Cari Data Lengkap

Sabtu, 19 Oktober 2013

Jawaban Modul Kelas Rangkap


UNIT 1
HAKIKAT PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
Sub Unit1
Hakikat Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR)
Pembelajaran Kelas Rangkap 1 - 9
Latihan
Untuk memantapkan pemahaman Anda tentang materi sub unit 1, silakan
kerjakan latihan berikut.
1.    Diskusikan dengan teman-teman, bagaimana pendapat Anda tentang perangkapan kelas, dan mengapa hal itu bisa terjadi?
2.    Apakah perangkapan kelas juga merupakan salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan di daerah? Berilah alasan Anda
3.    Kemampuan khusus apa apakah yang Anda perlukan, agar PKR dapat dilaksanakan dengan baik? Berilah penjelasan.
Jawaban :
1.    PKR adalah suatu bentuk pembelajaran yang mempersyaratkan seorang guru mengajar dalam satu ruang kelas atau lebih, dalam waktu yang sama, dan menghadapi dua atau lebih tingkat kelas yang berbeda. PKR juga mengandung arti bahwa, seorang guru mengajar dalam satu ruang kelas atau lebih dan menghadapi murid-murid dengan kemampuan belajar yang berbeda. PKR dapat terjadi karena beberapa alasan. Seperti alasan geografi, alasan demografi, kekurangan guru, keterbatasan ruang kelas hingga lasan ketidakhadiran guru. Akan tetapi, alasan yang paling utama mengapa PKR ini digunakan karena factor efisiensi waktu dan financial. PKR menjafi solusi yang tepat, menginggat kondisi beberapa Negara seperti Indonesia yang masih memiliki banyak kekurangan alasan yang telah disebutkan diatas. Factor utamanya adalah kekurangan modal pendidikan, sehingga memicu alasan – alasan lainnya sehingga mengharuskan PKR itu dilaksanakan.
2.    Iya. Hal ini disebabkan karena PKR tidak selamanya dapat sukses, tergantung kondisi siswa tersebut. Di daerah yang sangat minim sumber ilmu, guru adalah sumber ilmu utama mereka sehingga sangat susah sekali mengembangkannya. Ditambah pelaksanaan PKR, guru harus menyamakan metode pembelajaran mereka kepada semua murid yang mereka ajar, akan tetapi tidak semua dari murid tersebut nyaman dan sesuai dengan metode yang diberikan oleh guru tersebut. sehingga dalam prosesnya ada murid yang berkembang pesat karena memang menyukai metode tersebut, dilain pihak ada yang sangat lamban karena tak menyukai metode tersebut. hal ini dapat dikategorikan sebagai penyebab rendahnya mutu pendidikan. Sekali lagi hanya pada beberapa daerah yang memiliki sumber ilmu yng minim, yang hanya berpusat pada sang guru. Pada daerah lain yang sumber ilmunya telah banyak, seperti kota metropolitan yang anak – anaknya memiliki keahlian untuk menggunakan gadget seperti computer, atau smartphone yang memiliki aplikasi internet maka mereka lebih banyak memiliki sumber ilmu karena mampu mencari apa saja yang mereka ingin tahu melalui internet tanpa harus bertanya pada guru mereka.
3.    Kemampuan yang paling penting agar PKR dapat berlangsung dengan baik adalah kemampuan berkomunikasi yang baik dengan sang murid. Hal ini penting karena lebih dari satu anak yang akan diajar, jadi perlu interaksi yang lebih luas pada banyak murid. Selain itu, guru harus memiliki kepekaan pada tingkah laku muridnya, apakah sang murid merasa nyaman dengan metode yang mereka gunakan. Apabila tidak, ganti dengan yang lain sehingga tercipta kenyaman antara kedua belah pihak. Kemampuan yang tak kalah penting yang harus dimiliki adalah kemampuan membuat ide-ide baru sehingga murid tidak selalu bosan dengan cara mengajar sang guru.

Tes Formatif 1
Pembelajaran Kelas Rangkap 1 - 11
Untuk menguji tingkat pemahaman Anda terhadap materi sub unit 1 ini,
kerjakan tes formatif 1.
Bacalah setiap pernyataan/pertanyaan dibawah ini
1.        Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) adalah bentuk pembelajaran yang mempersyaratkan guru dalam waktu yang bersamaan mengajar di…
A.    dua kelas dalam satu ruang
B.     dua kelas atau lebih dalam satu atau lebih ruangan
C.     satu kelas dengan kemampuan yang berbeda dan berada dalam satu ruangan
D.    dua kelas dalam dua ruangan
Jawaban : B
2.      PKR diterapkan karena berbagai alasan, terutama karena adanya kekurangan…
A.    guru
B.     ruangan
C.     murid
D.    sarana
Jawaban : A
3.      PKR mempunyai manfaat praktis sebagai berikut, kecuali…
A.    dapat mendidik murid yang mampu mandiri
B.     ekonomis
C.     menghemat waktu dan tenaga
D.    dapat meningkatkan jumlah dan memeratakan kesempatan belajar
Jawaban : C
4.      Istilah pembelajaran mengandung makna bahwa belajar terjadi dengan…
A.    bimbingan guru
B.     bimbingan tutor
C.     berbagai cara, dengan atau tanpa guru
D.    berbagai cara yang ditetapkan oleh guru
Jawaban : C
5.      Sebagai salah satu bentuk pembelajaran, PKR mengikuti prinsip-prinsip pembelajaran secara umum, prinsip-prinsip tersebut antara lain sebagai berikut kecuali…
A.    guru harus memperhatikan kemampuan murid yang berbeda-beda
B.     pembelajaran sebaiknya dilakukan dalam kelompok kecil
C.     guru harus berusaha meningkatkan keaktifan murid
D.    penguatan dapat meningkatkan motivasi murid dalam belajar
Jawaban : B
6.      Secara khusus, PKR mempunyai prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali…
A.  kadar tinggi WKA
B.  keserempakan kegiatan belajar-mengajar
C.  kontak psikologis guru-murid yang berkelanjutan
D.  guru berperan sebagai fasilitator
Jawaban : D
7.      Kadar tinggi WKA ditentukan oleh berbagai factor antara lain…
A.  banyaknya waktu menunggu
B.  kualitas dan kuantitas pengalaman belajar
C.  jumlah waktu yang digunakan untuk menyelesaikan tugas rutin
D.  kualitas dan jumlah pesan kurikulum yang disampaikan guru
Jawaban : B
8.      Ibu Santi yang merangkap kelas IV dan kelas V segera pergi membantu kelompok kelas IV ketika beliau melihat kelompok ini sedang bertengkar, keadaan ini mencerminkan salah satu prinsip PKR, yaitu…
A.  kontak psikilogis guru murid yang berkelanjutan
B.  keserempakan kegiatan belajar-mengajar
C.  kebiasaan mandiri
D.  pemanfaatan sumber secara efisien
Jawaban : A
9.      Bapak Marthen yang sedang merangkap kelas III dan kelas IV meminta beberapa murid kelas IV yang pandai untuk membantu beberapa temannya menyelesaikan tugas yang diberikan. Tindakan pak Marthen ini mencerminkan salah satu prinsip PKR, yaitu…
A.  kadar tinggi WKA
B.  kebiasaan mandiri
C.  keserempakan kegiatan belajar-mengajar
D.  pemanfaatan sumber secara efisien
JAwaban : D
10.  Mealui PKR dapat ditanamkan kebiasaan mandiri pada diri murid karena dalam PKR, murid lebih banyak mendapat kesempatan untuk…
A.  bertanggung jawab dalam penyelesaian tugasnya
B.  belajar sesuai dengan keinginannya
C.  membantu guru
D.  membantu teman
Jawaban : A

Sub Unit 2
Gambaran PKR yang Ideal dan Praktik yang Terjadi di Lapangan
Latihan
1 - 24 Pembelajaran Kelas Rangkap
Setelah Anda membaca uraian materi pada sub unit 2, kerjakanlah latihan
berikut ini, agar pemahaman Anda menjadi lebih baik. Selamat bekerja dengan
teman.
1.    Apakah pembelajaran kelas rangkap dilaksanakan dalam satu ruang kelas atau lebih? Berilah alasan Anda bila PKR dapat dilaksanakan dalam satu ruang dan juga berilah alasan bila PKR dapat dilaksanakan dalam dua atau lebih ruang kelas.
2.    Sebutkan dan jelaskan kesulitan-kesulitan yang Anda hadapi apabila Anda melaksanakan pembelajaran kelas rangkap.
3.    Selama Anda mengajar satu atau dua jam pelajaran pada dua kelas yang berada di dua ruangan, berapa waktu yang terbuang begitu saja? Dan kapankah Anda paling banyak melakukan pemborosan waktu tersebut?
4.    Cobalah minta teman Anda mengamati cara mengajar Anda dengan praktik PKR, kemudian hasilnya diskusikan bersama, sudahkah Anda melaksanakan PKR dengan benar?

JAWABAN :
1.      Satu ruangan. Alasannya proses belajar dapat  berlangsung serempak, apalagi murid yang berbeda tingkat kelas ada dalam satu ruang. Gangguan yang muncul tidak terlalu serius sebab ketika guru menerangkan murid dari kelas lain berada di sudut ruang yang lain. Tidak ada pemborosan waktu karena guru tidak mondar-mandir pindah kelas.
2.      Kesulitan-kesulitan yang Anda hadapi apabila Anda melaksanakan pembelajaran kelas rangkap, yaitu:
1.      Kesulitan pemilihan metode mengajar. Masalah ini hampir dirasakan oleh semua guru yang mengajar kelas rangkap, karena jumlah murid yang realitif banyak disertai dengan tingkatan kelas yang berbeda tentu saja sangat kesulitan untuk mencari metode yang tepat untuk kelas tersebut.
2.      Kesulitan berkomunikasi. Masalah ini sulit dipecahkan bila sang guru tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan banyak siswa. Karena PKR menuntut agar guru mampu berkomunikasi dengan banyak siswa agar proses belajar-mengajar berjalan dengan baik.
3.    15 – 20 menit. Waktu ini terbuang akibat mondar-mandir pindah kelas. Dalam dua jam pelajaran minimal guru mondar mandir sebanyak tiga kali. Mengabsen, menjelaskan materi, memberi tugas, memeriksa tugas, member pekerjaan rumah, hingga memeriksa keadan murid adalah alasan mondar – mandir guru pada dua jam pelajaran tersebut.
4.    Tidak ada PKR yang mampu dilakukan dengan 100% benar, masih banyak kesalahan – kesalahan kecil yang sering dilakukan kala melakukan praktek PKR. Akan tetapi, yang perlu digarisbawahi adalah bagaimana membuat PKR yang ideal untuk sang guru dan murid yang diajarnya. Kemampuan melaksanakan PKR yang kami lakukan mungkin masih jauh dari kata PKR sempurna, karena sesungguhnya PKR bukan metode pendidikan yang sempurna. Kami semaksimal mungkin melaksankan PKR yag benar – benar ideal untuk kami dan untuk murid kami sehingga proses belajar-mengajar dapat berlangsung sebagaimana mestinya dan dpat bermanfaat untuk kedua belah pihak yang melaksanakannya.

Tes Formatif 2
Pembelajaran Kelas Rangkap 1 - 25
Untuk mengukur tingkat keberhasilan Anda, kerjakanlah tes formatif 2 berikut ini dengan baik.
Bacalah setiap pernyataan/pertanyaan di bawah ini kemudian berilah tanda silang(X) pada jawaban yang Anda anggap benar.
1.    Seorang guru mengajar dengan merangkap kelas 3 dan kelas 4. Guru masuk di kelas 3 dan mulai menjelaskan konsep, sementara kelas 4 menunggu, setelah selesai guru baru masuk ke kelas 4, sementara kelas 3 menyalin dari papan tulis. Peristiwa itu tidak sesuai dengan prinsip PKR yang ideal karena ….
A.  murid tidak aktif belajar
B.  pelajaran terjadi secara bergilir
C.  guru banyak mondar-mandir
D.  murid belajar dalam dua ruang kelas
2.    Berkaitan dengan peristiwa pembelajaran pada no 1, kelas 4 harus menunggu bebrapa saat sehingga……
A.  murid menjadi rebut
B.  kadar WKA rendah
C.  suasana kelas tidak menyenangkan
D.  sumber belajar tidak dimanfaatkan
3.    Penerapan PKR yang ideal akan memungkinkan terciptanya hal-hal berikut, kecuali…..
A.  terjadinya kerjasama antar murid
B.  adanya persaingan yang sehat
C.  murid merasa tertantang untuk belajar
D.  beban guru menjadi ringan
4.    Menyuruh murid menyalin selama 30 menit dari papan tulis dapat mengurangi kadar WKA karena…..
A.  menyalin tidak ada manfaatnya
B.  murid cepat menjadi bosan
C.  memboroskan waktu dan murid tidak belajar
D.  menyalin dapat dilakukan di rumah
5.    Guru yang menerapkan PKR yang ideal, di awal pembelajaran bertanya pada murid tetapi hamper tak ada kaitannya dengan materi saat itu. Untuk apakah hal itu dilakukan?
A.  mengulur waktu mengajar
B.  Untuk menyiapkan mental anak terhadap pelajaran hari itu
C.  agar murid terbiasa menjawab pertanyaan
D.  agar murid memahami materi materi yang telah disampaikan
6.    Sudut sumber belajar yang ditata oleh guru dapat digunakan untuk…..
A.  hiasan ruang kelas
B.  menerapkan konsep belajar sendiri dan pemecahan masalah
C.  menyalurkan keinginan guru
D.  khusus praktik IPA
7.    Yang dimaksud guru sebagai perancang kurikulum adalah….
A.  guru PKR harus memilih butir kurikulum yang perlu penekanan
B.  guru PKR dapat mengusulkan untuk ikut merancang kurikulum
C.  guru sebagai pelaksana kurikulum
D.  guru PKR dapat merancang kurikulum baru
8. Guru sebagai administrator, artinya…..
A. guru merencanakan dan mengatur kelas serta jadwal pelajaran agar mencapai hasil yang      maksimal.
B. guru merangkap sebagai tata usaha
C. administrasi harus dikerjakan oleh guru
D. administrasi merupakan tugas tambahan guru selain mengajar
9. Dalam PKR guru dapat memanfaatkan murid sebagai tutor. Hal ini dapat dilakukan sehingga murid yang padai dapat….
A. menunjukkan kelebihannya
B. meringankan beban guru mengajar
C. membantu murid pada kelas yang lebih rendah atau murid di kelas yang sama
D. menggantikan peran guru jika guru tidak hadir
10.Guru PKR juga dapat mendatangkan ‘orang sumber’ untuk melatih murid membuat suatu keterampilan dari bambu. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa guru…..
A. mengetahui sumber-sumber yang ada di desa
B. tidak mampu mengajar keterampilan dari bambu
C. mempunyai kemampuan terbatas
     D. dapat memanfaatkan sumber daya yang ada di desa

JAWABAN :
1. B Guru mula-mula mengajar di kelas 5, lalu pindah ke kelas 4.
2. B Karena waktu banyak terbuang.
3. D PKR tidak membuat beban guru menjadi ringan
4. C Yang paling tepat
5. B Merupakan pendahuluan
6. B Merupakan tujuan dari sudut sumber belajar
7. A Merupakan tugas guru dalam menterjemahkan kurikulum
8. A Tugas administrator menata/mengatur
9. C Murid sebagai tutor kakak atau tutor sebaya
10. D Guru memanfaatkan sumber daya di lingkungannya

 
UNIT 2
Model Pengelolaan Dan Pembelajaran Kelas Rangkap
Sub Unit 1
Prinsip dan Model pengelolaan Pembelajaran Kelas Rangkap

Latihan
HAL 2 - 6
Tiga model dasar dalam pengelolaan pembelajaran kelas rangkap telah kita
bahas bersama. Masing-masing mepunyai keunggulan dan kelemahan. Sebagai
latihan cobalah Anda menganalisis keunggulan dan kelemahan pada setiap model
PKR tersebut.
1. Kelebihan dan kekurangan Kelas Rangkap  Model 221
          Kelebihan Kelas Rangkap  MODEL 221 ( PKR INTI )
a.       Guru atau tim mengelola para siswa dari 2 tingkatan kelas yang berbeda, dengan fokus 2 mata pelajaran baik yang sama atau berbeda dalam 1 ruangan.
b.      Model ini bisa efektif apabila jumlah siswa yang terdiri dari 2 tingkatan kelas tersebut tidak terlalu banyak (maksimum 25 siswa untuk masing-masing tingkatan kelas) dengan suatu ruangan yang cukup luas.
c.       Dengan pembelajaran terpadu model terjala atau tema, guru bisa mengembangkan 2 mata pelajaran dengan topik yang sama atau berkaitan melalui sebuah tema yang menarik
KELEMAHAN KELAS RANGKAP MODEL 221 ( PKR INTI )
a.       Jika Siswa dalam 1 kelas jumlahnya lebih dari 25 siswa maka kelas PKR harus dibagi menjadi 2 kelas.
b.      Jika guru menggunkan model ini, guru harus menyiapkan dua kelas pembelajaran kelas rangkap model 221, dan memecah masing-masing dua tingkatan kelas yang akan dicampur menjadi 2 sehingga ruangan tidak terlalu penuh, dan akan mengakibatkan pembelajaran tidak efektif.
c.       karena ada 2 kelas pembelajaran kelas rangkap model 221 ini, maka guru yang harus mengelolanyapun harus dua orang guru atau dua tim guru.  
2. Kelebihan dan kekurangan Kelas Rangkap Model 222
          KELEBIHAN KELAS RANGKAP  MODEL 222 ( PKR MODIFIKASI )
a.       Pengelolaan model 222 pembelajaran kelas rangkap dilakukan oleh tim guru sehingga bisa saling membantu.
b.      Guru atau dalam tim mengelola para siswa dari 2 tingkatan kelas yang berbeda, dengan fokus pada 2 mata pelajaran yang berbeda atau sama pada 2 ruangan kelas yang bersebelahan dan dihubungkan dengan adanya pintu.
c.       Guru mengelola dua kelas sekaligus dalam waktu yang bersamaan

          KELEMAHAN KELAS RANGKAP MODEL 222 ( PKR MODIFIKASI )
a.       Model 222 lebih rumit dibandingkan dengan model 221, di mana guru harus mengelola dua kelas sekaligus dalam waktu yang bersamaan.
b.      guru menunjuk para siswa yang lebih tua dan mempunyai kemampuan yang lebih dari siswa lainnya untuk membantu mengelola pembelajaran.
3. Kelebihan dan kekurangan Kelas Rangkap Model 333
          KELEBIHAN KELAS RANGKAP  MODEL 333 ( PKR MODIFIKASI )
a.       Dalam model 333 guru mengelola tiga tingkatan kelas yang berbeda dengan tiga mata pelajaran yang sama atau berbeda dalam tiga ruangan secara bersamaan.
b.      Para siswa terkondisi untuk belajar secara indenpenden, karena para gurunya   mendidik mereka untuk mengembangkan sikap independen dan efisien dalam belajar.
c.      Berkembangnya perasaan bangga dalam diri para siswa karena mereka merasa lebih puas sekalipun sedikit mengalami friksi dalam kegiatan belajarnya di bandingkan para siswa sekelas yang hanya terdiri satu tingkatan.
d.     Peserta didik mengembangkan sikap positif tentang saling membantu sama yang lain.
e.      Para siswa yang belajar dalam kelas rangkap akan lebih berkembang dengan perpaduan antara strategi pembelajaran kelas rangkap, pembelajaran kooperatif, kelompok yang beragam, tugas-tugas yang menunjang perkembangan, pendekatan tutor multiusia, waktu yang luwes dan evaluasi yang positif

          KELEMAHAN KELAS RANGKAP MODEL 333 ( PKR MODIFIKASI )
a.       Untuk mengelola model 333 ini diperlukan tim guru paling tidak terdiri dari 2 orang guru.
b.      Keterbatasan berbagai sumber belajar untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran terutama yang berupa buku-buku teks, bahan belajar yang lainnya dan alat bantu mengajar.
c.       Bisa saja siswa yang lebih muda merasa ditakut-takuti, atau dilampaui oleh teman sekelasnya yang lebih mampu, dan mereka menjadi sangat tergantung pada siswa yang lebih tua untuk memberikan pertolongan sedangkan untuk para siswa yang lebih tua mereka merasa tidak tertantang dan menjadi lebih berkuasa yang dibawahnya.


Tes Formatif 1
HAL 2 - 8
Setelah membaca rangkuman, kerjakanlah Tes Formatif 2, sehingga Anda
dapat mengukur tingkat keberhasilan Anda.
Berilah tanda silang(X) pada huruf A, B, C, atau D di depan jawaban yang
menurut pendapat Anda paling benar.
1. Dilihat dari sasaran belajarnya PKR mempunyai ciri khas yaitu adanya…….
A. perbedaan isi pembelajaran
B. variasi tingkat kemampuan
C. tuntutan pengelompokan yang homogen
D. sasaran belajar yang berjenjang
2. Dilihat dari kadar isinya inti persoalan pengelolaan pembelajaran adalah …….
A. dana yang dikeluarkan
B. manfaat sumber daya manusia
C. tujuan secara optimal
D. rencana pembelajaran
3. Kualitas pembelajaran tergantung dari hal-hal sebagai berikut, kecuali………..
A. gaji guru dan kesejahteraan keluarganya
B. penguasaan bahan pelajaran
C. kemahiran metodologis pembelajaran
D. kepedulian terhadap peserta didik
4. Model PKR 221 lebih cocok untuk pembelajaran mata pelajaran yang
topiknya……
A. bertentangan
B.berhubungan
C. berjenjang –naik
D. berjenjang-meluas
5. Murid harus selalu diupayakan agar merasa bersama dengan gurunya dalam
belajar, hal ini termasuk prinsip …….
A. Overlappingness
B. alertness
C. withitness
D. dependence
6. Model PKR 222 dan PKR 333 lebih cocok dalam pembelajaran mata pelajaran
yang topic-topiknya……..
A. berjenjang –naik
B. berjenjang-meluas
C. berdiri sendiri
D. berkaitan
7. Dalam mengorganisasikan kegiatan inti PKR model manapun diperlukan
penerapan prinsip-prinsip berikut, kecuali………
A. aneka media dan sumber
B. aneka kegiatan dan tugas belajar
C. variasi waktu belajar
D. diversifikasi, interaksi belajar
8. Dalam pelaksanaan model PKR 222 dan PKR 333 perpindahan guru dari kelas
satu ke kelas lainnya sebaiknya……
A. berjarak waktu yang sama
B. terserah guru saja
C. tergantung pada kemauan murid
D. sesuai dengan kebutuhan pembelajaran
9. Proses saling membimbing antar murid dalam PKR perlu digalakkan untuk…….
A. menggantikan tugas guru
B. mengatasi kekurangan sumber
C. meningkatkan pemahaman
D. mengurangi kejenuhan
10. Salah satu keunggulan dari model PKR 333 adalah dampak belajar berupa…..
A. korelasi pemahaman
B. saling ketergantungan
C. pengisian waktu senggang
D. kemandirian belajar

JAWABAN :
1. B Pembelajaran memperhatikan tingkat kemampuan siswa dan kelas
2. B Pengelolaan memanfaatkan potensi sumber daya yang tersedia
3. A Gaji dan kesejahteraan keluarga tidak berhubungan langsung
4. B Topik yang berhubungan cocok untuk satu ruangan
5. C Berarti suasana murid merasa dekat dengan gurunya
6. C Cocok untuk pengelolaan dua atau lebih ruangan
7. C Waktu harus sama agar pengelolaan lebih baik
8. D Disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran
9. C Dapat mendorong pemahaman bersama tentang materi pelajaran
10.D Masing-masing kelas dapat meningkatkan kemandiriannya

Sub Unit 2
Prinsip Didaktik-Metodik dan Prosedur Dasar PKR

Tes Formatif 2
HAL 2-25
Untuk mengetahui tingkat penguasaan Anda pada materi sub unit 2 ini,
kerjakan tes formatif berikut ini.
Berilah tanda silang(X) pada huruf A,B,C, atau D di depan pilihan jawaban
yang menurut pendapat Anda paling benar.

1. Sisi keilmuan dari mengajar berkenaan dengan……..
A. buku-buku yang dimiliki oleh guru
B. cara membelajarkan murid
C. suasana kelas yang menarik
D. teori mengajar yang dipakai
2. Sisi kiat atau seni mengajar antara lain terwujut dalam penampilan mengajar guru
sebagai hasil proses …..
A. pengalaman
B. pengertian
C. pembiasaan
D. penghayatan
3. Memberi acuan belajar PKR dapat diwujutkan dalam bentuk…….
A. pembagian ruang masing-masing kelas
B. pengaturan alat dan sumber belajar
C. pemberian tugas yang berbeda antar kelas
D. penunjukan tutor sebaya
4. Salah satu keuntungan dari pembukaan kelas PKR secara bersama untuk beberapa
kelas adalah……
A. menghemat waktu belajar yang terbuang
B. meningkatkan keterlibatan murid
C. menyederhanakan tugas guru
D. mempersingkat waktu belajar
5. Rasa penasaran murid dapat dibangkitkan dengan cara……..
A. mengajukan pertanyaan
B. menyajikan informasi yang cukup
C. memberi tugas secara individual
D. menyajikan situasi penuh tanda Tanya
6. Inti dari proses belajar adalah…….
A. penyampaian pengetahuan
B. penerimaan kebudayaan
C. perubahan perilaku
D. perwujudan motivasi
7. Supaya pembelajaran lebih manusiawi maka para siswa perlu……
A. selalu mendapat bimbingan
B. sewaktu-waktu diberi pujian
C. diberi kesempatan bertanya
D. didorong belajar atas arahan sendiri
8. Pemusatan perhatian murid dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain……
A. guru berbicara dengan keras
B. mengemukakan masalah
C. menunjuk murid yang pandai
D. mengajak bernyanyi
9. Untuk dapat mencapai waktu belajar efektif guru PKR sebaiknya……
A. memiliki jam tangan
B. mengajar lebih lama
C. terampil mengelola kelas
D. mengurangi waktu bicara
10. Guru PKR yang baik ditandai oleh……
A. perhatian terpusat pada murid yang bodoh
B. perhatian lebih banyak pada materi pelajaran
C. perhatian yang terbagi pada semua murid
D. perhatian lebih banyak pada tugas-tugas murid

JAWABAN :
1. D Teori mengajar dasar keilmuan guru
2. A Seni dibangun dari pengalaman guru mengajar dan membelajarkan
3. C Dapat memicu proses belajar murid
4. A Karena tidak ada kelas yang menunggu giliran
5. D Dapat mendorong siswa mencari jawaban
6. C Perubahan perilaku adalah tujuan belajar
7. D Belajar atas arahan sendiri murid lebih percaya diri
8. B Perhatian muridterarah pada masalah yang disajikan
9. B Pengelolaan kelas yang baik dapat meningkatkan belajar murid
10. D Guru harus memperhatikan apa yang dilakukan murid

Sub Unit 3
Aneka Model Interaksi Kelas Dalam PKR

Tes Formatif 3
HAL 2-34
Nah, setelah Anda menyelesaikan pengkajian materi pada sub unit 3 ini,
kerjakan tes formatif 3 berikut ini untuk mengetahui tingkat keberhasilan Anda.
Berilah tanda silang(X) pada huruf A, B, C, dan D di depan jawaban yang
menurut pendapat Anda paling benar!
1. Dalam PKR setiap hari seorang guru menghadapi ……
A. sekelompok murid dalam satu kelas
B. beberapa kelas untuk satu mata pelajaran
C. lebih dari satu kelas dalam satu ruangan
D. satu kelas untuk beberapa mata pelajaran
2. Dalam melaksanakan PKR seorang guru ……..
A. tidak perlu menyusun jadwal harian
B. menggunakan jadwal harian umum
C. tidak memerlukan jadwal harian
D. harus menyusun jadwal harian khusus
3. Proses Belajar Arahan Sendiri cenderung lebih banyak tergantung pada…..
A. Petunjuk Kepala Sekolah
B. petunjuk dan control guru
C. arahan guru dan inisiatif murid
D. inisiatif murid disertai bimbingan guru
4. Inti dari Proses Belajar Melalui Kerja Sama adalah……
A. saling ketergantungan antar murid
B. kebersamaan dalam belajar
C. semangat belajar kelompok
D. penghematan tenaga guru
5. Untuk mendukung pelaksanaan PBAS diperlukan…..
A. guru yang serba tahu
B. aneka ragam sumber belajar
C. Lingkungan yang mendukung
D. Waktu belajar yang panjang
6. Titik berat dari model belajar Olah Pikir Sejoli adalah ……..
A. interaksi guru murid
B. dialog kelompok kecil
C. dialog pasangan murid
D. interaksi antar kelompok murid
7. Dalam belajar Konsultasi Intra Kelompok proses belajar berlangsung melalui……
A. Tanya jawab antar murid
B. pemanfaatan sumber belajar bersama
C. pemecahan masalah dalam kelompok
D. kelompok dinamik dengan menggunakan sumber belajar
8. Murid kelas yang lebih tinggi membantu murid kelas yang lebih rendah dalam
situasi PKR. Situasi seperti ini dapat dilakukan dengan menggunakan format
belajar……
A. ATTa
B. TTS
C. DMB
D. TLK
9. Dalam menggunakan setiap model belajar dalam PKR, guru harus
memperhatikan….
A. jumlah murid dalam kelompok
B. sarana belajar yang tersedia
C. kepuasan guru dalam mengajar
D. dampak belajar yang diharapkan
10. Persamaan model belajar TDR dan ATTa/ATTu terletak pada…..
A. jumlah kelompok belajar yang dibentuk
B. hubungan pemberian tugas dan tukar pikiran
C. peran guru sebagai pemberi informasi
D. pengendalian yang ketat oleh guru

JAWABAN :
1. C Inti PKR adalah pengelolaan beberapa kelas secara bersamaan
2. D Jadwal khusus penting dalam pelaksanaan PKR
3. C Kombinasi inisiatif murid dan arahan guru penting dalam PKR
4. B Dalam kelompok murid belajar hal yang sama
5. B Aneka ragam sumber belajar yang tersedia akan mendukung PBAS
6. C Meningkatkan komunikasi antar pribadi
7. D Secara berinteraksi memanfaatkan sumber belajar yang tersedia
8. D Dalam TLK murid yang lebih tinggi kelasnya membantu murid yang kelasnya lebih rendah.
9. D Dampak belajar adalah perubahan perilaku yang diharapkan.
10. B Keduanya memiliki prosedur penugasan terhadap murid

 
UNIT 3
PENGELOLAAN KELAS DALAM PKR
Sub Unit 1
Penataan Ruang Kelas
Latihan
HAL 14-3
Agar Anda lebih memahami materi sub unit 1 di atas, kerjakanlah soal-soal
berikut ini sebagai latihan.
1.                  Sebutkan hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam penataan ruang kelas.
2.                  Berilah penjelasan mengapa dalam PKR, guru harus mengatur denah yang sesuai dengan bentuk kegiatan belajar?
3.                  Mengapa hasil karya murid perlu dipajang di ruang kelas? Dan apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam memajang hasil karya tersebut.
JAWABAN :
1.                  Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:
1) Daerah pajangan
Hasil karya murid sebaiknya dipajang di tempat yang telah ditentukan guru. Gunakan ruang kelas yang ada dengan sebaik-baiknya. Guru dapat menempelkan karya murid pada bahan yang mudah diperoleh dari lingkungan sekitar.
2) Kemudahan bergerak
Kemudahan bergerak bagi guru dan murid juga perlu dipikirkan. Guru dan murid dapat leluasa bergerak dari kelompok yang satu ke kelompok yang lain, dari murid ke murid, dari dan ke tempat sumber belajar tanpa menimbulkan gangguan yang berarti.
3) Sinar atau cahaya
Pengaturan tempat duduk murid harus diperhatiakan, pandangan murid jangan menantang matahari. Sinar atau cahaya akan lebih baik datang dari samping murid-murid. Dan jika dikaitkan dengan saat belajar murid, yaitu saat menulis atau membaca kena bayangan maka sinar darI sebelah kiri sangat baik.
4) Panas dan ventilasi.
Murid jangan duduk di tempat yang langsung kena sinar matahari. Ventilasi dalam ruang kelas cukup baik. Bila ada tempat yang kurang kena panas dan lembab, disudut misalnya berilah perhatian khusus yaitu dengan menyuruh murid membersihkan atau jangan menaruh  di sudut itu.
5). Papan tulis
- penggunaan dua papan tulis dalam PKR akan lebih baik.
- papan tulis yang bisa dipindah-pindah untuk kerja kelompok akan sangat berguna
- Papan tulis dipasang pada ketinggian yang dapat dijangkau murid.
- Jangan letakkan papan tulis yang menutup jendela atau di tempat yang biasanya murid menjadi silau.
6). Bangku dan kursi
Jangan menggunakan bangku dan kursi yang menjadi satu. Hal ini akan menyulitkan dalam mengatur bangku dan kursi saat kerja kelompok. Ukuran bangku dan kursi juga harus disesuaikan dengan ukuran besarnya murid.
7). Meja guru
Meja guru diletakkan di tempat yang memungkinkan guru dapat memandang seluruh murid saat guru duduk. Tetapi guru yang efektif pasti tidak akan duduk sepanjang waktu dikursinya, karena ia harus bergerak untuk membantu kegiatan muridnya.
8). Sudut aktivitas
Pikirkan tempat sudut aktivitas, sehingga murid dapat bekerja atau belajar di sudut itu tanpa mengganggu murid lainnya. Bila perlu buatlah penyekat dari bahan yang sederhana, misalnya disekat dengan kayu, bambu, daun nipah/sagu.
2.                  Dalam PKR guru harus mengatur denah yang sesuai dengan bentuk kegiatan belajar agar dalam pelaksanaan kegiatannya lebih mudah. Karena tidak perlu lagi mengubah susunan tempat agar menyesuaikan kegiatan, akan tetapi denah sebelumnya telah mengikutu kegiatan belajar.
3.                  Hal – hal yang perlu dipertimbangkan dalam memasang pajangan :
1.                  Hindarilah memajang karya murid dalam waktu yang terlalu lama. Lakukan perubahan dan pergantian secara teratur.
2.                  Gunakan bahan pajangan dari bahan lokal, sehingga dapat menghemat biaya.
3.                  Pajangan tersebut memberi informasi bagi orang yang melihatnya.

Tes Formatif 1
HAL 16-3
Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang
menurut pendapat Anda paling tepat.
1. Dalam pengelolaan kelas aspek yang paling penting adalah……..
A. Menyiapkan Satua Pelajaran
B. Pembentukan Dewan Sekolah
C. Pemilihan Ketua kelas
D. Menyusun aturan dan penataan ruang kelas
2. Berikut ini adalah kegiatan guru dalam pengelolaan kelas, kecuali………
A. Mengunjungi orang tua murid
B. Menata ruang untuk memajang karya karya murid
C. Memilih bangku dan kursi yang cocok untuk murid-murid
D. Memikirkan bagaimana menempatkan meja guru yang cocok
3. Kegunaan dari sudut IPA yang paling tepat adalah…………..
A. Untuk melakukan kegiatan belajar IPA dengan alat yang tersedia
B. Untuk menempatkan koleksi benda yang dikumpulkan dari alam
C. Untuk tempat membaca bagi murid
D. Untuk tempat diskusi bagi bagi guru-guru yang akan mengajar IPA
4. Kelemahan yang palingmenonjol dari pengaturan denah kelas yang tradisional
adalah………..
A. Meningkatkan jumlah waktu bergilir yang terbuang
B. Beban guru menjadi bertambah untuk menyiapkan pelajaran
C. Sulit untuk memberikan umpan balik secara perorangan
D. Mengurangi minat murid untuk bekerja sama
5. Dalam memilih Bentuk Kegiatan Belajar (BKB), pertimbangan terpenting
adalah…….
A. Menyediakan bahan belajar yang cukup untuk setiap murid
B. Menyediakan waktu yang cukup untuk menyelesaikan pekerjaan
C. Memilih BKB yang sesuai dengan kemauan guru
D. Tidak menempatkan BKB individual dan kelompok saling berdekatan
6. Tujuan yang kurang begitu penting dengan adanya papan pajangan adalah………
A. Melengkapi alat peraga yang akan dipakai oleh guru
B. Memupuk kerja sama anak melalui cipta dan karya
C. Meramaikan suasana dalam kelas
D. Memamerkan karya murid yang terbaik dalam kelas tersebut
7. Faktor yang paling penting akan perlunya PKR adalah………
A. jumlah guru di daerah terpencil
B. kurangnya alat dan bahan pelajaran
C. lebih memudahkan persiapan mengajar guru
D. adanya rentangan yang lebar dalam kemampuan murid
8. Kegiatan pembelajaran berikut ini yang paling tidak cocok untuk pelajaran
klasikal adalah…….
A. Bermain peran
B. Menyampaikan informasi pada murid
C. Latihan bola volley
D. Tutorial berpasangan
9. Yang perlu diperhatikan guru dalam memilih strategi mengajar sebaiknya…….
A. Pengajaran kelompok kecil
B. Pengajaran kelompok kecil dan perorangan
C. Sesuai dengan kebutuhan
D. Pengajaran klasikal
10. Fungsi dari pajangan bagi pembelajaran yang paling kurang cocok adalah …….
A. Memupuk kerja sama anak melalui hasil karyanya
B. Memberikan informasi pada murid
C. Menumbuhkan kebanggaan bagi murid yang karyanya dipajang
D. Untuk menghiasi ruangan kelas
JAWABAN :
1. D Aturan harus jelas dan penataan ruang kelas dapat lebih kondusif
2. A Menyayang orang tua tidak ada kaitannya dengan pengorganisasian kelas
3. A Yang paling cocok sudut IPA untuk kegiatan belajar IPA
4. C Karena denah tradisional berderet ke belakang.
5. D yang paling tepat, karena penting dalam memilih BKB
6. C Papan pajangan bukan bukan untuk meramaikan kelas
7. A PKR diperlukan karena kurangnya jumlah guru di sekolah
8. D Tutorial berpasangan adalah bukan pembelajaran klasikal
9. C Strategi mengajar yang paling baik yang sesuai dengan kebutuhan.
10. D Yang paling tepat, karena fungsi pajangan bukan sekedar hiasan ruangan

Sub unit 2
Pengelolaan Murid
Latihan
HAL 30-3
Baiklah, setelah Anda memahami materi pada sub unit 2 ini, maka kerjakan latihan berikut ini:
Apabila Anda harus mengajar di kelas II dan kelas IV secara bersamaan, dan masing-masing kelas muridnya berjumlah 4(untuk kelas II) dan 6(untuk kelas IV). Keadaan seperti itu menguntungkan Anda apabila Anda mampu memanfaatkan konsep atau teori yang telah diuraikan di muka. Apa yang harus Anda lakukan agar pelajaran berjalan lancer? Semua murid baik kelas II maupun kelas IV dapat menyelesaikan tugas? Metode pembelajaran yang bagaimana yang cocok untuk ini? Jenis tutorial mana yang paling cocok untuk keadaan seperti itu?
JAWABAN :
Jadwal belajar kelas II dan IV
Waktu
Kelas
II ( Dua )
IV ( Empat )
07.00 - 07.35
Tema Diri Sendiri
Bahasa Indonesia
07.35 - 08.10
Tema Diri Sendiri
Bahasa Indonesia
08.10 - 08.45
Tema Diri Sendiri
Bahasa Indonesia
08.45 - 09.00
istirahat
09.00 - 09.35
Tema Lingkungan
IPA
09.35 - 10.10
Tema Lingkungan
IPA
10.10 - 10.25
istirahat
10.25 - 11.00

PKn
11.35 - 12.10

PKn
Jenis tutor yang digunakan adalah tutor sebaya dan tutor kakak
Proses tutorial yaitu sebagai berikut :
- Murid kelas II diberi materi oleh guru, kemudian diberi tugas kelompok.
- Selanjutnya murid kelas IV diberi materi oleh guru lalu diberi tugas kelompok
- Murid kelas II yang telah selesai mengerjakan tugas diajak untuk mengajar temannya yang belum selesai, begitupun dengan murid kelas IV
- Murid kelas IV yang telah selesai dapat juga diajak untuk membimbing anak kelas II yang kesulitan belajar
Metode yang digunakan adalah metode kelompok berdasarkan kemampuan yang berbeda.
Sebagai guru saya berperan sebagai pengajar dan fasilitator dalam kelompok.

Tes Formatif 2
HAL 3-33
Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C atau D di depan jawaban yang menurut
pendapat anda paling tepat!

1.Perangkapan kelas yang dilakukan dengan cara mengajar “bergilir”
menyebabkan…..
A. Meningkatkan efisiensi karena dapat mengajar 2 kelas sekaligus
B. Menurunnya efisiensi dan efektifitas belajar
C. Meringankan kerja guru
D. Merepotkan kerja guru
2. Pemanfaatan tutor murid (tutor kakak dan tutor sebaya) dalam PKR adalah……..
A. Kurang tepat karena tingkat pengetahuan mereka sama
B. Bertentangan dengan kodrat karena murid itu harus diajari
C. Membantu meningkatkan prestasi belajar murid
D. Untuk menggantikan guru mengajar
3. Tutor murid dipilih dari murid yang mempunyai ciri berikut……..
A. Paling besar
B. Paling tua
C. Paling pintar
D. Paling dekat dengan guru
4. Pemanfaatan tutor di SD memungkinkan berdasarkan berbagai alasan, kecuali….
A. Secara alami anak-anak memerlukan bantuan
B. Bahas anak mudah dipahami oleh murid
C. Memanfaatkan murid yang padai
D. Meringankan krja guru
5. Tutor dapat dimanfaatkan pada ………
A. Saat guru ada kepentingan di luar sekolah
B. Saat belajar
C. Pada saat diskusi kelompok saja
D. Untuk mengawasi ulangan
6. Selama ini tutor di anggap kurang efektif dengan alasan, kecuali……..
A. Pelajaran dia sebagai tutor tertanggu
B. Pelajaran yang diperoleh tutor berbeda dengan yang harus ditutorkan
C. Sulit melatih tutor
D. Murid sebaiknya hanya menerima pelajaran
7. Menurut teori “mastery learning” tentang murid yang dikemukakan Bloom adalah
A. Murid terdiri dari murid pintar dan murid bodoh
B. Murid cepat dan murid lambat
C. Semua murid sama saja kepandaiannya
D. Murid perlu diajari terus oleh guru
8. Belajar mandiri menurut Bruce Miller adalah……
A. Cara belajar yang sepenuhnya atau sebagian besar dibawah kendali murid
B. Belajar sendirian
C. Tidak perlu diajar oleh guru
D. Cukup diajar oleh tutor saja
9. Manfaat dari kelompok belajar adalah ……
A. Forum belajar agar murid dapat saling membantu dalam belajar
B. Agar murid duduknya diatur secara berkumpul
C. Agar murid dapat belajar dengan murid lainnya
D. Agar murid saling mengenal satu sama lain
10. Jenis kelompok belajar manakah yang sesuai dengan system pendidikan di SD?
A. Kelompok terdiri dari usia sama
B. Kelompok terdiri dari kemampuan yang berbeda
C. Kelompok terdiri dari kemampuan yang sama
D. Tergantung pada kebutuhan belajar.
JAWABAN :
1.                  B Perangkapan kelas secara bergilir menyebabkan pemborosan waktu
2.                  C Tutor murid dapat meningkatkan prestasi belajar tutor maupun yang ditutori.
3.                  C Tutor murid harus murid yang pintar
4.                  D Pemanfaatan tutor murid bukan untuk meringankan kerja guru
5.                  B Tutor berguna untuk membantu belajar
6.                  D Murid bukan hanya obyek, tetapi subyek yang harus aktif
7.                  B Tidak ada murid yang bodoh atau pintar, tetapi murid yang cepat dan lambat.
8.                  A Belajar mandiri terletak pada inisiatif dan disiplin pada murid
9.                  A Kelompok belajar adalah forum untuk saling membantu
10.              D Dibentuknya kelompok belajar tergantung pada kebutuhan
Sub Unit 3
Disiplin Kelas

Latihan
HAL 40-3
Kerjakan latihan berikur ini untuk mengetahui apakah Anda sudah memahami materi
pada sub unit ini.
Sebelum waktu pulang murid Anda sudah menyelesaikan tugasnya lebih cepat.
Buatlah kegiatan dalam bentuk permainan, yang dapat Anda berikan untuk kelas
tersebut. Coba terapkan pada murid Anda. Bila menemui kesulitan diskusikan
dengan tutor Anda! Untuk mengerjakan tugas tersebut dengan baik berpedomanlah
pasa aspek berikut ini:
- tentukan nama permainan
- tujuan apa yang akan dicapai
- kegiatan apa yang dilakukan
JAWABAN :
1. Nama permainan                                      :             - catur
                                                                                    - congklak
2. Tujuan yang akan dicapai adalah             :
a.       murid mempunyai komitmen untuk didiplin pada aturan yang berlaku seperti dalam permainan yang juga mempunyai aturan yang harus ditaati
b.      murid akan mendapatkan nilai tambah dalam pengetahuannya tentang permainan yang diberikan
3. Kegiatan yang dilakukan adalah                :
a.       murid dibagi dalam kelompok
b.      dalam melakukan permainan, setiap anggota kelompok  dapat ikut bermain secara bergantian pada permainan yang sama dan waktu yang sama pula.
c.       guru memberikan langkah-langkah dalam permainan tersebut dan aturan yang harus ditaati

Tes Formatif 3
HAL 3-41
Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C, dan D di depan jawaban yang
menurut pendapat Anda paling tepat.
1. Manfaat dari Aturan Rutin Kelas (ARK) adalah……..
A. mengisi kegiatan pada waktu luang
B. menggantikan guru yang tidak hadir
C. memberi tugas tambahan pada murid
D. meningkatkan disiplin murid
2. Berikut ini termasuk kegiatan ARK, kecuali……….
A. menyiapkan sumber belajar
B. memberikan tugas untuk setiap kelas PKR
C. menyiapkan alat pelajaran dan alat peraga
D. memberikan PR pada murid
3. Kegiatan Siap (KS) bermanfaat untuk………
A. mengisi waktu kosong pada saat pembelajaran berlangsung
B. mengisi kegiatan di rumah
C. menggantikan guru yang berhalangan hadir
D. hukuman bagi murid yang tidak membuat PR
4. Lembar Kerja Murid(LKM) dapat dimasukkan pada berikut ini, kecuali……
A. Aturan Rutin Kelas
B. Kegiatan Siap
C. Lembar penuntun kegiatan
D. Lembar tes
5. KS dapat diberikan pada pembelajaran berikut ini, kecuali…….
A. klasikal
B. kelompok
C. individual
D. pasangan
6. Kegiatan pembelajaran klasikal dalam PKR adalah………
A. mengganggu pelaksanaan PKR
B. menjadi kunci dalam penerapan PKR
C. tidak sesuai dengan konsep PKR
D. tidak ada kaitannya dengan PKR
7. Dalam mempersiapkan KS, yang paling penting bagi Anda adalah……
A. SP dan jadwal pelajaran
B. topik pelajaran
C. pengalaman
D. adanya tutor
8. ARK merupakan sesuatu yang bukan baru bagi Anda, karena…….
A. sudah ada beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan
B. guru sudah memperoleh penataran
C. sudah belajar ketika di SPG
D. diatur oleh sekolah
9. Kegiatan berikut ini termasuk ARK, kecuali……….
A. membersihkan dan membuat tugas dipapan tulis
B. menyiapkan sumber bahan
C. menyiapkan tutor
D. cara murid meminta bantuan guru.
10. Dalam PKR, ARK yang baik adalah harus……
A. berkaitan dengan kegiatan di luar kelas
B. berkaitan dan menunjang pelajaran
C. tidak perlu berkaitan dengan pelajaran
D. berkaitan dengan SP.
JAWABAN :
1.                  A Peran ARK adalah mengisi waktu luang.
2.                  D Memberikan PR sudah termasuk ARK
3.                  A KS berperan untuk mengisi waktu luang pada saat proses pembelajaran
4.                  D LKM bukan untuk tes
5.                  A KS tidak mungkin diberikan secara klasikal.
6.                  B Pembelajaran klasikal menjadi kunci bagi penerapan PKR
7.                  A Berdasarkan SP dan jadwal guru lain dapat memberikan KS
8.                  A ARK selama ini sudah dilaksanakan guru
9.                  D ARK adalah dipersiapkan oleh guru, bukan oleh nurid
10.              B ARK harus berkaitan dan menunjang pelajaran.

 
UNIT 4
Lingkungan Sebagai Sumber Belajar
Sub Unit 1
Sekolah dan Guru Lain Sebagai Sumber Belajar
Latihan
Hal 4 - 9
Anda seorang guru Kesenian, di Sekolah Anda hanya terdapat 3 (tiga) orang guru
termasuk Kepala Sekolah. Karena keterbatasan guru Anda diminta untuk membantu
mengajar di kelas II dan III dan pelajaran Olah raga untuk semua kelas, sementara
Anda merasa khawatir karena tidak menguasai mata pelajaran tersebut. Di SD lain
dekat SD Saudara terdapat seorang Guru Olah Raga dengan berbagai peralatan
olahraga. Apa yang akan Anda Lakukan untuk mengatasi permasalahan yang ada,
agar murid-murid yang menjadi tanggung jawab Anda dapat mengikuti pembelajaran
dengan baik?

JAWABAN :
Yang akan saya lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah saya tidak akan malu-malu untuk bertanya ataupun minta tolong bahkan bekerja sama saling melengkapi. Untuk mata pelajaran olaraga, saya akan bertanya bagaimana metode yang akan digunakan serta bagaiman membelajarkannya. Bila mengharuskan memakai alat-alat olaraga, maka saya akan meminjam alat-alat olaraga dari sekolah tetangga tersebut. Bila mengalami kesulitan, saya akan berdiskusi dengan guru olaraga tersebut dan melakukan tutorial bersama.

Tes Formatif 1
1.      Jelaskan dalam kondisi apa saja seorang guru harus memanfaatkan guru lain dalam satu sekolah!
2.      Jelaskan dalam kondisi apa saja seorang guru membutuhkan bantuan guru lain dari sekolah lain!
3.      Berikan satu contoh bentuk kerjasama antara sesama guru dari sekolah lain!Jelaskan bagaimana kerjasama tersebut dapat berlangsung baik!
4.      Apa manfaat yang dapat diperoleh dengan adanya KKG?
JAWABAN
1.      Seorang guru harus memanfaatkan guru lain dalam satu sekolah ketika jumlah tenaga guru tidak sebanding dengan jumlah rombongan kelas dan mata pelajaran yang harus diajarkan. Selain itu guru juga harus menjadi partner dengan guru yang ada dalam satu sekolah. Begitu juga bila guru yang bersangkutan tidak menguasai materi yang akan diajarkan sehingga harus bertanya atau meminta bantuan kepada guru lain yang ada dalam satu sekolah.
2.      Seorang guru membutuhkan bantuan guru lain dari sekolah lain ketika :
Ø  Guru tersebut tidak mempunyai buku sumber dan atau alat peraga pelajaran
Ø  Guru tersebut tidak menguasai materi yang akan diajarkan
Ø  Guru tersebut harus mengajar 3 atau lebih kelas dalam waktu yang bersamaan,sementara guru dari sekolah lain sedang tidak ada jam mengajar pada waktu yang bersamaan
3.      Contoh bentuk kerjasama antara sesama guru dari sekolah lain misalnya Pak Rudi adalah guru pada SD A adalah guru Matematika yang harus mengajar juga pada kelas IV, V, VI dan mengajar mata pelajaran olaraga. Dalam mengajar olaraga, Pak Rudi merasa kesulitan karena belum pernah mengajarkan olaraga dan kurangnya alat-alat olaraga yang ada di sekolah Pak Rudi. Tak jauh dari sekolah Pak Rudi ada guru olaraga dari SD B. Pak Rudi tak merasa malu untuk bertanya dan belajar cara mengajarkan olaraga serta meminjam alat-alat olaraga untuk proses pembelajaran.
4.      Manfaat yang diperoleh dengan adanya KKG adalah sebagai forum yang dapat dijadikan untuk saling tukar informasi, pengalaman, berdiskusi, untuk memecahkan berbagai kesulitan mengajar dan mengerjakan sesuatu secara bersama


SUBUNIT 2   
Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar

Tes Formatif 2
1. Dalam pendidikan pada dasarnya lingkungan adalah………
A. tempat bermain
B. tempat belajar
C. laboratorium raksasa yang merupakan sumber belajar
D. tempat siswa beradaptasi dengan alam
Jawab :  C. laboratorium raksasa yang merupakan sumber belajar
2. Lingkungan sekolah yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar adalah……
A. Kantin sekolah
B. Museum
C. Cagar alam
D. Puskesmas
Jawab :  A. Kantin sekolah
3. Seorang ulama/pendeta dapat dapat menjadi nara sumber bagi siswa pada saat
A. pelajaran agama
B. perayaan hari-hari besar keagamaan
C. setiap hari
D. semua benar
Jawab :  B. perayaan hari-hari besar keagamaan
4. Memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat dilakukan pada pembelajaran…….
A. IPA
B. IPS
C. Matematika
D. Semua pelajaran
Jawab :  A. IPA
5. Untuk memahami dan mengenal berbagai macam benda bersejarah pada pembelajaran IPS siswa dapat dijak mengunjungi…..
A. Museum
B. candi
C. situs-situs peninggalan sejarah
D. semua benar
Jawab :  D. semua benar
6. Mengapa dalam proses belajar mengajar lingkungan sekitar mempunyai peran yang penting?
A. karena lingkungan memberikan suasana segar
B. karena belajar di lingkungan dapat juga menjadi ajang rekreasi
C. belajar di lingkungan dapat memberikan pengalaman nyata
D. Belajar di lingkungan membuat siswa dapat bercAnda gurau dengan sesama teman
Jawab :  C. belajar di lingkungan dapat memberikan pengalaman nyata
7. Sebuah pasar dapat dijadikan sumber belajar. menurut Anda pembelajaran apa saja yang dapat berlangsung di sana?
A. IPA
B. IPS
C. Matematika
D. Semua pelajaran
Jawab :  D. Semua pelajaran
8. Menurut Anda pada saat kapan lingkungan dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar?
A. pada saat guru dan siswa merasa jenuh belajar di dalam kelas
B. pada saat guru kekurangan alat peraga
C. pada saat guru membutuhkan sumber belajar yang tidak dapat di temui di sekolah
D. pada saat guru dan siswa merasa perlu adanya suasana baru dalam pembelajaran
Jawab :  C. pada saat guru membutuhkan sumber belajar yang tidak dapat di temui di sekolah
9. Pembelajaran dengan pendekatan PKR yang dilakukan di lingkungan sangat membutuhkan …..
A. LKS
B. Lembar kerja
C. Alat-alat kerja
D. Bahan-bahan kerja
Jawab :  A. LKS
10. Menurut Anda keuntungan dan manfaat apa yang dapat diperoleh dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar……
A. membantu guru supaya tidak repot menyiapkan alat dan bahan pembelajaran
B. membantu siswa untuk mendapatkan pengalaman nyata dalam pembelajarannya
C. Membantu siswa dalam mendapat kesempatan rekreasi
D. Membantu siswa dalam menikmati pemAndangan alam
Jawab :  D. Membantu siswa dalam menikmati pemAndangan alam

SUBUNIT 3   
Menciptakan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar

Latihan
Ketika sedang membimbing mahasiswa PPL di kabupaten MAPPI distrik
Bade, seorang guru Ibu Nn bercerita bahwa ia sangat kesulitan memberikan
contoh-contoh yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Misal dalam
memberikan contoh berbagai jenis hewan, disana siswa hanya mengenal
jenis hewan tertentu terutama Rusa dan Kasuari. Pada saat mengajar IPA di
kelas VI Ibu Nn menunjukkan gambar sapi namun oleh siswa gambar
tersebut disebut Rusa (Rusa di daerah tersebut banyak yang bertubuh sangat
besar). Demikian pula untuk menjelaskan tentang hal-hal lain seperti Pasar
dan berbagai jenisnya, Museum dan lainnya Ibu Nn sangat merasa
kesulitan.
Jika Anda berada pada posisi ibu Nn apa yang harus Anda lakukan?
1. Langkah-langkah apa saja yang Anda lakukan untuk mempersiapkan
pembelajaran dengan berbagai kekurangan yang ada di lingkungan
sekolah seperti ibu Nn?
2. Menurut Anda metode pembelajaran apa yang sebaiknya diterapkan
dengan kondisi alam seperti yang dialami ibu Nn?
JAWABAN:
1. Langkah-langkah yang akan saya lakukan untuk mempersiapkan pembelajaran yaitu :
a)      Menciptaka ruang kelas yang menyenangkan
b)      Menyiapkan Lembar Kerja Murid
c)      Memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada disekitar yang berkaitan dengan materi yang ada
d)      Memajang beberapa hasil karya murid di dalam kelas untuk mendukung proses pembelajaran
e)      Memanfaatkan alam terbuka sebagai media pembelajaran
f)        Menyiapkan buku bacaan bergambar
2. Metode yang sebaiknya diterapkan dengan kondisi seperti yang dialami oleh Ibu Nn adalah metode bermain, metode diskusi, dan metode kerja kelompok.

Tes Formatif 3
Petunjuk:
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dari beberapa alternatif jawaban yang
disediakan !
1. Herbarium merupakan alat dan sumber belajar yang biasanya di tempatkan
di............
a. Lemari di ruang Kepala Sekolah
b. Lemari di dalam kelas
c. di ruangan kepala sekolah
d. di ruang kelas
2. Pemanfaatan ruang kelas sebagai sumber belajar dapat dilakukan
dengan.......
a. membuat sudut baca
b. membuat koperassi sekolah
c. membuat kolam sekolah
d. membuat kebun sekolah
3. Menciptakan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar, sebaiknya
melibatkan .....
a. guru
b. kepala sekolah
c. siswa
d. semua komponen di sekolah
4. Dalam menggunakan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar pada
pembelajaran kelas rangkap, guru sebaiknya..............
a. membuat lembar tugas/LKS
b. membagi siswa dalam kelompok belajar
c. membantu siswa dengan menemutunjukkan sumber belajar
d. Semua yang tersebut di atas benar
5. Bila Anda terkondisikan untuk membelajarkan kelas rangkap, dan Anda akan
memberikan materi tentang Ekosistim air tawar, apa yang harus Anda
lakukan?
a. Bersama siswa ke Danau yang jauh tempatnya sambil rekreasi
b. Bersama siswa membuat akuarium
c. Bersama siswa ke kolam sekolah
d. Bersama siswa mengunjungi kolam renang yang ada di Daerah Anda
6. Manfaat ruang kelas dan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar
dapat.............
a. Mengurangi kebosanan siswa dalam belajar
b. menambah indah ruang kelas dan sekolah
c. untuk memamerkan kemampuan guru dan siswa
d. memperkaya pengetahuan dan pengalaman murid
Pilihlah
A. Bila 1) dan 2) benar
B. Bila 1) dan 3) benar
C. Bila 2) dan 3) benar
D. Bila 1), 2) dan 3) benar
7. Yang dapat dijadikan sumber belajar di ruang kelas adalah.......
1) Herbarium yang di buat bersama oleh guru dan siswa
2) Sudut baca di dalam kelas
3) Bangun ruang yang dipajang di ruang kelas
8. Manfaat menciptakan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar
adalah...............
1) meningkatkan kemandirian siswa
2) memperkaya pengalaman murid dalam memanfaatkan berbagai media
sebagai sumber belajar
3) Siswa dapat belajar melalui pengalaman nyata tanpa perlu mengeluarkan
biaya yang besar
9. Jika Anda mendapat tugas untuk mengajar di suatu daerah dengan lingkungan
alam tertentu dimana tidak tersedia keanekaragaman flora dan fauna, Jika
Anda harus mengajarkan suatu materi dengan berbagai contoh yang tidak
tersedia di daerah Anda maka Anda akan .................
1) karena kondisinya yang terbatas, materi yang diberikan disesuaikan
dengan keadaan yang ada
2) Berusaha memberikan penjelasan dengan memberikan contoh-contoh dari
alat peraga yang ada
3) Berusaha memberikan penjelasan dengan memberikan contoh berupa
gambar-gambar yang berkaitan dengan materi tersebut
10. Dalam memanfaatkan lingkungan belajar dapat dilakukan dengan ...
1) individual
2) kelompok
3) klasikal

JAWABAN :

1. d, di ruang kelas
2. a, membuat sudut baca
3. d, semua komponen di sekolah
4. d, Semua yang tersebut di atas benar
5. d, memperkaya pengetahuan dan pengalaman murid
6. d, Herbarium yang di buat bersama oleh guru dan siswa, Sudut baca di dalam
kelas, Bangun ruang yang dipajang di ruang kelas
7. d, meningkatkan kemandirian siswa, memperkaya pengalaman murid dalam
memanfaatkan berbagai media sebagai sumber belajar, Siswa dapat belajar
melalui pengalaman nyata tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar
8. c Berusaha memberikan penjelasan dengan memberikan contoh-contoh dari alat
peraga yang ada, berusaha memberikan penjelasan dengan memberikan contoh
berupa gambar-gambar yang berkaitan dengan materi tersebut
9.   d individual, kelompok dan klasikal
10. d berkaitan dengan materi pelajaran, tidak membutuhkan biaya yang besar mudah
dijangkau

 
UNIT  5
KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL DAN PERORANGAN DALAM PKR

SUBUNIT 1   
Hakekat Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan
Latihan
Setelah mencermati materi di atas, untuk memantapkan pemahaman Anda,
cobalah kerjakan latihan berikut.
1.      Sebagai guru SD, Anda pasti sudah pernah mengajar kelompok kecil, dengan cara membagi murid ke dalam kelompok-kelompok kecil. Cobalah ingat, apa yang biasanya Anda lakukan ketika mempersiapkan murid untuk bekerja kelompok serta ketika kegiatan kelompok sedang berlangsung. Berdasarkan ingatan tersebut,cobalah perkirakan, ciri-ciri mengajar kelompok kecil yang mana yang sudah Anda terapkan?
2.      Cobalah diskusikan dengan teman-teman Anda, topik-topik mana yang sebaiknya disajikan melalui kegiatan kelas besar (klasikal) serta topik mana yang sebaiknya disajikan melalui kegiatan kelompok kecil.
3.      Bekerjalah dengan teman yang sudah pernah mengajar kelas rangkap. Cobalah rancang satu pengorganisasian murid (kapan akan digunakan kegiatan klasikal, kelompok kecil dan perorangan), jika seandainya Anda akan mengajar kelas rangkap. Diskusikan alasan Anda  untuk pengorganisasian yang Anda kembangkan tersebut.
JAWABAN :
1.      Yang saya lakukan ketika mempersiapkan murid untuk bekerja kelompok serta ketika kelompok sedang berlangsung adalah :
·        Melakukan identifikasi murid dari sisi intelektual, karakter, dan keaktivan
·        Mempersiapkan hal-hal yang diperlukan dalam kelompok
·        Membagi murid ke dalam kelompok berdasarkan kesamaan kemampuan
·        Menata ruang dan sumber belajar agar menciptakan kondisi yang memungkinkan
·        Mengatur alokasi waktu yang akan digunakan
Ciri-ciri belajar kelompok yang saya terapkan adalah sebagai berikut :
·        Terjadi interaksi antar anggota dalam kelompok yang membuat kelompok menjadi hidup
·        Murid yang lebih pintar menjadi tuotr sebaya bagi temannya
2.      Topik-topik yang sebaiknya disajikan melalui kegiatan kelas besar ( klasikal ) :
·        Topik yang sifatnya tidak membutuhkan kegiatan diskusi atau praktikum
·        Topik yang tidak membutuhkan waktu yang banyak
Topik-topik yang sebaiknya disajikan melalui kegiatan kelompok kecil adalah topik yang membtuhkan waktu yang banyak dan memerlukan kegiatan pengalamian.
3.      Rancangan pengorganisasian murid sebagai berikut :
·        Pengelompokan murid berdasarkan rombongan kelas dengan menggunakan model pengelolaan PKR 221
·        Murid dikelompokkan ke dalam kelompok kecil dan murid yang pintar disebar ke kelompok-kelompok
·        Mengorganisasikan bahan ajar, mengatur denah kelas, memjang hasil karya murid yang berkaitan dengan topik yang akan disajikan
Kegiatan klasikal digunakan bila topik yang disajikan tidak membutuhkan waktu yang terlalu banyak.
Kegiatan kelompok kecil dan perorangan digunakan bila topik yang akan disajikan membutuhkan waktu yang banyak dan memuat kegiatan praktikum atau kegiatan diskusi serta jumlah murid yang banyak.

Tes Formatif 1
1. Pengajaran kelompok kecil dan perorangan memberi kesempatan kepada murid untuk melakukan hal-hal berikut, kecuali ....
A. belajar dari teman
B. memilih teman sendiri
C. mengajar atau membantu teman
D. memilih cara belajar yang disenangi
Jawab :  B. memilih teman sendiri
2. Salah satu ciri pengajaran kelompok kecil dan perorangan adalah ....
A. murid lebih sering belajar dalam kelompok
B. adanya pembagian waktu yang ketat
C. adanya hubungan antarpribadi yang akrab dan sehat
D. murid bebas memilih teman belajarnya
Jawab :  C. adanya hubungan antarpribadi yang akrab dan sehat
3. Pelajaran dalam bentuk kelas besar (klasikal) mempunyai kekuatan dalam menyadarkan murid bahwa ....
A. tidak semua kebutuhannya dapat dipenuhi
B. tidak semua pelajaran mudah dicerna
C. masa sekolah adalah masa untuk belajar
D. masa belajar penuh dengan tantangan
Jawab :  A. tidak semua kebutuhannya dapat dipenuhi
4. Pelajaran dalam bentuk kelompok kecil dapat membiasakan murid untuk ....
A. menyelesaikan tugas pada waktunya
B. bekerja secara rapi dan teratur
C. merangkum hasil belajarnya
D. bekerja sama dalam menyelesaikan tugas
Jawab :  D. bekerja sama dalam menyelesaikan tugas
5. Pembelajaran secara perorangan menuntut murid untuk mampu ....
A. berprestasi lebih baik
B. mencari informasi yang diperlukan
C. bertanggung jawab terhadap hasil belajarnya
D. mengatur waktu belajar
Jawab :  C. bertanggung jawab terhadap hasil belajarnya
6. Guru PKR akan banyak memetik keuntungan dari penguasaan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan karena ....
A. PKR selalu menggunakan pengajaran kelompok kecil dan perorangan
B. hakekat PKR hampir sama dengan hakekat pengajaran kelompok kecil dan perorangan
C. dalam waktu yang sama guru menghadapi dua kelas atau lebih
D. guru sudah terlatih mengelola kelas
Jawab :  B. hakekat PKR hampir sama dengan hakekat pengajaran kelompok kecil dan perorangan
7. Penjelasan tentang tugas dan cara kerja kelompok sebaiknya disampaikan dalam ....
A. kelas besar, sebelum kegiatan kelompok
B. kelompok kecil, ketika kegiatan berlangsung
D. tatap muka perorangan
E. bentuk tanya jawab dalam kelompok kecil
Jawab :  A. kelas besar, sebelum kegiatan kelompok
8. Kegiatan kelompok kecil yang efektif selalu diakhiri dengan kulminasi, yang dapat diisi dengan kegiatan berikut, kecuali ....
A. laporan dan tanggapan
B. merangkum hasil-hasil kelompok
C. menyerahkan laporan kepada guru
D. mendemonstrasikan salah satu hasil pekerjaan kelompok
Jawab :  C. menyerahkan laporan kepada guru
9. Keberhasilan kerja kelompok sangat ditentukan oleh persiapan guru, yang meliputi hal-hal berikut, kecuali ....
A. pengaturan materi dan sumber belajar
B. penetapan ketua dan sekretaris kelompok
C. pengaturan waktu dan ruangan
D. penetapan bentuk dan cara pengelompokkan
Jawab :  B. penetapan ketua dan sekretaris kelompok
10. Dalam kegiatan perorangan, guru perlu mengenal murid secara pribadi agar guru dapat melakukan hal-hal berikut, kecuali ....
A. membantu murid sesuai dengan kebutuhannya
B. mengatur kondisi belajar
C. menindaklanjuti hasil belajar murid
D. memberikan laporan kepada orang tua murid
Jawab :  D. memberikan laporan kepada orang tua murid

SUBUNIT 2   
Komponen Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan
Latihan
1.        Baca kembali dengan cermat keempat kelompok keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Buatlah satu daftar keterampilan tersebut, masing-masing dengan subkelompoknya, sehingga merupakan satu lembar pengamatan.
2.        Cobalah amati teman Anda yang sedang mengajar kelompok kecil. Tandailah
keterampilan membimbing dan memudahkan belajar yang muncul selama dia
mengajar. Pada saat lain, amati teman yang sama dan catat keterampilan
mengorganisasikan kegiatan yang muncul. Diskusikan hasil pengamatan Anda
dengan teman tersebut.
3.        Cobalah rancang kegiatan kelompok kecil untuk kelas Anda selama ± 40 menit. Laksanakanlah rancangan tersebut, dan mintalah salah seorang dari teman Anda untuk mengamati Anda. Setelah selesai, diskusikan hasil pengamatan tersebut.
4.        Kalau di tempat tutorial Anda ada video pembelajaran kelas rangkap, cobalah amati modelnya yang ditayangkan melalui video. Fokuskan pengamatan Anda pada munculnya keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Bandingkan dan diskusikan hasil pengamatan Anda dengan hasil pengamatan teman lain.
5.        Ketika Anda sendiri harus mengajar kelas rangkap, cobalah terapkan secara sungguh-sungguh keterampilan membimbing dan memudahkan belajar. Bila mungkin, mintalah seorang rekan Anda untuk mengamati ketika Anda sedang mengajar. Setelah selesai, mintalah hasil pengamatan tersebut dan cocokkan dengan kesan Anda sendiri.
JAWABAN:
1.      daftar keterampilan tersebut, masing-masing dengan subkelompoknya

Kelompok keterampilan
Subkelompok keterampilan
Hal-hal yang dimati
Pengelompokan murid berdasarkan rombongan belajar
·         PKR 111
·         PKR 221
·         PKR 331
·         Kehadiran
·         Penilaian
·         Pengaturan tugas
Pengelompokkan murid berdasarkan kesamaan kemampuan
·         PKR 121
·         PKR 221
·         PKR 321
·         Prestasi
·         Kemampuan umum
·         Bahan ajar
Pengelompokan murid berdasarkan kemampuan campuran
·         PKR 221
·         PKR 222
·         PKR 321
·        Kesamaan bakat
·        Kemampuan khusus
Pengelompokkan murid berdasarkan kesamaan usia
·         PKR 111
·         PKR 211
·         PKR 311
·        Kemampuan dan kecepatan belajar
·        Bahan ajar

2.      Keterampilan membimbing dan memudahkan belajar yang muncul selama teman mengajar yaitu :
·      Waktu yang digunakan dapat diefektifkan sehingga materi dapat dituntaskan sesuai perencanaan
·      Murid yang mengalami kesulitan belajar dapat dibimbing dengan memanfaatkan tutor sebaya dan tutor kakak
·      Dapat mengkonkritkan bahan ajar sehingga dapat diserap dan dicerna dengan baik oleh murid
Keterampilan mengorganisasikan kegiatan yang muncul :
·        Mengorganisasikan waktu dengan baik dan tepat
·        Sumber-sumber belajar dapat diefektifkan sehingga menunjang proses pembelajaran

3.      Hasil pengamatan kegiatan kelompok kecil selama pelaksanaan :
·      Pembelajaran dilakukan berdasarkan perbedaan individual dan melakukan layanan bimbingan
·      Guru memberikan pelayanan dan bimbingan kepada murid secara tidak merata sehingga tidak terjadi kesenjangan

4.      Hasil pengamatan video pembelajaran kelas rangkap :
·      Guru memberikan perhatian kepada murid sehingga tercipta hubungan yang akrab antara guru dengan murid dan antara murid dengan murid
·      Murid yang tidak cepat tanggap dengan penjelasan guru menjadi tanggap apabila dijelaskan ulang temannya yang telah mengerti.
·      Murid yang mengajar atau melatih temannya menjadi semakin mengerti dan memahami pelajaran
·     Murid belajar dengan aktif dan merasa bertanggung jawab

5.      Hasil pengamatan mengenai keterampilan membimbing dan memudahkan belajar dalam mengajar kelas rangkap yaitu :
·      Lebih banyak interaksi yang terjadi antara guru dengan murid dan murid dengan murid yang fokus membahas tentang topik yang dipelajari
·      Guru tidak terlalu banyak menggunakan ceramah sehingga guru tidak cepat lelah dalam mengajar karena harus banyak berbicara
·      Aspek sosial, emosional, moral, dan bahasa murid nampak sehingga secara keseluruhan karena muncul secara sadar atau tidak disadari oleh murid
·      Guru dapat memantau perkembangan setiap anak sehingga anak yang mengalami kesulitan belajar dapat diberikan bimbingan dan pelatihan khusus sementara anak yang mudah menangkap dan mengerti pelajaran dapat diberikan pengayaan daan atau menjadi guru pamong bagi temannya.

Tes Formatif 2
Setelah membaca rangkuman, tiba saatnya Anda mengerjakan Tes Formatif 2
sehingga Anda dapat mengukur tingkat keberhasilan Anda.
Bacalah dengan cermat pernyataan, pertanyaan, atau kasus yang disajikan,
kemudian silang huruf didepan pilihan yang paling tepat untuk menjawab/
melengkapi pertanyaan/pernyataan di atasnya.
1. Keterampilan mengadakan pendekatan secara pribadi sangat bermanfaat dalam
usaha guru untuk ....
A. Memonitor pekerjaan kelompok
B. Mengarahkan murid belajar
C. Menciptakan hubungan yang akrab dan sehat
D. Meningkatkan hasil belajar murid
2. Berikut ini adalah contoh-contoh keterampilan mengadakan pendekatan secara
pribadi, kecuali ....
A. Ketika Dorkas berbicara, Bu Sarce mendengarkannya dan sekali-kali menganggukkan
kepala
B. Bu Tina menghampiri Ani yang kelihatan kebingungan, lalu bertanya
dengan manis
C. Meskipun kelompok 5 tidak ditunggui oleh Bu Inul, kelompok bekerja
terus, karena merasa Bu Inul tahu apa yang dikerjakan oleh kelompok
D. Bu Marisa duduk di kelompok 1 dan ikut membahas topik yang dipilih oleh
kelompok 1
3. Keterampilan mengorganisasikan kegiatan mencakup berbagai kegiatan berikut,
kecuali ....
A. Memberikan orientasi kegiatan sebelum kelompok atau perorangan mulai
bekerja.
B. Menyiapkan murid untuk mengikuti laporan pada akhir kegiatan
C. Membuat kegiatan yang bervariasi lengkap dengan ruangan kerja, cara kerja,
dan waktu
D. Membagi-bagikan perhatian pada tugas dan kebutuhan siswa, sehingga
dapat memberi bantuan secara tepat
4. Berikut ini contoh keterampilan mengorganisasikan kegiatan, kecuali ....
A. Pada awal pelajaran Pak Tino mengumpulkan kelas 5 dan kelas 6 di satu
ruangan dan menyampaikan tugas-tugas yang harus dilakukan oleh kelas 5
dan kelas 6
B. Pak Tino meminta kelas 5 membagi diri menjadi 4 kelompok dengan
menyuruh murid menghitung sampai 4
C. Pak Tino duduk di kelompok 2 dan memberikan penjelasan tentang akibat
kekurangan vitamin melalui tanya jawab
D. Pada akhir kegiatan, Pak Tino meminta kelas 5 dan kelas 6 berkumpul
kembali untuk melaporkan hasil pekerjaan masing-masing
5. Keterampilan membimbing dan memudahkan belajar sangat diperlukan guru pada
....
A. Awal sampai menjelang akhir kegiatan
B. Menjelang awal kegiatan
C. Menjelang akhir kegiatan
D. Menjelang awal sampai akhir kegiatan
6. Berikut ini adalah contoh-contoh keterampilan melakukan supervisi proses lanjut,
kecuali ....
A. Pak Udin mengingatkan murid agar memberskan laporan kelompoknya
karena 5 menit lagi kegiatn kelompok akan dilanjutkan dengan laporan
B. Pak Udin membantu kelompok 2 yang sedang bertengkar, dengan meminta
kelompok menjawab pertanyaan yang diajukannya, kemudian menyarankan
kelompok agar mulai pembahasan dari awal
C. Kelompok 3 yang sedang kebingungan karena menemui jalan buntu menjadi
hidup kembali setelah Pak Udin langsung memimpin diskusi dalam kelompok
itu
D. Pak Udin mendatangi dan membimbing Siti yang ternyata mengalami
kesulitan dalam menyimpulkan isi bacaan
7. Kegiatan kulminasi berupa laporan dan tanggapan, akan memberi kesempatan
kepada murid untuk ....
A. Mendemonstrasikan kemampuannya
B. Saling belajar
C. Saling mengkritik
D. Memberikan respon kepada pekerjaan kelompok lain
8. Bu Tina meminta setiap murid untuk menghitung jumlah soal yang dikerjakan
dengan benar. Kemudian Bu Tina meminta murid menghitung tingkat keberhasilannya
dalam persen, dengan menggunakan rumus dan contoh yang
diberikan. Contoh di atas menunjukkan bahwa Bu Tina sedang menerapkan
keterampilan ...
A. Mengadakan pendekatan secara pribadi
B. Mengorganisasikan kegiatan
C. Membimbing dan memudahkan belajar
D. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran
9. Pak Ramon merangkap kelas 4 dan kelas 5, dan meminta bekerja dalam kelompok.
Namun ada 2 kelompok dari kelas 4 yang tidak segera mulai bekerja karena
masih bingung, tidak tahu harus mulai dari mana. Sampai waktu yang disediakan
hampir habis, kedua kelompok tersebut belum menghasilkan apa-apa, sedang-kan
Pak Ramon tetap duduk di pintu penghubung sambil membaca. Pertanyaan:
Apa yang semestinya dilakukan Pak Ramon agar kasus seperti di atas tidak terjadi
?
A. Menegur kelompok yang belum mulai bekerja
B. Meminta murid kelas 5 mengawasi murid kelas 4
C. Melakukan supervisi proses awal dengan berkunjung kekelompok pada awal
kegiatan kelompok
D. Melakukan supervisi proses lanjut dengan jalan langsung membimbing
kelompok yang mendapat kesulitan
10. Pak Mawan yang sedang mengajar kelas 5 dan kelas 6 menjadi bingung karena
tugas matematika yang dikerjakan secara perorangan oleh kelas 6 tidak ada yang
benar. Demikian pula kelas 5 yang diberi tugas dalam kelompok, tidak dapat
menyelesaikan tugasnya dengan baik. Bahkan ada yang tidak menghasilkan apaapa.
Dikaitkan dengan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan,
kemungkinan terjadinya kasus di atas adalah karena Pak Mawan tidak menguasai
keterampilan berikut, kecuali ....
A. Memberikan orientasi kegiatan sebelum kelompok/perorangan mulai
bekerja
B. Menunjukkan kepekaan dan kehangatan terhadap kebutuhan murid
C. Melakukan supervisi proses awal dan proses lanjut
D. Mengkoordinasikan kegiatan dengan cara melihat kemajuan murid serta
penggunaan materi dan sumber

JAWABAN :

1. C Sasaran utama keterampilan melakukan pendekatan secara pribadi adalah
membangun hubungan yang akrab dan sehat
2. D Merupakan contoh keterampilan melakukan supervisi lanjut
3. B Menyiapkan murid untuk mengikuti laporan pada akhir kegiatan, termasuk
keterampilan melakukan supervisi pemaduan
4. C Keterampilan ini termasuk keterampilan melakukan proses lanjut
5. A Kegiatan akhir (kulminasi) termasuk keterampilan mengorganisasikan kegiatan
6. A Contoh ini termasuk keterampilan melakukan supervisi pemaduan
7. B Jawaban A dan D juga benar, tetapi sudah tercakup dalam jawaban B, atau
yang paling diharapkan dari kegiatan ini adalah “saling belajar”
8. D Membantu murid menilai kemajuannya sendiri termasuk keterampilan
merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran.
9. C Supervisi proses awal bertujuan untuk memantau apakah kelompok sudah
paham akan tugasnya dan sudah mulai bekerja, atau apakah ada kelompok
yang memerlukan bantuan.
10. B Menunjukkan kepekaan dan kehangatan terhadap kebutuhan murid tidak
langsung berkaitan dengan kegagalan murid, Pak Anwar mungkin peka

 
UNIT  6
MENYUSUN RENCANA PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP  ( RPKR )
SUBUNIT 1   
Analisis Kurikulum Pendidikan SD 2004 dan Prosedur Dasar Pengembangan Instruksional
Tes Formatif 1
1. Kurikulum sebagai rencana pembelajaran pada dasarnya merupakan ........
A. Beban dan waktu belajar yang dipersyaratkan
B. Tuntutan belajar menurut murid
C. Tuntutan belajar menurut masyarakat
D. Beban dan waktu belajar minimal
Jawab :  A. Beban dan waktu belajar yang dipersyaratkan
2. Kurikulum merupakan pedoman bagi ....
A. Pengelola pendidikan
B. Para guru saja
C. Para guru dan murid
D. Guru, murid, dan pengelola
Jawab :  D. Guru, murid, dan pengelola
3. Pengembangan murid sebagai pribadi ....
A. Tidak memerlukan kemampuan dasar
B. Memerlukan kemampuan dasar
C. Cukup kemampuan minimal
D. Diserahkan kepada orang tua
Jawab :  C. Cukup kemampuan minimal
4. Pelajaran matematika di Sekolah dasar menitik beratkan pada ....
A. Semua konsep matematika
B. Kemampuan penalaran
C. Berhitung
D. Keterampilan menghitung
Jawab :  C. Berhitung
5. Pelajaran PPKN SD 2004 menerapkan pendekatan ....
A. Pengajaran tata negara Indonesia
B. Pendidikan Nilai Pancasila
C. Pemahaman konsep nilai Pancasila
D. Pembinaan disiplin nasional
Jawab :  C. Pemahaman konsep nilai Pancasila
6. Salah satu ciri dari pembelajaran bahasa Indonesia menurut kurikulum 2004 adalah ....
A. Menitikberatkan pada keterampilan membaca
B. Menitikberatkan pada keterampilan menulis
C. Berorientasi pada pokok bahasan/tema
D. Berorientasi pada konsep kebahasaan
Jawab :  C. Berorientasi pada pokok bahasan/tema
7. Pelajaran IPS di Sekolah Dasar bertitik tolak dari ....
A. Lingkungan
B. Konsep
C. Kebiasaan Hidup
D. Masalah sehari-hari
Jawab :  B. Konsep
8. Salah satu ciri pembelajaran IPS di Sekolah Dasar 2004 adalah ....
A. Berangkat dari konsep keilmuan sosial
B. Menerapkan pendekatan lingkungan meluas
C. Merujuk pada keterampilan sosial
D. Berorientasi pada siklus kehidupan masyarakat
Jawab :  B. Menerapkan pendekatan lingkungan meluas
9.Pendekatan sistem dalam penyusunan rencana pembelajaran bertolak dari dan merujuk kepada ....
A. Topik inti
B. Tujuan belajar
C. Buku pelajaran
D. Sistem Sosial
Jawab :  B. Tujuan belajar
10.Salah satu sifat dari pendekatan sistem dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran ialah ....
A. Integrasi antar komponen pembelajaran
B. Saling keterkaitan antar komponen pembelajaran
C. Peran penting dari penilaian
D. Titik sentral pada proses belajar
Jawab :  B. Saling keterkaitan antar komponen pembelajaran

SUBUNIT 2  
 Perumusan Tujuan, Penataan Materi dan Kegiatan Pembelajaran Kelas Rangkap
Tes Formatif 2     
1. Topik pembelajaran kelas rangkap harus diambil dari...
A. GBPP
B. Buku Pelajaran
C. Hasil Penataran
D. Masalah sehari-hari
Jawab :  A. GBPP
2. Pemetaan topik menurut arasnya berguna dalam menetapkan topik satu mata pelajaran yang dapat dibahas secara...
A. Perseorangan
B. Kelompok dalam kelas tunggal
C. Rangkap kelas
D. Klasikal kelas tunggal
Jawab :  B. Kelompok dalam kelas tunggal
3. Pemetaan topik menurut gugus berguna dalam penetapan suatu topik PKR yang mencakup...
A. Satu kelas
B. Satu mata pelajaran
C. Lebih dari satu mata pelajaran
D. Lebih dari satu kelas
Jawab :  C. Lebih dari satu mata pelajaran
4. Dalam merencanakan PKR tujuan belajar yang dirumuskan menurut...
A. Tingkatan kelas
B. Mata Pelajaran
C. Tingkatan kelas dan mata pelajaran
D. Mata pelajaran dan kegunaannya
Jawab :  C. Tingkatan kelas dan mata pelajaran
5. Rancangan kegiatan pembelajaran dalam pembelajaran kelas rangkap berfungsi sebagai kerangka berpikir guru dalam...
A. Menetapkan mata pelajaran yang akan diajarkan
B. Memilih kelas-kelas yang akan dirangkap
C. Mengatur waktu dan tempat belajar
D. Menata keseluruhan interaksi belajar mengajar
Jawab :  D. Menata keseluruhan interaksi belajar mengajar
6. Proses Belajar Arahan Sendiri (PBAS) menitikberatkan pada kegiatan belajar murid yang...
A. Sepenuhnya diatur oleh murid
B. Diarahkan oleh guru
C. Sepenuhnya diatur oleh guru
D. Sewaktu-waktu dikontrol oleh guru
Jawab :  A. Sepenuhnya diatur oleh murid
7. Dalam merencanakan pembelajaran kelas rangkap seharusnya memperhitungkan sumber belajar yang...
A. Sudah tersedia di sekolah
B. Dipunyai oleh semua murid
C. Tersedia di sekolah dan sekitarnya
D. Dipunyai oleh guru
Jawab :  C. Tersedia di sekolah dan sekitarnya
8. Dalam menetapkan media belajar dalam pembelajaran kelas rangkap guru seharusnya mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut kecuali...
A. Jumlah murid yang dirangkap
B. Tujuan instruksional
C. Pengalaman guru dalam menggunakannya
D. Keadaan ruang belajar
Jawab :  A. Jumlah murid yang dirangkap
9. Di sekolah kecil yang berada di daerah terpencil sumber belajar...
A. Cukup menggunakan sumber apa adanya
B. Dapat memanfaatkan siaran televisi
C. Harus memanfaatkan lingkungan sekitar
D. Terserah pada kemauan guru
Jawab :  C. Harus memanfaatkan lingkungan sekitar
10. Media belajar yang tepat guna adalah yang...
A. Menggunakan listrik
B. Sesuai dengan instruksi Depdikbud
C. Ada di tempat dan sesuai tujuan
D. Dibuat oleh ahli media
Jawab :  C. Ada di tempat dan sesuai tujuan


SUBUNIT 3  
 Perumusan Tujuan, Penataan Materi dan Kegiatan Pembelajaran Kelas Rangkap
Tes Formatif 3
1. Terlaksana tidaknya jadwal pembelajaran kelas rangkap harian perlu dilihat agar guru dapat ....
A. Melapor ke Kepala Sekolah
B. Melaksanakan PKR dengan baik
C. Memperbaiki jadwal berikutnya
D. Menyusun jadwal baru
Jawab :  C. Memperbaiki jadwal berikutnya
2. Terlaksana-tidaknya suatu proses pembelajaran perlu dikaji oleh guru agar dapat melihat ....
A. Tercapai tidaknya tujuan
B. Terlaksana tidaknya rencana PKR
C. Berhasil tidaknya PKR
D. Puas tidaknya guru dan murid
Jawab :  C. Berhasil tidaknya PKR
3. Mencatat materi pelajaran yang tidak bisa diajarkan sangat penting untuk ....
A. Melihat siap tidaknya guru
B. Mencari sumber belajar berikutnya
C. Mengecek manfaat belajar
D. Mencari sebab-sebabnya
Jawab :  D. Mencari sebab-sebabnya
4. Kegiatan yang tertunda harus dicatat oleh guru sebagai bahan dalam ....
A. Merancang pembelajaran berikutnya
B. Mengisi buku harian guru
C. Mengisi waktu senggang murid
D. Memilih kegiatan yang bisa dikerjakan
Jawab :  A. Merancang pembelajaran berikutnya
5.Tugas-tugas yang diberikan kepada murid untuk hari atau minggu berikutnya perlu dicatat oleh guru agar ....
A. Murid-murid merasa senang
B. Orang tua murid dapat membantu
C. Tidak lupa mengecek hasilnya
D. Guru terbiasa mencatat tugas murid
Jawab :  C. Tidak lupa mengecek hasilnya
6.Murid-murid yang belum banyak melibatkan diri dalam kegiatan belajar perlu dicatat dan diperhatikan oleh guru sebagai bahan dalam ....
A. Memilih tujuan yang dirumuskan
B. Menggunakan media
C. Mengatur pengelompokkan murid
D. Mengelola kelas
Jawab :  D. Mengelola kelas
7. Menemukan dan mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dalam PKR merupakan ciri bahwa guru PKR selalu ....
A. Berpikir negatif
B. Mengusahakan perbaikan
C. Menunggu perintah
D. Mengenang masa lalu
Jawab :  B. Mengusahakan perbaikan
8. Hal-hal yang dirasakan mengecewakan perlu dicatat oleh guru sebagai alat bagi guru dalam ....
A. Mencari penyebabnya
B. Mengoreksi diri sendiri
C. Menilai murid-muridnya
D. Menemukan akibatnya
Jawab :  B. Mengoreksi diri sendiri
9.Guru yang membicarakan apa yang ditemuinya dalam melaksanakan PKR dengan guru lain memberi tanda bahwa guru tersebut ....
A. Kurang mampu
B. Tidak percaya diri
C. Bersifat terbuka
D. Kurang kreatif
Jawab :  C. Bersifat terbuka
10.Informasi yang diperoleh dari pengalaman melaksanakan PKR dan digunakan oleh guru dalam memperbaiki program PKR dinamakan ....
A. Masukan
B. Keluaran
C. Umpan balik
D. Arus balik
Jawab :  C. Umpan balik





Tidak ada komentar:

Posting Komentar