Cari Data Lengkap

Sabtu, 19 Oktober 2013

Kapita Selecta


Nama Dosen              : Andi Adam, S.Pd., M.Pd


Tugas IV Soal Kapita Selecta
Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi yang dibagikan, silakan Anda kerjakan latihan berikut dan jawablah dengan mengacu pada bacaan yang dirujuk pada bahasan ini!

1.    Jelaskan karakteristik pembelajaran melalui pendekatan STM!
Jawab : yaitu, Dengan menggunakan sumber daya dan media yang mendukung terselenggaranya pembelajaran melibatkan siswa secara aktif dalam mencari informasi dan memecahkan masalah, menyediakan pembelajaran yang dapat dilakukan diluar dan didalam kelas, menekankan pada keterampilan proses, menciptakan kesempatan untuk membuka wawasan siswa dan memberikan pengalaman belajar siswa dalam memecahkan masalah.

2.    Apa yang harus dilakukan guru dalam menggunakan pendekatan STM?
Jawab :
a.       Menyediakan pengalaman belajar yang memungkinkan siswa bertanggung jawab dalam merencanakan aktivitas belajar, proses belajar serta hasil belajar yang diperolehnya. Dengan demikian menjadi jelas bahwa memberi penjelasan bukanlah tugas utama guru.
Memberikan sejumlah kegiatan yang dapat merangsang keingintahuan siswa dan mendorong mereka untuk meng-ekspresikan gagasan-gagasannya serta mengkomukasikan-nya secara ilmiah;
b.      Menyediakan sarana belajar yang merangsang siswa berpikir secara produktif. Guru hendaknya menciptakan rangsangan belajar melalui penyediaan situasi problematik yang memungkinkan siswa belajar memecahkan masalah
c.       Memonitor, mengevaluasi dan menunjukkan tingkat perkembangan berpikir siswa. Guru dapat menunjukkan dan mempertanyakan sejauh mana pengetahuan siswa untuk menghadapi persoalan baru yang berkaitan dengan pengetahuan yang dimilikinya.

3.    Bagaimana cara mendapatkan masalah atau topik yang tepat bagi siswa sekolah dasar untuk pembelajaran dengan pendekatan STM?.
Jawab : yaitu, siswa melalui aksi dan reaksinya sendiri berusaha memahami/mempelajari situasi baru atau yang merupakan masalah baginya. Dapat ditempuh dengan cara membaca buku, majalah, koran mendengarkan berita di radio, melihat TV, diskusi dengan sesama teman atau wawancara dengan masyarakat maupun melalui observasi langsung di lapangan. 

4.    Kembangkanlah contoh pembelajaran dengan pendekatan STM diSekolah Dasar.
Jawab : yaitu guru membawa beberapa Koran dan majalah ke kelas kemudian setiap kelompok mencari situasi baru atau yang merupakan masalah bagi siswa tersebut, kemudian setiap kelompok mendiskusikannya dengan teman kelompok mereka bagaimana akar masalahnya dan mencari solusi untuk masalah tersebut.

5.    Bagaimana cara mengevaluasi penggunaan pendekatan STM?
Jawab : yaitu, dengan cara menilai hasil eksplorasinya siswa menganalisis terjadinya fenomena dan mendiskusikan dengan temannya bagaimana cara pemecahan masalahnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar