Tugas
V Soal Kapita Selecta
Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi yang
dibagikan, silakan Anda kerjakan latihan berikut dan jawablah dengan mengacu
pada bacaan yang dirujuk pada bahasan ini!
1. Jelaskan karakteristik pembelajaran
melalui pendekatan terpadu!
Jawab
: pendekatan pembelajaran yang
melibatkan beberapa pelajaran atau sejumlah materi, kosep, aktivitas, yang
berhubungan untuk memberikan pengalaman yang bermakna pada siswa.
2. Kajilah contoh-contoh pembelajaran
terpadu yang tercantum dalam bacaan rujukan. Bagaimana cara pemilihan materi
pelajaran yang diberikan?
Jawab : yaitu :Dalam memilih materi
pembelajaran terpadu di sekolah dasar terdapat sejumlah aspek yang perlu
pertimbangan, di antaranya:
a.
Materi
yang dipilih memungkinkan terjadinya proses berpikir pada diri siswa serta
terkait dengan cara dan kebiasaan belajarnya.
b.
Ruang
lingkup materi disesuaikan dengan usia dan perkembangan siswa, termasuk minat
dan kemampuannya.
c.
Penetapan
materi dimulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa, dari hal-hal yang
termudah menuju yang sulit, dari hal yang sederhana menuju yang kompleks, dan
dari hal yang konkrit menuju yang abstrak.
3. Jelaskan penggunaan pendekatan
terpadu dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan Sastra.
Jawab : yaitu, Pembelajaran terpadu sebagai
suatu konsep merupakan pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa matapelajaran
untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi anak. Pembelajaran
terpadu diyakini sebagai pendekatan yang berorientasi pada
praktik pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak. Pembelajaran terpadu
secara efektif akan membantu menciptakan kesempatan yang luas bagi siswa untuk
melihat dan membangun konsep-konsep yang saling berkaitan. Dengan demikian,
pembelajaran akan memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami masalah
yang kompleks yang ada di lingkungan sekitarnya dengan pandangan yang utuh.
Dengan pembelajaran terpadu ini siswa diharapkan memiliki kemampuan untuk
mengidentifikasi, mengumpulkan, menilai dan menggunakan informasi yang ada di
sekitarnya secara bermakna. Hal itu dapat diperoleh tidak saja melalui
pemberian pengetahuan baru kepada siswa melainkan juga melalui kesempatan
memantapkan dan menerapkannya dalam berbagai situasi baru yang semakin beragam.
4. Kembangkanlah contoh pembelajaran
terpadu (lintas mata pelajaran) diSekolah Dasar Kelas V.
Jawab : yaitu : Pemanfaatan Multi Media Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan:
Konferensi jarak jauh (teleconference); konferensi jarak jauh dapat berupa konferensi audio maupun konferensi video. Kedua konferensi ini dapat dilakukan dengan cara "point to point" atau "multi point". Cara pertama dilakukan dalam dua tempat. Sedangkan cara kedua dilakukan dalam lebih dari dua tempat. Sebagai contoh, seorang guru dari sekolah tertentu dapat mendiskusikan suatu topik, dan praktek penguasaan baru, hanya mempunyai sedikit informasi tentang potensi dan penggunaan otentik dari ICT dalam pendidikan. Pengalaman menunjukkan bahwa pengenalan tentang teknologi di sekolah mengalami tiga fasa, yakni suatu tahap penggantian di mana praktek tradisional masih terjadi tetapi teknologi baru digunakan; suatu tahap transisi di mana praktek baru mulai muncul dan praktek lama dipertanyakan; dan suatu tahap transformasi di mana teknologi memungkinkan praktek baru dan siswa, guru, dan materi pembelajaran berbasis komputer. Komunikasi dapat dinamis dan bervariasi sesuai keinginan siswa dan guru, dan ia dapat terjadi dalam berbagai bentuk seperti e-mail, mailing list, chat, bulletin board, and konferensi komputer.TIK sudah menjadi suatu daya penggerak perubahan bidang pendidikan dan mereka adalah suatu bagian integratif dari kebijakan dan rencana pendidikan nasional. Bukti yang berkembang menunjukkan semakin banyak negara yang mulai melengkapi sekolah mereka di kelas tradisional, minat dan motivasi siswapun meningkat secara nyata. Para guru dan siswa terangsang karena pengajaran menjadi lebih dinamis yang memperluas visi mereka seperti halnya akses ke bahan belajar dan perangkat lunak bidang pendidikan yang bermutu tinggi. Lebih dari itu, para guru kelihatannya termotivasi untuk mengajar dengan lebih kreatif. Portal pembelajaran menghubungkan para guru kepada sejumlah racangan pelajaran, panduan guru, dan soal-soal latihan siswa.
Konferensi jarak jauh (teleconference); konferensi jarak jauh dapat berupa konferensi audio maupun konferensi video. Kedua konferensi ini dapat dilakukan dengan cara "point to point" atau "multi point". Cara pertama dilakukan dalam dua tempat. Sedangkan cara kedua dilakukan dalam lebih dari dua tempat. Sebagai contoh, seorang guru dari sekolah tertentu dapat mendiskusikan suatu topik, dan praktek penguasaan baru, hanya mempunyai sedikit informasi tentang potensi dan penggunaan otentik dari ICT dalam pendidikan. Pengalaman menunjukkan bahwa pengenalan tentang teknologi di sekolah mengalami tiga fasa, yakni suatu tahap penggantian di mana praktek tradisional masih terjadi tetapi teknologi baru digunakan; suatu tahap transisi di mana praktek baru mulai muncul dan praktek lama dipertanyakan; dan suatu tahap transformasi di mana teknologi memungkinkan praktek baru dan siswa, guru, dan materi pembelajaran berbasis komputer. Komunikasi dapat dinamis dan bervariasi sesuai keinginan siswa dan guru, dan ia dapat terjadi dalam berbagai bentuk seperti e-mail, mailing list, chat, bulletin board, and konferensi komputer.TIK sudah menjadi suatu daya penggerak perubahan bidang pendidikan dan mereka adalah suatu bagian integratif dari kebijakan dan rencana pendidikan nasional. Bukti yang berkembang menunjukkan semakin banyak negara yang mulai melengkapi sekolah mereka di kelas tradisional, minat dan motivasi siswapun meningkat secara nyata. Para guru dan siswa terangsang karena pengajaran menjadi lebih dinamis yang memperluas visi mereka seperti halnya akses ke bahan belajar dan perangkat lunak bidang pendidikan yang bermutu tinggi. Lebih dari itu, para guru kelihatannya termotivasi untuk mengajar dengan lebih kreatif. Portal pembelajaran menghubungkan para guru kepada sejumlah racangan pelajaran, panduan guru, dan soal-soal latihan siswa.
5. Bagaimana cara mengevaluasi pembelajaran
dengan pendekatan terpadu ?
Jawab : Penilaian pembelajaran terpadu
menyangkut tiga ranah pembelajaran yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Selain ketiga ranah tersebut dilakukan pengukuran dan penilaian terhadap
kecakapan abad 21 dan karakter yang dikembangkan. Penilaian dilakukan dalam
keseluruhan proses dan hasil pembelajaran. Penilaian proses dilakukan pada
waktu proses pembelajaran sedang berlangsung. Pelaksanaan penilaian dalam
pembelajaran terpadu meliputi : penguasaan materi ajar, karakter yang
dikembangkan, pemikiran tingkat tinggi, kecakapan abad 21. Penilaian penguasaan
materi ajar dilakukan dengan tes (formatif dan sumatif), dan non tes. Tes
berarti secara periodik dilakukan pengecekan penguasaan materi. Non dilakukan
dengan mengecek isi dari kegiatan siswa. Pemantauan karakter dilakukan dengan
observasi dan wawancara. Pemantauan kemampuan berpikir tingkat tinggi dilakukan
dengan pengamatan dan praktik penerapan pemahaman siswa terhadap materi ajar
secara terpadu antar mata pelajaran. Pemantauan penguasaan abad 21 dilakukan
dengan mengevaluasi kecakapan yang diperlukan dalam kehidupan nyata.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar