Cari Data Lengkap

Sabtu, 19 Oktober 2013

Kapita Selecta


Nama Dosen              : Andi Adam, S.Pd., M.Pd
Mata Kuliah              : Kapita Selekta

Tugas II Soal Kapita Selecta
Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi yang dibagikan, silakan Anda kerjakan latihan berikut dan jawablah dengan mengacu pada bacaan yang dirujuk pada bahasan ini!

1.    Coba jelaskan pendekatan pembelajaran yang digunakan untuk mengajarkan Bahasa Indonesia di sekolah dasar?
Jawab : Pendekatan pembelajaran yang digunakan untuk mengajarkan Bahasa Indonesia di sekolah dasar yaitu,
a.       Pendekatan whole language: pandangan tentang hakikat belajar dan bagaimana mendorong proses trsebut agar siswa dapat belajar efektif dan efisien sehingga optimal (weaver, 1990)
b.      Pendekatan terpadu,
c.       Pendekatan komunikatif .

2.    Apa yang dimaksud dengan discovery - inquiry learning? Keterampilan proses apa yang dapat diharapkan melalui ke dua metoda tersebut dalam pembelajaran IPA?
Jawab : Discovery-Inquiry Learning adalah belajar mencari dan menemukan sendiri. Dalam system belajar mengajar ini guru menyajikan bahan pelajaran tidak dalam bentuk final, tetapi anak di didik diberi peluang untuk mencari dan menemukannya sendiri dengan mempergunakan teknik pendekatan pemecahan masalah.

3.    Jelaskan penggunaan metode  inquiry dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah dasar.
Jawab : Metode inquiry dalam pembelajaran Ilmu Pengetahua sosial di sekolah dasar yaitu, metode yang efektif dalam pembelajaran IPS ialah metode inquiry sosial, metode ini bertujuan untuk membangun teori, suatu pekerjaan berat yang biasanya dikerjakan oleh para ilmuan social. Akan tetapi mereka yakin bahwa metode inquiry ini perlu diajarkan pada anak sejak di tingkat pendidikan dasar agar mampu berfikir kritis. 

4.    Dalam memberikan pembelajaran menggambar di sekolah dasar pendekatan apa yang akan Anda berikan?
Jawab : yaitu pendekatan Inquiry, disini siswa didorong untuk belajar secara mandiri. Siswa belajar melalui keterlibatan aktif dengan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dan guru mendorong siswa untuk mendapatkan pengalaman dengan melakukan kegiatan yang memungkinkan mereka menemukan konsep yang akan digambarnya.

5.    Apakah metoda inquiry dapat diberikan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar? Jelaskan bagaimana caranya.
Jawab :  dapat, guru mendorong siswa untuk mendapatkan hasil yang akan dicari. Sehingga siswa dapat mendapatkan jawabannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar