecuali…….
A.
klasikal
B.
kelompok
C.
individual
D.
pasangan
6.
Kegiatan pembelajaran klasikal dalam PKR adalah………
A.
mengganggu pelaksanaan PKR
B.
menjadi kunci dalam penerapan PKR
C.
tidak sesuai dengan konsep PKR
D.
tidak ada kaitannya dengan PKR
7.
Dalam mempersiapkan KS, yang paling penting bagi Anda adalah……
A.
SP dan jadwal pelajaran
B.
topik pelajaran
C.
pengalaman
D.
adanya tutor
8.
ARK merupakan sesuatu yang bukan baru bagi Anda, karena…….
A.
sudah ada beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan
B.
guru sudah memperoleh penataran
C.
sudah belajar ketika di SPG
D.
diatur oleh sekolah
9.
Kegiatan berikut ini termasuk ARK, kecuali……….
A.
membersihkan dan membuat tugas dipapan tulis
B.
menyiapkan sumber bahan
C.
menyiapkan tutor
D.
cara murid meminta bantuan guru.
10.
Dalam PKR, ARK yang baik adalah harus……
A.
berkaitan dengan kegiatan di luar kelas
B.
berkaitan dan menunjang pelajaran
C.
tidak perlu berkaitan dengan pelajaran
D. berkaitan dengan
SP.
JAWABAN :
1.
A Peran ARK adalah mengisi waktu luang.
2.
D Memberikan PR sudah termasuk ARK
3.
A KS berperan untuk mengisi waktu luang pada
saat proses pembelajaran
4.
D LKM bukan untuk tes
5.
A KS tidak mungkin diberikan secara klasikal.
6.
B Pembelajaran klasikal menjadi kunci bagi
penerapan PKR
7.
A Berdasarkan SP dan jadwal guru lain dapat
memberikan KS
8.
A ARK selama ini sudah dilaksanakan guru
9.
D ARK adalah dipersiapkan oleh guru, bukan
oleh nurid
10.
B ARK
harus berkaitan dan menunjang pelajaran.
UNIT 4
Lingkungan Sebagai Sumber Belajar
Sub
Unit 1
Sekolah
dan Guru Lain Sebagai Sumber Belajar
Latihan
Hal 4 - 9
Anda
seorang guru Kesenian, di Sekolah Anda hanya terdapat 3 (tiga) orang guru
termasuk
Kepala Sekolah. Karena keterbatasan guru Anda diminta untuk membantu
mengajar
di kelas II dan III dan pelajaran Olah raga untuk semua kelas, sementara
Anda
merasa khawatir karena tidak menguasai mata pelajaran tersebut. Di SD lain
dekat
SD Saudara terdapat seorang Guru Olah Raga dengan berbagai peralatan
olahraga.
Apa yang akan Anda Lakukan untuk mengatasi permasalahan yang ada,
agar
murid-murid yang menjadi tanggung jawab Anda dapat mengikuti pembelajaran
dengan
baik?
JAWABAN
:
Yang
akan saya lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah saya tidak akan
malu-malu untuk bertanya ataupun minta tolong bahkan bekerja sama saling
melengkapi. Untuk mata pelajaran olaraga, saya akan bertanya bagaimana metode
yang akan digunakan serta bagaiman membelajarkannya. Bila mengharuskan memakai
alat-alat olaraga, maka saya akan meminjam alat-alat olaraga dari sekolah
tetangga tersebut. Bila mengalami kesulitan, saya akan berdiskusi dengan guru
olaraga tersebut dan melakukan tutorial bersama.
Tes Formatif 1
1.
Jelaskan dalam kondisi apa saja seorang guru
harus memanfaatkan guru lain dalam satu sekolah!
2.
Jelaskan dalam kondisi apa saja seorang guru
membutuhkan bantuan guru lain dari sekolah lain!
3.
Berikan satu contoh bentuk kerjasama antara
sesama guru dari sekolah lain!Jelaskan bagaimana kerjasama tersebut dapat
berlangsung baik!
4.
Apa manfaat yang dapat diperoleh dengan
adanya KKG?
JAWABAN
1.
Seorang guru harus memanfaatkan guru lain
dalam satu sekolah ketika jumlah tenaga guru tidak sebanding dengan jumlah
rombongan kelas dan mata pelajaran yang harus diajarkan. Selain itu guru juga
harus menjadi partner dengan guru yang ada dalam satu sekolah. Begitu juga bila
guru yang bersangkutan tidak menguasai materi yang akan diajarkan sehingga
harus bertanya atau meminta bantuan kepada guru lain yang ada dalam satu
sekolah.
2.
Seorang guru membutuhkan bantuan guru lain
dari sekolah lain ketika :
Ø Guru
tersebut tidak mempunyai buku sumber dan atau alat peraga pelajaran
Ø Guru
tersebut tidak menguasai materi yang akan diajarkan
Ø Guru
tersebut harus mengajar 3 atau lebih kelas dalam waktu yang bersamaan,sementara
guru dari sekolah lain sedang tidak ada jam mengajar pada waktu yang bersamaan
3.
Contoh bentuk kerjasama antara sesama guru
dari sekolah lain misalnya Pak Rudi adalah guru pada SD A adalah guru
Matematika yang harus mengajar juga pada kelas IV, V, VI dan mengajar mata
pelajaran olaraga. Dalam mengajar olaraga, Pak Rudi merasa kesulitan karena belum
pernah mengajarkan olaraga dan kurangnya alat-alat olaraga yang ada di sekolah
Pak Rudi. Tak jauh dari sekolah Pak Rudi ada guru olaraga dari SD B. Pak Rudi
tak merasa malu untuk bertanya dan belajar cara mengajarkan olaraga serta
meminjam alat-alat olaraga untuk proses pembelajaran.
4.
Manfaat yang diperoleh dengan adanya KKG
adalah sebagai forum yang dapat dijadikan untuk saling tukar informasi,
pengalaman, berdiskusi, untuk memecahkan berbagai kesulitan mengajar dan
mengerjakan sesuatu secara bersama
SUBUNIT 2
Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber
Belajar
Tes
Formatif 2
1. Dalam pendidikan pada
dasarnya lingkungan adalah………
A. tempat bermain
B. tempat belajar
C. laboratorium raksasa
yang merupakan sumber belajar
D. tempat siswa beradaptasi
dengan alam
Jawab
: C. laboratorium raksasa yang merupakan sumber belajar
2. Lingkungan sekolah yang
dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar adalah……
A. Kantin sekolah
B. Museum
C. Cagar alam
D. Puskesmas
Jawab
: A. Kantin sekolah
3. Seorang ulama/pendeta
dapat dapat menjadi nara sumber bagi siswa pada saat
A. pelajaran agama
B. perayaan hari-hari besar
keagamaan
C. setiap hari
D. semua benar
Jawab
: B. perayaan hari-hari besar keagamaan
4.
Memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat dilakukan pada
pembelajaran…….
A. IPA
B. IPS
C. Matematika
D. Semua pelajaran
Jawab
: A. IPA
5.
Untuk memahami dan mengenal berbagai macam benda bersejarah pada pembelajaran
IPS siswa dapat dijak mengunjungi…..
A. Museum
B. candi
C. situs-situs peninggalan
sejarah
D. semua benar
Jawab
: D. semua benar
6. Mengapa dalam proses
belajar mengajar lingkungan sekitar mempunyai peran yang penting?
A. karena lingkungan
memberikan suasana segar
B. karena belajar di
lingkungan dapat juga menjadi ajang rekreasi
C. belajar di lingkungan
dapat memberikan pengalaman nyata
D. Belajar di lingkungan
membuat siswa dapat bercAnda gurau dengan sesama teman
Jawab
: C. belajar di lingkungan dapat memberikan pengalaman nyata
7.
Sebuah pasar dapat dijadikan sumber belajar. menurut Anda pembelajaran apa saja
yang dapat berlangsung di sana?
A. IPA
B. IPS
C. Matematika
D. Semua pelajaran
Jawab
: D. Semua pelajaran
8. Menurut Anda pada saat
kapan lingkungan dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar?
A. pada saat guru dan siswa
merasa jenuh belajar di dalam kelas
B. pada saat guru
kekurangan alat peraga
C. pada saat guru
membutuhkan sumber belajar yang tidak dapat di temui di sekolah
D. pada saat guru dan siswa
merasa perlu adanya suasana baru dalam pembelajaran
Jawab
: C. pada saat guru membutuhkan sumber belajar yang tidak dapat di temui
di sekolah
9.
Pembelajaran dengan pendekatan PKR yang dilakukan di lingkungan sangat
membutuhkan …..
A. LKS
B. Lembar kerja
C. Alat-alat kerja
D. Bahan-bahan kerja
Jawab
: A. LKS
10.
Menurut Anda keuntungan dan manfaat apa yang dapat diperoleh dengan
memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar……
A. membantu guru supaya
tidak repot menyiapkan alat dan bahan pembelajaran
B. membantu siswa untuk
mendapatkan pengalaman nyata dalam pembelajarannya
C. Membantu siswa dalam
mendapat kesempatan rekreasi
D. Membantu siswa dalam
menikmati pemAndangan alam
Jawab
: D. Membantu siswa dalam menikmati pemAndangan alam
SUBUNIT 3
Menciptakan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar
Latihan
Ketika sedang
membimbing mahasiswa PPL di kabupaten MAPPI distrik
Bade,
seorang guru Ibu Nn bercerita bahwa ia sangat kesulitan memberikan
contoh-contoh
yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Misal dalam
memberikan
contoh berbagai jenis hewan, disana siswa hanya mengenal
jenis
hewan tertentu terutama Rusa dan Kasuari. Pada saat mengajar IPA di
kelas
VI Ibu Nn menunjukkan gambar sapi namun oleh siswa gambar
tersebut
disebut Rusa (Rusa di daerah tersebut banyak yang bertubuh sangat
besar).
Demikian pula untuk menjelaskan tentang hal-hal lain seperti Pasar
dan
berbagai jenisnya, Museum dan lainnya Ibu Nn sangat merasa
kesulitan.
Jika
Anda berada pada posisi ibu Nn apa yang harus Anda lakukan?
1.
Langkah-langkah apa saja yang Anda lakukan untuk mempersiapkan
pembelajaran
dengan berbagai kekurangan yang ada di lingkungan
sekolah
seperti ibu Nn?
2.
Menurut Anda metode pembelajaran apa yang sebaiknya diterapkan
dengan
kondisi alam seperti yang dialami ibu Nn?
JAWABAN:
1. Langkah-langkah yang
akan saya lakukan untuk mempersiapkan pembelajaran yaitu :
a)
Menciptaka
ruang kelas yang menyenangkan
b)
Menyiapkan
Lembar Kerja Murid
c)
Memanfaatkan
berbagai sumber daya yang ada disekitar yang berkaitan dengan materi yang ada
d)
Memajang
beberapa hasil karya murid di dalam kelas untuk mendukung proses pembelajaran
e)
Memanfaatkan
alam terbuka sebagai media pembelajaran
f)
Menyiapkan
buku bacaan bergambar
2. Metode yang sebaiknya
diterapkan dengan kondisi seperti yang dialami oleh Ibu Nn adalah metode
bermain, metode diskusi, dan metode kerja kelompok.
Tes
Formatif 3
Petunjuk:
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat
dari beberapa alternatif jawaban yang
disediakan !
1. Herbarium merupakan alat dan sumber
belajar yang biasanya di tempatkan
di............
a. Lemari di ruang Kepala Sekolah
b. Lemari di dalam kelas
c. di ruangan kepala sekolah
d. di ruang kelas
2. Pemanfaatan ruang kelas sebagai
sumber belajar dapat dilakukan
dengan.......
a. membuat sudut baca
b. membuat koperassi sekolah
c. membuat kolam sekolah
d. membuat kebun sekolah
3. Menciptakan lingkungan sekolah
sebagai sumber belajar, sebaiknya
melibatkan .....
a. guru
b. kepala sekolah
c. siswa
d. semua komponen di sekolah
4. Dalam menggunakan lingkungan sekolah
sebagai sumber belajar pada
pembelajaran kelas rangkap, guru
sebaiknya..............
a. membuat lembar tugas/LKS
b. membagi siswa dalam kelompok belajar
c. membantu siswa dengan menemutunjukkan
sumber belajar
d. Semua yang tersebut di atas benar
5. Bila Anda terkondisikan untuk
membelajarkan kelas rangkap, dan Anda akan
memberikan materi tentang Ekosistim air
tawar, apa yang harus Anda
lakukan?
a. Bersama siswa ke Danau yang jauh
tempatnya sambil rekreasi
b. Bersama siswa membuat akuarium
c. Bersama siswa ke kolam sekolah
d. Bersama siswa
mengunjungi kolam renang yang ada di Daerah Anda
6. Manfaat ruang kelas dan lingkungan
sekolah sebagai sumber belajar
dapat.............
a. Mengurangi kebosanan siswa dalam
belajar
b. menambah indah ruang kelas dan
sekolah
c. untuk memamerkan kemampuan guru dan
siswa
d. memperkaya pengetahuan dan pengalaman
murid
Pilihlah
A. Bila 1) dan 2) benar
B. Bila 1) dan 3) benar
C. Bila 2) dan 3) benar
D. Bila 1), 2) dan 3) benar
7. Yang dapat dijadikan sumber belajar
di ruang kelas adalah.......
1) Herbarium yang di buat bersama oleh
guru dan siswa
2) Sudut baca di dalam kelas
3) Bangun ruang yang dipajang di ruang
kelas
8. Manfaat menciptakan lingkungan
sekolah sebagai sumber belajar
adalah...............
1) meningkatkan kemandirian siswa
2) memperkaya pengalaman murid dalam
memanfaatkan berbagai media
sebagai sumber belajar
3) Siswa dapat belajar melalui
pengalaman nyata tanpa perlu mengeluarkan
biaya yang besar
9. Jika Anda mendapat tugas untuk
mengajar di suatu daerah dengan lingkungan
alam tertentu dimana tidak tersedia
keanekaragaman flora dan fauna, Jika
Anda harus mengajarkan suatu materi
dengan berbagai contoh yang tidak
tersedia di daerah Anda maka Anda akan
.................
1) karena kondisinya yang terbatas,
materi yang diberikan disesuaikan
dengan keadaan yang ada
2) Berusaha memberikan penjelasan dengan
memberikan contoh-contoh dari
alat peraga yang ada
3) Berusaha memberikan penjelasan dengan
memberikan contoh berupa
gambar-gambar yang
berkaitan dengan materi tersebut
10. Dalam memanfaatkan lingkungan
belajar dapat dilakukan dengan ...
1) individual
2) kelompok
3) klasikal
JAWABAN :
1. d, di ruang kelas
2. a, membuat sudut baca
3. d, semua komponen di sekolah
4. d, Semua yang tersebut di atas benar
5. d, memperkaya pengetahuan dan
pengalaman murid
6. d, Herbarium yang di buat bersama
oleh guru dan siswa, Sudut baca di dalam
kelas, Bangun
ruang yang dipajang di ruang kelas
7. d, meningkatkan kemandirian siswa,
memperkaya pengalaman murid dalam
memanfaatkan
berbagai media sebagai sumber belajar, Siswa dapat belajar
melalui
pengalaman nyata tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar
8. c Berusaha memberikan penjelasan
dengan memberikan contoh-contoh dari alat
peraga yang ada,
berusaha memberikan penjelasan dengan memberikan contoh
berupa
gambar-gambar yang berkaitan dengan materi tersebut
9.
d individual, kelompok dan klasikal
10. d berkaitan dengan materi pelajaran,
tidak membutuhkan biaya yang besar mudah
dijangkau
UNIT
5
KETERAMPILAN
MENGAJAR KELOMPOK KECIL DAN PERORANGAN DALAM PKR
SUBUNIT 1
Hakekat Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil
dan Perorangan
Latihan
Setelah
mencermati materi di atas, untuk memantapkan pemahaman Anda,
cobalah
kerjakan latihan berikut.
1. Sebagai guru SD, Anda pasti sudah pernah mengajar
kelompok kecil, dengan cara membagi murid ke dalam kelompok-kelompok kecil.
Cobalah ingat, apa yang biasanya Anda lakukan ketika mempersiapkan murid untuk
bekerja kelompok serta ketika kegiatan kelompok sedang berlangsung. Berdasarkan
ingatan tersebut,cobalah perkirakan, ciri-ciri mengajar kelompok kecil yang
mana yang sudah Anda terapkan?
2. Cobalah diskusikan dengan teman-teman Anda, topik-topik
mana yang sebaiknya disajikan melalui kegiatan kelas besar (klasikal) serta
topik mana yang sebaiknya disajikan melalui kegiatan kelompok kecil.
3. Bekerjalah dengan teman yang sudah pernah mengajar kelas
rangkap. Cobalah rancang satu pengorganisasian murid (kapan akan digunakan
kegiatan klasikal, kelompok kecil dan perorangan), jika seandainya Anda akan
mengajar kelas rangkap. Diskusikan alasan Anda
untuk pengorganisasian yang Anda kembangkan tersebut.
JAWABAN
:
1. Yang saya lakukan ketika
mempersiapkan murid untuk bekerja kelompok serta ketika kelompok sedang
berlangsung adalah :
·
Melakukan
identifikasi murid dari sisi intelektual, karakter, dan keaktivan
·
Mempersiapkan
hal-hal yang diperlukan dalam kelompok
·
Membagi
murid ke dalam kelompok berdasarkan kesamaan kemampuan
·
Menata
ruang dan sumber belajar agar menciptakan kondisi yang memungkinkan
·
Mengatur
alokasi waktu yang akan digunakan
Ciri-ciri
belajar kelompok yang saya terapkan adalah sebagai berikut :
·
Terjadi
interaksi antar anggota dalam kelompok yang membuat kelompok menjadi hidup
·
Murid
yang lebih pintar menjadi tuotr sebaya bagi temannya
2. Topik-topik yang sebaiknya
disajikan melalui kegiatan kelas besar ( klasikal ) :
·
Topik
yang sifatnya tidak membutuhkan kegiatan diskusi atau praktikum
·
Topik
yang tidak membutuhkan waktu yang banyak
Topik-topik
yang sebaiknya disajikan melalui kegiatan kelompok kecil adalah topik yang
membtuhkan waktu yang banyak dan memerlukan kegiatan pengalamian.
3. Rancangan pengorganisasian
murid sebagai berikut :
·
Pengelompokan
murid berdasarkan rombongan kelas dengan menggunakan model pengelolaan PKR 221
·
Murid
dikelompokkan ke dalam kelompok kecil dan murid yang pintar disebar ke
kelompok-kelompok
·
Mengorganisasikan
bahan ajar, mengatur denah kelas, memjang hasil karya murid yang berkaitan
dengan topik yang akan disajikan
Kegiatan klasikal digunakan
bila topik yang disajikan tidak membutuhkan waktu yang terlalu banyak.
Kegiatan kelompok kecil dan
perorangan digunakan bila topik yang akan disajikan membutuhkan waktu yang
banyak dan memuat kegiatan praktikum atau kegiatan diskusi serta jumlah murid
yang banyak.
Tes
Formatif 1
1.
Pengajaran kelompok kecil dan perorangan memberi kesempatan kepada murid untuk
melakukan hal-hal berikut, kecuali ....
A. belajar dari teman
B. memilih teman sendiri
C. mengajar atau membantu
teman
D. memilih cara belajar
yang disenangi
Jawab : B. memilih
teman sendiri
2. Salah satu ciri
pengajaran kelompok kecil dan perorangan adalah ....
A. murid lebih sering belajar
dalam kelompok
B. adanya pembagian waktu
yang ketat
C. adanya hubungan
antarpribadi yang akrab dan sehat
D. murid bebas memilih
teman belajarnya
Jawab : C. adanya
hubungan antarpribadi yang akrab dan sehat
3.
Pelajaran dalam bentuk kelas besar (klasikal) mempunyai kekuatan dalam
menyadarkan murid bahwa ....
A. tidak semua kebutuhannya
dapat dipenuhi
B. tidak semua pelajaran
mudah dicerna
C. masa sekolah adalah masa
untuk belajar
D. masa belajar penuh
dengan tantangan
Jawab : A. tidak
semua kebutuhannya dapat dipenuhi
4. Pelajaran dalam bentuk
kelompok kecil dapat membiasakan murid untuk ....
A. menyelesaikan tugas pada
waktunya
B. bekerja secara rapi dan
teratur
C. merangkum hasil
belajarnya
D. bekerja sama dalam
menyelesaikan tugas
Jawab : D. bekerja
sama dalam menyelesaikan tugas
5. Pembelajaran secara
perorangan menuntut murid untuk mampu ....
A. berprestasi lebih baik
B. mencari informasi yang
diperlukan
C. bertanggung jawab
terhadap hasil belajarnya
D. mengatur waktu belajar
Jawab : C.
bertanggung jawab terhadap hasil belajarnya
6.
Guru PKR akan banyak memetik keuntungan dari penguasaan keterampilan mengajar
kelompok kecil dan perorangan karena ....
A. PKR selalu menggunakan
pengajaran kelompok kecil dan perorangan
B.
hakekat PKR hampir sama dengan hakekat pengajaran kelompok kecil dan perorangan
C. dalam waktu yang sama
guru menghadapi dua kelas atau lebih
D. guru sudah terlatih
mengelola kelas
Jawab
: B. hakekat PKR hampir sama dengan hakekat pengajaran kelompok kecil dan
perorangan
7. Penjelasan tentang tugas
dan cara kerja kelompok sebaiknya disampaikan dalam ....
A. kelas besar, sebelum
kegiatan kelompok
B. kelompok kecil, ketika
kegiatan berlangsung
D. tatap muka perorangan
E. bentuk tanya jawab dalam
kelompok kecil
Jawab : A. kelas
besar, sebelum kegiatan kelompok
8.
Kegiatan kelompok kecil yang efektif selalu diakhiri dengan kulminasi, yang
dapat diisi dengan kegiatan berikut, kecuali ....
A. laporan dan tanggapan
B. merangkum hasil-hasil
kelompok
C. menyerahkan laporan
kepada guru
D. mendemonstrasikan salah
satu hasil pekerjaan kelompok
Jawab : C.
menyerahkan laporan kepada guru
9.
Keberhasilan kerja kelompok sangat ditentukan oleh persiapan guru, yang
meliputi hal-hal berikut, kecuali ....
A. pengaturan materi dan
sumber belajar
B. penetapan ketua dan
sekretaris kelompok
C. pengaturan waktu dan
ruangan
D. penetapan bentuk dan
cara pengelompokkan
Jawab : B. penetapan
ketua dan sekretaris kelompok
10.
Dalam kegiatan perorangan, guru perlu mengenal murid secara pribadi agar guru
dapat melakukan hal-hal berikut, kecuali ....
A. membantu murid sesuai
dengan kebutuhannya
B. mengatur kondisi belajar
C. menindaklanjuti hasil
belajar murid
D.
memberikan laporan kepada orang tua murid
Jawab
: D. memberikan laporan kepada orang tua murid
SUBUNIT 2
Komponen Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan
Perorangan
Latihan
1.
Baca kembali dengan cermat keempat kelompok
keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Buatlah satu daftar
keterampilan tersebut, masing-masing dengan subkelompoknya, sehingga merupakan
satu lembar pengamatan.
2.
Cobalah amati teman Anda yang sedang mengajar
kelompok kecil. Tandailah
keterampilan membimbing dan memudahkan
belajar yang muncul selama dia
mengajar. Pada saat lain, amati teman yang
sama dan catat keterampilan
mengorganisasikan kegiatan yang muncul.
Diskusikan hasil pengamatan Anda
dengan teman tersebut.
3.
Cobalah rancang kegiatan kelompok kecil untuk
kelas Anda selama ± 40 menit. Laksanakanlah rancangan tersebut, dan mintalah
salah seorang dari teman Anda untuk mengamati Anda. Setelah selesai, diskusikan
hasil pengamatan tersebut.
4.
Kalau di tempat tutorial Anda ada video
pembelajaran kelas rangkap, cobalah amati modelnya yang ditayangkan melalui
video. Fokuskan pengamatan Anda pada munculnya keterampilan mengajar kelompok
kecil dan perorangan. Bandingkan dan diskusikan hasil pengamatan Anda dengan
hasil pengamatan teman lain.
5.
Ketika Anda sendiri harus mengajar kelas
rangkap, cobalah terapkan secara sungguh-sungguh keterampilan membimbing dan
memudahkan belajar. Bila mungkin, mintalah seorang rekan Anda untuk mengamati
ketika Anda sedang mengajar. Setelah selesai, mintalah hasil pengamatan
tersebut dan cocokkan dengan kesan Anda sendiri.
JAWABAN:
1. daftar keterampilan tersebut, masing-masing dengan subkelompoknya
Kelompok
keterampilan
|
Subkelompok
keterampilan
|
Hal-hal
yang dimati
|
Pengelompokan
murid berdasarkan rombongan belajar
|
·
PKR 111
·
PKR 221
·
PKR 331
|
·
Kehadiran
·
Penilaian
·
Pengaturan tugas
|
Pengelompokkan
murid berdasarkan kesamaan kemampuan
|
·
PKR 121
·
PKR 221
·
PKR 321
|
·
Prestasi
·
Kemampuan umum
·
Bahan ajar
|
Pengelompokan
murid berdasarkan kemampuan campuran
|
·
PKR 221
·
PKR 222
·
PKR 321
|
· Kesamaan bakat
· Kemampuan khusus
|
Pengelompokkan
murid berdasarkan kesamaan usia
|
·
PKR 111
·
PKR 211
·
PKR 311
|
·
Kemampuan
dan kecepatan belajar
·
Bahan
ajar
|
2. Keterampilan membimbing dan
memudahkan belajar yang muncul selama teman mengajar yaitu :
· Waktu yang digunakan dapat
diefektifkan sehingga materi dapat dituntaskan sesuai perencanaan
· Murid yang mengalami
kesulitan belajar dapat dibimbing dengan memanfaatkan tutor sebaya dan tutor
kakak
· Dapat mengkonkritkan bahan
ajar sehingga dapat diserap dan dicerna dengan baik oleh murid
Keterampilan mengorganisasikan kegiatan yang
muncul :
·
Mengorganisasikan
waktu dengan baik dan tepat
·
Sumber-sumber
belajar dapat diefektifkan sehingga menunjang proses pembelajaran
3. Hasil pengamatan kegiatan
kelompok kecil selama pelaksanaan :
· Pembelajaran dilakukan
berdasarkan perbedaan individual dan melakukan layanan bimbingan
· Guru memberikan pelayanan
dan bimbingan kepada murid secara tidak merata sehingga tidak terjadi
kesenjangan
4. Hasil pengamatan video
pembelajaran kelas rangkap :
· Guru memberikan perhatian
kepada murid sehingga tercipta hubungan yang akrab antara guru dengan murid dan
antara murid dengan murid
· Murid yang tidak cepat
tanggap dengan penjelasan guru menjadi tanggap apabila dijelaskan ulang
temannya yang telah mengerti.
· Murid yang mengajar atau
melatih temannya menjadi semakin mengerti dan memahami pelajaran
· Murid belajar dengan aktif
dan merasa bertanggung jawab
5. Hasil pengamatan mengenai
keterampilan membimbing dan memudahkan belajar dalam mengajar kelas rangkap
yaitu :
· Lebih banyak interaksi yang
terjadi antara guru dengan murid dan murid dengan murid yang fokus membahas
tentang topik yang dipelajari
· Guru tidak terlalu banyak
menggunakan ceramah sehingga guru tidak cepat lelah dalam mengajar karena harus
banyak berbicara
· Aspek sosial, emosional,
moral, dan bahasa murid nampak sehingga secara keseluruhan karena muncul secara
sadar atau tidak disadari oleh murid
· Guru dapat memantau
perkembangan setiap anak sehingga anak yang mengalami kesulitan belajar dapat
diberikan bimbingan dan pelatihan khusus sementara anak yang mudah menangkap
dan mengerti pelajaran dapat diberikan pengayaan daan atau menjadi guru pamong
bagi temannya.
Tes Formatif 2
Setelah membaca rangkuman, tiba
saatnya Anda mengerjakan Tes Formatif 2
sehingga Anda dapat mengukur
tingkat keberhasilan Anda.
Bacalah dengan cermat pernyataan,
pertanyaan, atau kasus yang disajikan,
kemudian silang huruf didepan
pilihan yang paling tepat untuk menjawab/
melengkapi pertanyaan/pernyataan
di atasnya.
1. Keterampilan mengadakan
pendekatan secara pribadi sangat bermanfaat dalam
usaha guru untuk ....
A. Memonitor pekerjaan kelompok
B. Mengarahkan murid belajar
C. Menciptakan hubungan yang
akrab dan sehat
D. Meningkatkan hasil belajar
murid
2. Berikut ini adalah
contoh-contoh keterampilan mengadakan pendekatan secara
pribadi, kecuali ....
A. Ketika Dorkas berbicara, Bu
Sarce mendengarkannya dan sekali-kali menganggukkan
kepala
B. Bu Tina menghampiri Ani yang
kelihatan kebingungan, lalu bertanya
dengan manis
C. Meskipun kelompok 5 tidak
ditunggui oleh Bu Inul, kelompok bekerja
terus, karena merasa Bu Inul tahu
apa yang dikerjakan oleh kelompok
D. Bu Marisa duduk di kelompok 1
dan ikut membahas topik yang dipilih oleh
kelompok 1
3. Keterampilan mengorganisasikan
kegiatan mencakup berbagai kegiatan berikut,
kecuali ....
A. Memberikan orientasi kegiatan
sebelum kelompok atau perorangan mulai
bekerja.
B. Menyiapkan murid untuk
mengikuti laporan pada akhir kegiatan
C. Membuat kegiatan yang
bervariasi lengkap dengan ruangan kerja, cara kerja,
dan waktu
D. Membagi-bagikan perhatian pada
tugas dan kebutuhan siswa, sehingga
dapat memberi bantuan secara
tepat
4. Berikut ini contoh
keterampilan mengorganisasikan kegiatan, kecuali ....
A. Pada awal pelajaran Pak Tino
mengumpulkan kelas 5 dan kelas 6 di satu
ruangan dan menyampaikan
tugas-tugas yang harus dilakukan oleh kelas 5
dan kelas 6
B. Pak Tino meminta kelas 5
membagi diri menjadi 4 kelompok dengan
menyuruh murid menghitung sampai
4
C. Pak Tino duduk di kelompok 2
dan memberikan penjelasan tentang akibat
kekurangan vitamin melalui tanya
jawab
D. Pada akhir kegiatan, Pak Tino
meminta kelas 5 dan kelas 6 berkumpul
kembali untuk melaporkan hasil
pekerjaan masing-masing
5. Keterampilan membimbing dan
memudahkan belajar sangat diperlukan guru pada
....
A. Awal sampai menjelang akhir
kegiatan
B. Menjelang awal kegiatan
C. Menjelang akhir kegiatan
D. Menjelang awal sampai akhir
kegiatan
6. Berikut ini adalah
contoh-contoh keterampilan melakukan supervisi proses lanjut,
kecuali ....
A. Pak Udin mengingatkan murid
agar memberskan laporan kelompoknya
karena 5 menit lagi kegiatn
kelompok akan dilanjutkan dengan laporan
B. Pak Udin membantu kelompok 2
yang sedang bertengkar, dengan meminta
kelompok menjawab pertanyaan yang
diajukannya, kemudian menyarankan
kelompok agar mulai pembahasan
dari awal
C. Kelompok 3 yang sedang
kebingungan karena menemui jalan buntu menjadi
hidup kembali setelah Pak Udin
langsung memimpin diskusi dalam kelompok
itu
D. Pak Udin mendatangi dan
membimbing Siti yang ternyata mengalami
kesulitan dalam menyimpulkan isi
bacaan
7. Kegiatan kulminasi berupa
laporan dan tanggapan, akan memberi kesempatan
kepada murid untuk ....
A. Mendemonstrasikan kemampuannya
B. Saling belajar
C. Saling mengkritik
D. Memberikan respon kepada
pekerjaan kelompok lain
8. Bu Tina meminta setiap murid
untuk menghitung jumlah soal yang dikerjakan
dengan benar. Kemudian Bu Tina
meminta murid menghitung tingkat keberhasilannya
dalam persen, dengan menggunakan
rumus dan contoh yang
diberikan. Contoh di atas
menunjukkan bahwa Bu Tina sedang menerapkan
keterampilan ...
A. Mengadakan pendekatan secara
pribadi
B. Mengorganisasikan kegiatan
C. Membimbing dan memudahkan
belajar
D. Merencanakan dan melaksanakan
kegiatan pembelajaran
9. Pak Ramon merangkap kelas 4
dan kelas 5, dan meminta bekerja dalam kelompok.
Namun ada 2 kelompok dari kelas 4
yang tidak segera mulai bekerja karena
masih bingung, tidak tahu harus
mulai dari mana. Sampai waktu yang disediakan
hampir habis, kedua kelompok
tersebut belum menghasilkan apa-apa, sedang-kan
Pak Ramon tetap duduk di pintu
penghubung sambil membaca. Pertanyaan:
Apa yang semestinya dilakukan Pak
Ramon agar kasus seperti di atas tidak terjadi
?
A. Menegur kelompok yang belum
mulai bekerja
B. Meminta murid kelas 5
mengawasi murid kelas 4
C. Melakukan supervisi proses
awal dengan berkunjung kekelompok pada awal
kegiatan kelompok
D. Melakukan supervisi proses
lanjut dengan jalan langsung membimbing
kelompok yang mendapat kesulitan
10. Pak Mawan yang sedang
mengajar kelas 5 dan kelas 6 menjadi bingung karena
tugas matematika yang dikerjakan
secara perorangan oleh kelas 6 tidak ada yang
benar. Demikian pula kelas 5 yang
diberi tugas dalam kelompok, tidak dapat
menyelesaikan tugasnya dengan
baik. Bahkan ada yang tidak menghasilkan apaapa.
Dikaitkan dengan keterampilan
mengajar kelompok kecil dan perorangan,
kemungkinan terjadinya kasus di
atas adalah karena Pak Mawan tidak menguasai
keterampilan berikut, kecuali ....
A. Memberikan orientasi kegiatan
sebelum kelompok/perorangan mulai
bekerja
B. Menunjukkan kepekaan dan
kehangatan terhadap kebutuhan murid
C. Melakukan supervisi proses
awal dan proses lanjut
D. Mengkoordinasikan kegiatan
dengan cara melihat kemajuan murid serta
penggunaan materi dan sumber
JAWABAN :
1. C Sasaran utama keterampilan
melakukan pendekatan secara pribadi adalah
membangun hubungan yang akrab dan
sehat
2. D Merupakan contoh
keterampilan melakukan supervisi lanjut
3. B Menyiapkan murid untuk
mengikuti laporan pada akhir kegiatan, termasuk
keterampilan melakukan supervisi
pemaduan
4. C Keterampilan ini termasuk
keterampilan melakukan proses lanjut
5. A Kegiatan akhir (kulminasi)
termasuk keterampilan mengorganisasikan kegiatan
6. A Contoh ini termasuk
keterampilan melakukan supervisi pemaduan
7. B Jawaban A dan D juga benar,
tetapi sudah tercakup dalam jawaban B, atau
yang paling diharapkan dari
kegiatan ini adalah “saling belajar”
8. D Membantu murid menilai
kemajuannya sendiri termasuk keterampilan
merencanakan dan melaksanakan
kegiatan pembelajaran.
9. C Supervisi proses awal
bertujuan untuk memantau apakah kelompok sudah
paham akan tugasnya dan sudah
mulai bekerja, atau apakah ada kelompok
yang memerlukan bantuan.
10. B Menunjukkan kepekaan dan
kehangatan terhadap kebutuhan murid tidak
langsung berkaitan dengan
kegagalan murid, Pak Anwar mungkin peka
UNIT 6
MENYUSUN RENCANA PEMBELAJARAN KELAS
RANGKAP ( RPKR )
SUBUNIT
1
Analisis
Kurikulum Pendidikan SD 2004 dan Prosedur Dasar Pengembangan Instruksional
Tes
Formatif 1
1. Kurikulum sebagai rencana pembelajaran
pada dasarnya merupakan ........
A. Beban dan waktu belajar yang
dipersyaratkan
B. Tuntutan belajar menurut murid
C. Tuntutan belajar menurut masyarakat
D. Beban dan waktu belajar minimal
Jawab : A. Beban dan waktu belajar yang
dipersyaratkan
2. Kurikulum merupakan pedoman bagi ....
A. Pengelola pendidikan
B. Para guru saja
C. Para guru dan murid
D. Guru, murid, dan pengelola
Jawab : D. Guru, murid, dan pengelola
3. Pengembangan murid sebagai pribadi ....
A. Tidak memerlukan kemampuan dasar
B. Memerlukan kemampuan dasar
C. Cukup kemampuan minimal
D.
Diserahkan kepada orang tua
Jawab : C. Cukup kemampuan minimal
4. Pelajaran matematika di Sekolah dasar
menitik beratkan pada ....
A. Semua konsep matematika
B. Kemampuan penalaran
C. Berhitung
D. Keterampilan menghitung
Jawab : C. Berhitung
5. Pelajaran PPKN SD 2004 menerapkan
pendekatan ....
A. Pengajaran tata negara Indonesia
B. Pendidikan Nilai Pancasila
C. Pemahaman konsep nilai Pancasila
D. Pembinaan disiplin nasional
Jawab : C. Pemahaman konsep nilai
Pancasila
6. Salah satu ciri dari pembelajaran bahasa
Indonesia menurut kurikulum 2004 adalah ....
A. Menitikberatkan pada keterampilan membaca
B. Menitikberatkan pada keterampilan menulis
C. Berorientasi pada pokok bahasan/tema
D. Berorientasi pada konsep kebahasaan
Jawab : C. Berorientasi pada pokok
bahasan/tema
7. Pelajaran IPS di Sekolah Dasar bertitik
tolak dari ....
A. Lingkungan
B. Konsep
C. Kebiasaan Hidup
D. Masalah sehari-hari
Jawab : B. Konsep
8. Salah satu ciri pembelajaran IPS di
Sekolah Dasar 2004 adalah ....
A. Berangkat dari konsep keilmuan sosial
B. Menerapkan pendekatan lingkungan meluas
C. Merujuk pada keterampilan sosial
D. Berorientasi pada siklus kehidupan
masyarakat
Jawab : B. Menerapkan pendekatan
lingkungan meluas
9.Pendekatan sistem dalam
penyusunan rencana pembelajaran bertolak dari dan merujuk kepada ....
A. Topik inti
B. Tujuan belajar
C. Buku pelajaran
D.
Sistem Sosial
Jawab : B. Tujuan belajar
10.Salah satu sifat dari
pendekatan sistem dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran ialah
....
A. Integrasi antar komponen pembelajaran
B. Saling keterkaitan antar komponen
pembelajaran
C. Peran penting dari penilaian
D.
Titik sentral pada proses belajar
Jawab : B. Saling keterkaitan antar
komponen pembelajaran
SUBUNIT
2
Perumusan Tujuan, Penataan Materi dan Kegiatan
Pembelajaran Kelas Rangkap
Tes Formatif 2
1. Topik pembelajaran kelas rangkap harus
diambil dari...
A. GBPP
B. Buku Pelajaran
C. Hasil Penataran
D. Masalah sehari-hari
Jawab : A. GBPP
2. Pemetaan topik menurut
arasnya berguna dalam menetapkan topik satu mata pelajaran yang dapat dibahas
secara...
A. Perseorangan
B. Kelompok dalam kelas tunggal
C. Rangkap kelas
D. Klasikal kelas tunggal
Jawab : B. Kelompok dalam kelas tunggal
3. Pemetaan topik menurut gugus berguna dalam
penetapan suatu topik PKR yang mencakup...
A. Satu kelas
B. Satu mata pelajaran
C. Lebih dari satu mata pelajaran
D. Lebih dari satu kelas
Jawab : C. Lebih dari satu mata
pelajaran
4. Dalam merencanakan PKR tujuan belajar yang
dirumuskan menurut...
A. Tingkatan kelas
B. Mata Pelajaran
C. Tingkatan kelas dan mata pelajaran
D. Mata pelajaran dan kegunaannya
Jawab : C. Tingkatan kelas dan mata
pelajaran
5. Rancangan kegiatan
pembelajaran dalam pembelajaran kelas rangkap berfungsi sebagai kerangka
berpikir guru dalam...
A. Menetapkan mata pelajaran yang akan
diajarkan
B. Memilih kelas-kelas yang akan dirangkap
C. Mengatur waktu dan tempat belajar
D. Menata keseluruhan interaksi belajar
mengajar
Jawab : D. Menata keseluruhan interaksi
belajar mengajar
6. Proses Belajar Arahan Sendiri (PBAS)
menitikberatkan pada kegiatan belajar murid yang...
A. Sepenuhnya diatur oleh murid
B.
Diarahkan oleh guru
C. Sepenuhnya diatur oleh guru
D. Sewaktu-waktu dikontrol oleh guru
Jawab : A. Sepenuhnya diatur oleh murid
7. Dalam merencanakan
pembelajaran kelas rangkap seharusnya memperhitungkan sumber belajar yang...
A. Sudah tersedia di sekolah
B. Dipunyai oleh semua murid
C. Tersedia di sekolah dan sekitarnya
D. Dipunyai oleh guru
Jawab : C. Tersedia di sekolah dan
sekitarnya
8. Dalam menetapkan media
belajar dalam pembelajaran kelas rangkap guru seharusnya mempertimbangkan
hal-hal sebagai berikut kecuali...
A. Jumlah murid yang dirangkap
B. Tujuan instruksional
C. Pengalaman guru dalam menggunakannya
D. Keadaan ruang belajar
Jawab : A. Jumlah murid yang dirangkap
9. Di sekolah kecil yang berada di daerah
terpencil sumber belajar...
A. Cukup menggunakan sumber
apa adanya
B. Dapat memanfaatkan siaran televisi
C. Harus memanfaatkan
lingkungan sekitar
D. Terserah pada kemauan
guru
Jawab
: C. Harus memanfaatkan lingkungan sekitar
10. Media belajar yang tepat guna adalah
yang...
A. Menggunakan listrik
B. Sesuai dengan instruksi Depdikbud
C. Ada di tempat dan sesuai tujuan
D.
Dibuat oleh ahli media
Jawab : C. Ada di tempat dan sesuai
tujuan
SUBUNIT
3
Perumusan Tujuan, Penataan Materi dan Kegiatan
Pembelajaran Kelas Rangkap
Tes Formatif 3
1. Terlaksana tidaknya jadwal pembelajaran
kelas rangkap harian perlu dilihat agar guru dapat ....
A. Melapor ke Kepala Sekolah
B. Melaksanakan PKR dengan baik
C. Memperbaiki jadwal berikutnya
D. Menyusun jadwal baru
Jawab : C. Memperbaiki jadwal
berikutnya
2. Terlaksana-tidaknya suatu proses
pembelajaran perlu dikaji oleh guru agar dapat melihat ....
A. Tercapai tidaknya tujuan
B. Terlaksana tidaknya rencana PKR
C. Berhasil tidaknya PKR
D. Puas tidaknya guru dan murid
Jawab : C. Berhasil tidaknya PKR
3. Mencatat materi pelajaran yang tidak bisa
diajarkan sangat penting untuk ....
A. Melihat siap tidaknya guru
B. Mencari sumber belajar berikutnya
C. Mengecek manfaat belajar
D.
Mencari sebab-sebabnya
Jawab
: D. Mencari sebab-sebabnya
4. Kegiatan yang tertunda harus dicatat oleh
guru sebagai bahan dalam ....
A. Merancang pembelajaran berikutnya
B. Mengisi buku harian guru
C. Mengisi waktu senggang murid
D. Memilih kegiatan yang bisa dikerjakan
Jawab : A. Merancang pembelajaran
berikutnya
5.Tugas-tugas yang
diberikan kepada murid untuk hari atau minggu berikutnya perlu dicatat oleh
guru agar ....
A. Murid-murid merasa senang
B. Orang tua murid dapat membantu
C. Tidak lupa mengecek hasilnya
D. Guru terbiasa mencatat tugas murid
Jawab : C. Tidak lupa mengecek hasilnya
6.Murid-murid yang belum
banyak melibatkan diri dalam kegiatan belajar perlu dicatat dan diperhatikan
oleh guru sebagai bahan dalam ....
A. Memilih tujuan yang dirumuskan
B. Menggunakan media
C. Mengatur pengelompokkan murid
D. Mengelola kelas
Jawab : D. Mengelola kelas
7. Menemukan dan mencatat
hal-hal yang perlu diperbaiki dalam PKR merupakan ciri bahwa guru PKR selalu
....
A. Berpikir negatif
B. Mengusahakan perbaikan
C. Menunggu perintah
D. Mengenang masa lalu
Jawab : B. Mengusahakan perbaikan
8. Hal-hal yang dirasakan
mengecewakan perlu dicatat oleh guru sebagai alat bagi guru dalam ....
A. Mencari penyebabnya
B. Mengoreksi diri sendiri
C. Menilai murid-muridnya
D. Menemukan akibatnya
Jawab : B. Mengoreksi diri sendiri
9.Guru yang membicarakan
apa yang ditemuinya dalam melaksanakan PKR dengan guru lain memberi tanda bahwa
guru tersebut ....
A. Kurang mampu
B. Tidak percaya diri
C. Bersifat terbuka
D.
Kurang kreatif
Jawab : C. Bersifat terbuka
10.Informasi yang diperoleh
dari pengalaman melaksanakan PKR dan digunakan oleh guru dalam memperbaiki
program PKR dinamakan ....
A. Masukan
B. Keluaran
C. Umpan balik
D.
Arus balik
Jawab : C. Umpan balik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar